Mencari IMEI HP yang Hilang atau Dicuri

Mungkin HP Anda pernah ketinggalan suatu tempat tertentu. Atau mungkin dicopet dari dalam tas Anda saat berada di tempat yang ramai. Dari kejadian-kejadian yang kurang mengenakkan itu semua yang pasti Anda sekarang tidak memiliki HP, terputus dari dunia, dan frustrasi. Anda tentu ingin mendapatkan kembali HP Anda. Apa yang harus dilakukan?

Untungnya, setiap perangkat memiliki nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang unik tidak ada satupun yang sama antar perangkat. Dengan IMEI memungkinkan kita untuk memblokir ponsel yang hilang atau dicuri dari operator, dan ini akan membantu untuk memastikan bahwa ponsel yang ditemukan itu benar-benar milik Anda. Tapi apakah kita harus menghafal semua deretan angka-angka acak ini?

Anda dapat menemukan IMEI ponsel Anda pada perangkat itu sendiri, pada kemasan aslinya, atau pada dokumen yang disertakan bersama buku panduan. Tetapi tidak satu pun dari pilihan ini bisa dilakukan jika ponsel Anda hilang, atau box serta dokumen HP juga tidak dapat ditemukan.

Tapi tidak perlu khawatir. Jika Anda pengguna Android, IMEI perangkat sudah terhubung dan disimpan di akun Google Anda. Berikut cara menemukannya:

  • Buka browser dan login ke akun Google Anda.
  • Setelah itu buka alamat url Find My Device (https://www.google.com/android/find). Anda mungkin harus login lagi ke akun Google Anda untuk keamanan.
  • Pilih jenis HP Android Anda yang hilang dalam daftar di sebelah kiri jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat.
  • Klik ikon "i" di sebelah nama perangkat. IMEI HP akan muncul dalam kotak pop-up.
Mencari IMEI HP yang Hilang atau Dicuri
Mencari IMEI HP yang Hilang atau Dicuri

Selain itu, Anda dapat menggunakan halaman Find My Device ini untuk menemukan lokasi ponsel Anda selama dinyalakan, login, terhubung ke data atau wifi, dan memiliki layanan lokasi dan fitur Find My Device di perangkat sudah aktif. Tetapi jika fitur-fitur ini tidak diaktifkan, paling tidak Anda bisa mendaptakan IMEI perangkat Anda.

Jadi untuk jaga-jaga sebaiknya aktifkan fitur Find My Device di HP agar Anda dapat menemukannya saat hilang atau dicuri.

Belum ada Komentar untuk "Mencari IMEI HP yang Hilang atau Dicuri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel