Teknologi Liquid Retina Display Pada iPhone 11

Apple telah menggunakan teknologi layar Retina Display di iPhone dan perangkat lain selama bertahun-tahun, tetapi iPhone 11 merupakan perangkat terbaru yang menggunakan jenis layar yang berbeda yaitu Liquid Retina Display, yang merupakan jenis LCD yang saat ini hanya digunakan oleh Apple. Apa itu Liquid Retina Display dan apa perbedaannya dari jenis layar lainnya?


Teknologi Liquid Retina Display Pada iPhone 11
iPhone 11

Apa itu Retina Display?

Untuk memahami apa itu Liquid Retina Display, kita perlu terlebih dahulu memahami apa itu Retina Display yang merupakan pendahulunya. Pada dasarnya, ini adalah layar di mana ada begitu banyak piksel yang saling berdekatan sehingga kita tidak dapat melihat masing-masing piksel atau garis kasar di layar, bahkan ketika melihat dengan jarak yang sangat dekat. Pada dasarnya, ini adalah layar resolusi super tinggi dengan kerapatan piksel tinggi.

Apple memperkenalkan layar Retina Display pertama pada iPhone 4. Sejak itu dipergunakank juga pada layar versi baru yang lebih besar, resolusi lebih tinggi, dan yang menggunakan teknologi berbeda.

Apa itu Liquid Retina Display?

Teknologi yang digunakan untuk memproduksi layar menjadi perbedaan utama antara layar Liquid Retina Display di iPhone 11 dan layar Super Retina XDR di iPhone 11 Pro atau layar Super Retina HD yang digunakan di iPhone XS atau XS Max.

Liquid Retina Display dibuat menggunakan Liquid Crystal Display (LCD), jenis layar standar yang biasa digunakan di monitor komputer, layar laptop, smartphone, tablet, dan perangkat lain selama bertahun-tahun. Ini adalah teknologi yang sudah terjamin kinerjanya, tetapi sudah menjadi teknologi yang agak tua.

Layar Super Retina XDR yang digunakan dalam iPhone XS dan 11 Pro menggunakan layar Organic Light Emitting Diode (OLED), yang merupakan teknologi layar yang lebih modern yang menghasilkan warna yang lebih cerah, hitam pekat, dan menggunakan daya lebih sedikit daripada LCD.

Perbedaan Liquid Retina Display dan Retina Super?

Perbedaan utama antara layar Liquid Retina Display (iPhone XR dan 11) dengan layar Super Retina XDR (iPhone 11 Pro) dan Super Retina HD (iPhone XS) adalah sebagai berikut:

Teknologi Layar: Layar Liquid Retina Display dibuat menggunakan teknologi LCD yang berusia lebih lama daripada teknologi OLED yang lebih baru yang digunakan dalam tampilan Super Retina XDR dan HD.
  • Pixel Density: Liquid Retina Display memiliki kerapatan piksel 326 piksel per inci (ppi) atau 264 ppi (pada iPad). Pada Super Retina HD dan XDR memiliki tampilan kerapatan piksel 458 ppi.
  • Contras Ratio: Rasio kontras pada Liquid Retina Display adalah 1400:1. Layar Super Retina HD memiliki rasio 1.000.000:1, sedangkan Super Retina XDR memiliki rasio 2.000.000:1. Rasio kontras mempengaruhi rentang warna yang dapat ditampilkan layar dan kedalaman warna hitamnya.
  • Brightness: Brightness atau kecerahan maksimal Liquid Retina Display adalah 625 nits, sedangkan Super Retina XDR maksimal 800 nits.
  • Daya Tahan Baterai: Faktor ini lebih sulit untuk diukur, karena begitu banyak hal yang mempengaruhi berapa lama baterai bertahan, tetapi layar OLED di layar Super Retina HD dan XDR umumnya mengkonsumsi daya yang lebih kecil daripada layar LCD di Liquid Retina Display.
apple.com

Belum ada Komentar untuk "Teknologi Liquid Retina Display Pada iPhone 11"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel