Mengganti Dark Mode atau Mode Gelap pada Mozilla Firefox

Sebelumnya kita telah membahas mengenai cara mengaktifkan dark mode pada Chrome. Pesaingnya, yaitu Firefox juga akhirnya menambahkan fitur dark mode ke dalam browsernya. Firefox adalah salah satu browser yang menawarkan mode gelap khusus, dan fitur ini sangat mudah diaktifkan, baik pada sistem operasi Windows, macOS, iOS atau Android.

Tema dark atau mode gelap telah meningkat popularitasnya selama beberapa waktu terakhir. Hal ini karena sebagian besar pengguna menatap layar perangkat dalam waktu yang relatif lama, seringkali di lingkungan yang temaram atau minim cahaya. Mode gelap berpotensi membantu mengatasi ketegangan mata dalam kondisi tersebut. Dark mode juga dikaitkan dengan masa pakai baterai yang lebih lama.

Apa pun alasannya beralih ke mode gelap di Firefox, baik untuk menghemat daya, mengurangi cahaya silau ataupun untuk kesehatan mata, berikut cara termudah mengaktifkan dark mode di Mozilla Firefox.

Mengaktifkan Mode Gelap untuk Firefox versi Desktop

Untuk mengaktifkan mode gelap untuk Firefox di Windows, macOS atau Linux memiliki cara yang sama.
  • Pertama buka menu utama di pojok kanan atas.
  • Klik Customize
  • Muncul tab baru Customize Firefox
  • Pada bar bawah pilih Themes.
  • Dari dropdown yang muncul pilih Dark.

Mengganti Dark Mode atau Mode Gelap pada Mozilla Firefox
Mengganti Dark Mode atau Mode Gelap pada Mozilla Firefox

Anda juga dapat mengunduh tema lainnya di menu ini, termasuk berbagai tema lain yang bernuansa gelap dengan gambar background yang menarik daripada tema standar berwarna hitam dan abu-abu polos.

Mengaktifkan Mode Gelap untuk Firefox versi mobile di iOS dan Android

Jika Anda menggunakan Firefox untuk iOS, buka menu dan pilih Night Mode untuk beralih ke tema warna yang lebih gelap.

Sedangkan Firefox untuk Android sebenarnya belum menawarkan mode gelap, tetapi fitur ini akan segera hadir. Firefox Preview, yang saat ini tersedia untuk pengujian dan percobaan, akan menggantikan aplikasi Firefox yang ada saat ini dalam beberapa waktu ke depan. Versi terbaru Firefox nantinya akan secara otomatis menyesuaikan tampilannya dengan tema perangkat Anda secara default, tetapi juga dapat diatur ke model terang atau mode gelap secara manual.

Mengganti Dark Mode atau Mode Gelap pada Mozilla Firefox
Mengganti Dark Mode atau Mode Gelap pada Mozilla Firefox

Untuk mengaktifkan mode gelap pada Firefox di Android, cukup buka Menu, pilih Theme dan pilih mode gelap dari tiga pilihan yang muncul.

Jika Anda tetap lebih suka menggunakan aplikasi Firefox untuk Android yang ada, Anda dapat mengakses http://addons.mozilla.org dan mengunduh tema bernuansa gelap dari pihak ketiga. Ada juga ekstensi Firefox yang akan memaksa mode gelap di situs web yang saat ini tidak mendukungnya, salah satunya adalah Dark Reader.

Belum ada Komentar untuk "Mengganti Dark Mode atau Mode Gelap pada Mozilla Firefox"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel