Perbedaan Windows 10X dengan Windows 10

Sudahkah Anda mendengar kabar tentang Windows 10X? Windows 10X adalah edisi baru Windows 10 yang dirancang untuk perangkat dua layar yang lagi booming. Surface Neo merupakan produk baru dari Microsoft dengan dua layar yang diluncurkan pada 2020 tahun depan. Windows 10X menyediakan antarmuka yang disesuaikan untuk perangkat ini.


Windows 10X Dibuat Berdasarkan Windows 10

Perbedaan Windows 10X dengan Windows 10
Tampilan Windows 10X pada perangkat dengan layar ganda
Windows 10X mendukung luasnya semua aplikasi Windows termasuk semua aplikasi desktop Windows tradisional akan berfungsi sama seperti pada Windows 10 Home atau Professional. Ini bukan sistem operasi yang sepenuhnya baru, melainkan versi Windows 10 yang disesuaikan dengan antarmuka yang dirancang untuk perangkat dua layar.

Windows 10X Optimal untuk Perangkat Dua Layar

Windows 10X memiliki antarmuka yang dirancang dan dioptimalkan untuk perangkat layar ganda seperti Surface Neo. Surface Neo adalah perangkat layar ganda yang dilengkapi dengan engsel, mirip seperti laptop tetapi bagian keyboard digantikan oleh layar. Seperti dua tablet yang terhubung satu sama lain dengan engsel. Surface Neo mirip dengan Samsung Galaxy Fold, hanya saja ukurannya lebih besar.

Tidak Ada lagi Live Tiles di Windows 10X

Salah satu optimasi sistem operasi untuk perangkat layar ganda tampaknya adalah penghapusan Live Tiles. Ada menu Start baru dengan ikon aplikasi dan launcher web yang sederhana.

Antarmuka Layar Ganda Windows 10X

Ketika membuka sebuah aplikasi, jendela akan diluncurkan di satu sisi perangkat. Hal ini mirip seperti fitur Snap Windows 10 yaitu aplikasi akan terbuka di satu layar atau satu sisi perangkat. Anda dapat menyeret jendela aplikasi ke tengah layar dan melepaskannya untuk menampilkan aplikasi tersebut di kedua layar. Fitur ini tidak hanya memperluas aplikasi di kedua layar tapi juga mengoptimalkan antarmuka sehingga aplikasi dapat secara cerdas memanfaatkan kedua layar.

Perbedaan Windows 10X dengan Windows 10
Windows 10X pada perangkat Surface Neo yang disertai keyboard fisik

Selain itu, Windows 10X mampu mengenali keyboard fisik yang ditempatkan di satu sisi layar dan otomatis memunculkan Wunderbar, semacam touchbar yang menawarkan tombol keyboard, trackpad dan fungsi lainnya.

Windows 10X juga menyertakan beberapa peningkatan dalam teknologi utama Windows yang lebih optimal untuk ukuran yang fleksibel dan lebih mobile. Peningkatan masa pakai baterai yang tidak hanya mengakomodasi satu, tetapi dua layar sekaligus.

Windows 10X dan perangkat berlayar ganda masih belum resmi dirilis. Microsoft akan meluncurkan Windows 10X setahun sebelum dirilisnya Surface Neo sehingga developer memiliki waktu untuk mencobanya dan mengoptimalkan aplikasi mereka untuk perangkat lunak baru.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Windows 10X dengan Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel