Cara Cepat Membuat Brosur di Microsoft Word

Brosur adalah alat pemasaran praktis yang digunakan oleh banyak pihak, hampir setiap perusahaan, badan, lembaga atau dinas memanfaatkan brosur. Brosur sudah mulai beralih ke digital yang bisa di-share di media sosial. Membuat brosur bisa dibilang gampang-susah, bisa hanya membutuhkan beberapa menit atau hingga berjam-jam. Tapi jangan khawatir karena kita bisa langsung membuat brosur di Microsoft Word menggunakan fitur yang sudah disediakan.

Di dunia desain grafis, membuat brosur membutuhkan tools dan software khusus agar hasilnya maksimal. Tapi dengan fasilitas di MS Word saja kita sudah bisa membuat brosur yang tidak kalah. Saya sendiri biasanya menggunakan kombinasi Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator untuk membuat brosur, tapi kadang kala saat lagi malas cukup memanfaatkan MS Word.

Membuat Brosur Menggunakan Template di MS Word

Cara termudah untuk membuat brosur adalah dengan menggunakan salah satu dari banyak template yang tersedia yang ditawarkan Word.

Untuk memulai memilih template, buka dokumen Word baru. Jangan langsung membuat Blank Document, tapi pilih tombol New di sidebar kiri.

Pada kotak pencarian ketikkan kata "Brochure", lalu tekan tombol Enter. Akan muncul library template Word yang berisi koleksi desain brosur. Pilih salah satu yang Anda suka.

Cara Cepat Membuat Brosur di Microsoft Word
Membuat Brosur di Microsoft Word

Setelah dipilih, informasi tentang template akan ditampilkan. Informasi ini berisi tentang penjelasan desain dan penggunaan yang tepat untuk desain tersebut. Selain itu juga ditampilkan ukuran file template tersebut yang nantinya akan kita download. Jika sudah maka langsung saja klik tombol Create.

Cara Cepat Membuat Brosur di Microsoft Word
Create Template Brosur di Microsoft Word

Dokumen baru akan terbuka, lengkap dengan isi dan desain yang kita pilih tadi. Pada contoh dokumen yang digunakan adalah ukuran Letter dengan 3 kolom, terdiri atas 2 halaman yang nantinya dicetak bolak-balik. Sekarang yang perlu kita lakukan adalah melakukan editing dengan mengganti teks dan gambar yang sesuai di templat placeholder. Biasanya gambar dan background tidak berada di dalam konten dokumen, tapi berada di dalam header/footer. Jadi jika ingin mengedit gambar, double klik pada header atau footer.

Cara Cepat Membuat Brosur di Microsoft Word
Hasil Pembuatan Brosur di Microsoft Word


Membuat Brosur Sendiri di MS Word

Jika Anda tidak menemukan template yang tepat atau ingin membuat desain sendiri, Anda bisa membuatnya dari awal.

Pada dokumen Word kosong baru, buka tab Layout. Pilih Orientation dan ganti menjadi Landscape.

Cara Cepat Membuat Brosur di Microsoft Word
Mengatur Orientation untuk Membuat Brosur di Microsoft Word

Selanjutnya, kita atur Margin atau batas tepi kertas agar tidak terlalu besar. Untuk melakukannya, kembali ke menu Layout dan pilih tombol Margin. Untuk brosur, umumnya margin halaman cukup 0,5 cm. Pilih Custom Margins dan isikan 0.5 cm untuk semua margin.

Cara Cepat Membuat Brosur di Microsoft Word
Mengatur Margin untuk Membuat Brosur di Microsoft Word

Selanjutnya kita tambahkan kolom ke brosur untuk membagi halaman. Kembali ke grup Page Layout dan pilih tombol Columns. Pada dropdown pilih jumlah kolom yang ingin digunakan, umumnya brosur terdiri atas 3 kolom, jadi pilih yang ketiga.

Cara Cepat Membuat Brosur di Microsoft Word
Mengatur Kolom untuk Membuat Brosur di Microsoft Word

Sampai di sini kita sudah selesai mengatur layout atau tata letak untuk brosur. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyisipkan gambar dan menambahkan teks. Membuat desain brosur sendiri memang lebih fleksibel, tapi butuh lebih banyak waktu. Tapi tidak ada salahnya jika Anda menginginkan desain yang unik karena pada template bisa jadi desain yang sama pasti pernah dipakai oleh pihak lain.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Membuat Brosur di Microsoft Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel