Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi

Microsoft telah menambahkan fitur baru dengan nama Windows Sandbox sejak update Windows 10 Mei lalu. Jika Anda sudah update ke Windows 10 versi terbaru maka Sandbox sudah ada, tapi mungkin perlu mengaktifkannya dulu.

Windows Sandbox hanya tersedia pada edisi Windows 10 Professional, Enterprise, dan Education. Bagi pengguna Windows 10 Home belum bisa menikmati aplikasi baru ini.


Apa itu Windows Sandbox?

Singkatnya, Windows Sandbox adalah aplikasi yang juga berfungsi sebagai mesin virtual. Sandbox memungkinkan kita dengan cepat membuka OS bersih virtual yang dibuat berdasarkan kondisi sistem kita saat ini. Dengan demikian kita dapat menguji program atau file di sistem yang aman, terisolasi dari sistem utama kita. Ketika aplikasi ini ditutup, semua perubahan di dalamnya akan hilang.

Cara Mengaktifkan Windows Sandbox

Pada mulanya, satu-satunya cara untuk menggunakan Sandbox adalah dengan bergabung dengan program Windows Insider dan melakukan update. Tapi sejak update Mei lalu fitur Sandbox sudah ada. Ada beberapa syarat dan langkah yang harus kita lakukan agar Sandbox dapat berjalan di perangkat kita.

Pastikan Virtualisasi Diaktifkan

Pertama, pastikan virtualisasi diaktifkan di BIOS sistem. Biasanya ini secara default sudah aktif, tetapi ada cara mudah untuk memeriksanya. Jalankan Task Manager dan buka tab "Performance". Pastikan di sebelah kiri kategori "CPU" dipilih dan di sebelah kanan pastikan ada tulisan "Virtualization: Enabled".

Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi
Mengaktifkan Virtualizations untuk Windows Sandbox

Jika virtualisasi tidak diaktifkan, Anda harus mengaktifkannya di pengaturan BIOS PC sebelum melanjutkan langkah berikutnya. Jika Anda menggunakan VM lain sebagai tempat menginstall Windows 10, maka Anda perlu mengaktifkan virtualization bertingkat, yaitu di BIOS perangkat dan juga BIOS VM.

Aktifkan Fitur Windows Sandbox

Setelah memastikan virtualisasi diaktifkan, mengaktifkan fitur Windows Sandbox adalah langkah mudah. Untuk melakukannya, buka Control Panel > Programs > di panel sebelah kiri pilih Turn Windows Features On or Off.

Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi
Mengaktifkan Windows Sandbox

Pada jendela Windows Features, cari dan aktifkan kotak centang "Windows Sandbox".
Klik "OK" dan kemudian biarkan Windows restart.
Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi
Restart komputer untuk mengaktifkan Windows Sandbox

Menjalankan Windows Sandbox

Setelah Windows restart, akan muncul Windows Sandbox di Start Menu. Ketika diminta, izinkan untuk memiliki hak administrator. Akan muncul jendela baru yang berisi replika sistem operasi Anda saat ini.

Ada beberapa perbedaan. Bisa dilihat ini tampak seperti sistem Windows yang baru saja di instalasi, jadi akan terlihat wallpaper default dan juga aplikasi default yang disertakan dengan Windows.

Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi
Tampilan desktop Windows Sandbo
OS virtual ini dibuat secara dinamis dari OS Windows utama, sehingga OS Windows 10 virtual akan selalu sama dengan versi utama yang Anda gunakan, dan akan selalu mengalami pembaruan. Fitur ini sangat bagus karena VM tradisional lain membutuhkan waktu untuk memperbarui OS sendiri.

Cara Menggunakan Windows Sandbox

Jika Anda pernah menggunakan VM lain sebelumnya seperti VM Ware atau Virtual Box, menggunakan Windows Sandbox akan terasa sama persis. Anda dapat menyalin dan menaruh file langsung ke Sandbox seperti VM lainnya. Namun drag dan drop tidak berfungsi. Setelah file berada di Sandbox, Anda dapat menggunakannya seperti biasa. Jika Anda memiliki file yang dapat dieksekusi, Anda dapat menginstalnya di Sandbox di mana file tersebut benar-benar terpisah dari sistem utama.

Kita bisa menyalin file dari mesin utama kita dan menempatkannya di dalam Sandbox. Sebagai contoh saya mengcopy sebuah file installer Winrar dan menginstallnya dalam Sandbox. Hasil instalasi juga berjalan sangat baik.

Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi
Tampilan program aplikasi dalam Windows Sandbox
Satu hal yang perlu diperhatikan, jika kita menghapus file di dalam Sandbox maka file tersebut tidak akan masuk ke recycle bin, tapi dihapus secara permanen. Akan selalu muncul peringatan saat Anda menghapus file.

Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi
Peringatan menghapus file dalam Windows Sandbox

Sandbox dapat berjalan dengan baik pada seminimal. Saya melakukan pengujian pada spesifikasi perangkat Core i5 versi lama. Awalnya, Sandbox berjalan agak lambat, tapi setelah beberapa waktu ternyata berjalan dengan cukup baik. Setelah saya perhatikan ternyata Sandbox menggunakan hampir setengah dari total RAM perangkat saya, yaitu sekitar 3.9GB dari total 8GB. Selain itu juga pada Device Manager beberapa driver belum terinstall, bahkan tidak tercantum Display Adapter.

Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi
Tampilan System Properties pada Windows Sandbox

Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi
Tampilan Device Manager pada Windows Sandbox

Setelah selesai, Anda dapat menutup Sandbox seperti halnya aplikasi lainnya. Menutup aplikasi akan menghancurkan snapshot sepenuhnya, termasuk setiap perubahan yang Anda buat pada OS dan semua file yang Anda salin di sana.

Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi
Peringatan keluar dari aplikasi Windows Sandbox

Microsoft juga akan memberikan peringatan terlebih dahulu sebelum menutup aplikasi. Saat kita membuka Sandbox lagi, kita akan mendapatkan sistem yang kembali ke kondisi awal yang bersih.

Belum ada Komentar untuk "Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel