Membuat Theme Google Chrome Sendiri

Chrome versi 77 memberikan kemudahan untuk membuat theme atau tema tampilan browser sesuai keinginan kita hanya dengan beberapa klik. Fitur ini masih belum resmi diluncurkan dan dalam tahap pengembangan, itulah sebabnya kita harus memunculkan fitur tersembunyi ini.

Dengan adanya fitur ini memungkinkan kita mengatur warna favorit dan gambar latar belakang yang kita inginkan. Sebelumnya kita juga pernah membahas mengenai bagaimana cara mengaktifkan dark mode pada Chrome.

Cara Mengaktifkan Customization Tools Baru

Fitur-fitur ini tidak diaktifkan secara default di Chrome 77 sehingga kita perlu mengaktifkannya secara manual, kita hanya perlu melakukan beberapa langkah khusus.

Dalam hal ini kita akan mengutak-atik flags. Flags Chrome dapat berubah, diperbarui atau dihapus sewaktu-waktu saat update. Flags biasanya berisi fitur yang akan datang dan belum resmi dan akan segera menghilang ketika Google mengaktifkan fitur ini secara default untuk semua orang.

Untuk mengaktifkan Customization Tools baru di Chrome:

  • Buka Chrome dan pada address bar ketikkan: chrome://flags.
  • Akan terbuka tab Flags. Pada kotak pencarian ketik "NTP".
  • Dari hasil pencarian aktifkan "Chrome Colors menu" dan "NTP customization menu version 2" dengan mengganti dropdown menjadi Enabled.

Membuat Theme Google Chrome Sendiri
Mengaktifkan flags Google Chrome
Perubahan yang kita lakukan ini akan bekerja saat Chrome ditutup dan dibuka kembali. Pastikan tidak ada tab atau halaman penting yang sedang terbuka dan klik tombol "Relaunch Now". Chrome akan secara otomatis membuka kembali dan tool baru sudah aktif.

Cara Membuat dan Mengatur Theme Chrome Sendiri

Kita sekarang dapat mengatur tema browser Chrome langsung dari halaman New Tab. Untuk memulai, buka tab baru dan klik tombol "Customize" di sudut kanan bawah halaman tab baru Chrome.

Membuat Theme Google Chrome Sendiri
Membuat Theme Google Chrome Sendiri

Akan muncul opsi untuk memilih warna dan tema browser, gambar latar belakang, dan preferensi shortcut. Untuk memilih warna yang Anda sukai, klik "Color and theme" dan klik salah satu kombinasi warna.

Membuat Theme Google Chrome Sendiri
Memilih warna dan tema Google Chrome Sendiri

Untuk memilih gambar latar belakang untuk halaman New Tab, klik "Background" di panel kiri dan pilih gambar yang Anda inginkan. Anda dapat memilih salah satu kategori atau mengaktifkan "Refresh daily" untuk mendapatkan gambar background baru setiap hari.

Membuat Theme Google Chrome Sendiri
Memilih background Google Chrome Sendiri

Anda juga dapat memilih "Upload From Device" dan pilih gambar latar belakang yang tersimpan di perangkat atau pilih "No Background" agar tampilan terlihat lebih bersih. Jika Anda memilih "No Background", Chrome akan menyesuaikan warna latar belakang berdasarkan tema yang aktif.

Membuat Theme Google Chrome Sendiri
Memilih shortcut Google Chrome Sendiri

Terakhir, Anda dapat menentukan bagaimana penampilan shortcut di bawah kotak pencarian New Tab. Pilih "Shortcts" untuk mengatur shortcut sesuai keinginan. "Most visited sites" akan membuat Chrome secara otomatis menempatkan situs web yang paling sering dikunjungi di sini, atau "Hide shortcuts" untuk menonaktifkan pintasan sepenuhnya agar tampilan lebih bersih.

Anda tidak dapat menyembunyikan kotak pencarian di halaman New Tab sekarang. Ada flags bernama "Remove fakebox from the NTP" yang berfungsi menyembunyikan kotak ini di versi Chrome sebelumnya, tetapi dihapus dari Chrome 77.

Belum ada Komentar untuk "Membuat Theme Google Chrome Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel