Cara Overclock Prosesor Intel Resmi

Istilah overclock lebih erat hubungannya dengan prosesor AMD, tapi kali ini Intel membuat gebrakan yang sama untuk memberikan fasilitas meng-overclock CPU. Overclock mampu meningkatkan kecepatan clock CPU untuk membuatnya lebih cepat, dengan risiko berpotensi membuat chip lebih panas. Tapi Intel telah resmi merilis tool khusus untuk melakukan overclock prosesornya dengan nama Intel® Performance Maximizer.

Ada satu syarat penting yaitu kita membutuhkan salah satu dari enam CPU generasi ke-9 yang didukung overclock dimana semuanya termasuk dalam kelompok prosesor dengan seri Coffee Lake, untuk bisa menggunakan tool overclocking baru ini. Selain itu juga dibutuhkan ruang kosong di salah satu drive sebesar 16GB, tapi ini bukanlah masalah karena sebagian besar laptop atau komputer sudah memiliki kapasitas hardisk yang sangat besar.

Pertama, pastikan Anda memiliki salah satu dari CPU di bawah ini:
  • Intel® Core™ i5-9600K Processor (9M Cache, up to 4.60 GHz)
  • Intel® Core™ i5-9600KF Processor (9M Cache, up to 4.60 GHz)
  • Intel® Core™ i7-9700K Processor (12M Cache, up to 4.90 GHz)
  • Intel® Core™ i7-9700KF Processor (12M Cache, up to 4.90 GHz)
  • Intel® Core™ i9-9900K Processor (16M Cache, up to 5.00 GHz)
  • Intel® Core™ i9-9900KF Processor (16M Cache, up to 5.00 GHz)

Jika Anda belum tahu generasi prosesor yang Anda miliki, buka Control Panel > System. Atau jika Anda untuk melihat spesifikasi pada Windows 10: klik kanan tombol Windows > System, yang akan memberi tahu generasi CPU apa yang Anda gunakan.

Cara Overclock Prosesor Intel Resmi
Cara Overclock Prosesor Intel Resmi

Jika Anda tidak memiliki salah satu dari daftar di atas dan memaksa overclocking, akan muncul peringatan saat menginstall aplikasi tersebut. Saya juga gagal menginstallnya pada perangkat dengan sistem seperti gambar di atas. Oleh karena itu kita perlu berganti ke sistem yang sesuai dengan persyaratan.

Cara Overclock Prosesor Intel Resmi
Cara Overclock Prosesor Intel Resmi

Jika berhasil, aplikasi Performance Maximizer akan memberi tahu bahwa overclocking bisa saja membahayakan atau merusak CPU salah pengaturan.

Setelah kita memilih di mana kita menyediakan ruang sebesar 16GB, tool ini akan menjalankan beberapa tes pada sistem untuk menyesuaikan overclock yang bisa berjalan hingga beberapa jam dan beberapa kali sistem reboot selama proses ini.

Cara Overclock Prosesor Intel Resmi
Cara Overclock Prosesor Intel Resmi

Cara Overclock Prosesor Intel Resmi
Cara Overclock Prosesor Intel Resmi

Selain itu, seluruh proses mungkin tidak berfungsi atau tidak mendapatkan hasil overclock yang diinginkan jika Anda telah mengubah pengturan terkait kinerja motherboard apa pun di BIOS, mengaktifkan fitur auto-overclocking di BIOS, atau adanya aplikasi overclocking lain sebelumnya untuk menyesuaikan frekuensi CPU.

Ketika selesai akan muncul hasil kecepatan frekuensi CPU sebelum dan sesudah proses overclocking. Kita mungkin tidak begitu merasakan perbedaannya, tetapi ini menjadi peningkatan yang baik mengingat overclocking biasanya membutuhkan teknik khusus dan dilakukan secara manual.

Cara Overclock Prosesor Intel Resmi
Cara Overclock Prosesor Intel Resmi

Selain peningkatan clock CPU, suhu inti prosesor juga agan bertambah panas. Tapi tidak perlu khawatir karena nilai peningkatan sudah diatur ke pengaturan terbaik dengan melakukan tes ke semua komponen.

Aplikasi Performance Maximizer dari Intel ini cukup membantu kita dalam overclocking mengingat kita hanya perlu menekan sebuah tombol dan semua akan berjalan secara otomatis dan lebih aman. Kita tidak perlu mendorong kinerja prosesor hingga ke puncaknya karena malah akan beresiko.

Belum ada Komentar untuk "Cara Overclock Prosesor Intel Resmi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel