Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10

Sistem operasi Windows terbaru sangat memudahkan kita saat instalasi, tidak terlalu sulit untuk mudah dipahami. Jika kita perhatikan saat penyelesaian proses instalasi kita perlu mengatur setting dasar, termasuk keamanan dan privasi data pribadi pengguna. Sebagian besar orang tidak membacanya dan hanya mengikuti pengaturan express yang membuat semua pengaturan default. Bisa jadi ada banyak aplikasi yang berjalan di sistem tanpa kita ketahui tanpa kita gunakan, yang bisa saja mengganggu, termasuk privasi data pribadi kita.

Pengguna awam bahkan mungkin tidak tahu pilihan pengaturan apa yang dapat diubah atau dimatikan di sistem operasi Windows 10. Mengingat tampilan Windows 10 juga berbeda dengan Windows 7 yang lebih familiar, pengguna cenderung masih kesulitan mencari pengaturan tertentu. Kita bisa memanfaatkan aplikasi dengan nama O&O ShutUp10. Ini adalah aplikasi sederhana yang sangat memudahkan kita untuk mengubah berbagai aspek pengaturan pada Windows 10 yang biasanya tersembunyi atau sulit diakses oleh pengguna biasa. Lebih penting lagi, aplikasi ini dilengkapi dengan peringatan sehingga lebih aman saat tidak sengaja menonaktifkan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan.

Untuk menggunakannya Anda harus mengunduh aplikasi ini dan menjalankannya. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah tidak ada instalasi karena aplikasi ini adalah portable yang bisa dijalankan secara langsung. Saat aplikasi ini dibuka, akan terlihat seperti ini:

Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10
Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10

Ada banyak pilihan berbeda yang bisa kita aktifkan dan matikan, beberapa mungkin sudah diaktifkan secara default. Ada juga kolom Recommended yang memberi informasi dan saran tentang apakah kita harus benar-benar mengaktifkan atau mematikan opsi tersebut. ShutUp10 juga memberikan penjelasan dan banyak informasi tentang arti setiap pengaturan dengan hanya mengarahkan mouse ke setiap baris dan mengklik.

Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10
Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10

Tentu saja kita tidak harus mengaktifkan semua opsi yang tertulis recommended atau direkomensasikan, perhatikan tanda centang hijau kecil sebagai panduan saat melihat daftar opsi yang bisa kita atur karena tidak begitu mempengaruhi sistem.

Namun begitu mulai masuk ke dalam kategori limited atau terbatas yang berwarna kuning, berarti pengaturan ini banyak mempengaruhi kinerja sistem. Anda mungkin tidak ingin memblokir semua aplikasi dari akses mikrofon atau kamera karena Anda tidak akan bisa melakukan konferensi video call, atau bisa jadi Anda memang sengaja melakukannya. Hal ini tergantung keinginan kita sebagai pengguna.

Contoh lain, memblokir aplikasi untuk mengakses lokasi mungkin terdengar bagus untuk privasi, tapi bisa bermasalah saat website yang kita akses menyajikan konten dalam bahasa asing karena tidak tahu di mana lokasi kita.

Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10
Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10

Sedangkan untuk tanda seru berwarna merah dengan tulisan no atau tidak, lebih baik dibiarkan begitu saja. Aplikasi ini biasanya berjalan di latar belakang sistem dan merupakan pendukung sistem operasi, seperti Automatic Windows Update dan Windows Defender.

Jika Anda tidak yakin saat melakukan perubahan, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk membuat System Restore Point melalui menu drop-down tombol Actions sebagai langkah antisipasi jika ingin kembali ke kondisi saat sebelum melakukan perubahan.

Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10
Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10

Anda juga dapat membatalkan semua perubahan dan mengembalikan ke pengaturan default Windows dengan memilih Undo all changes ("factory settings") di bawah menu drop-down tombol Actions. Perintah ini akan membatalkan semua perubahan yang Anda buat di aplikasi, mengembalikan sistem sesuai pengaturan bawaan Windows 10.

Belum ada Komentar untuk "Meningkatkan Privasi Data Pribadi pada Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel