Memperpanjang Umur dan Daya Tahan Baterai HP

Memperpanjang Umur dan Daya Tahan Baterai HP
Hampir di semua perangkat elektronik portable selalu ada baterai yang memberi daya pada semua perangkat, terutama pada ponsel kita. Saat membeli HP baru kita akan merasakan kinerja maksimal baterai yang bisa bertahan seharian penuh atau bahkan beberapa hari. Semakin lama daya tahannya akan terasa menurun dan cepat drop. Tentu saja semua baterai akhirnya rusak, tetapi kita bisa melakukan beberapa langkah pencegahan untuk memperpanjang umur dan daya tahan baterai HP selama mungkin.

Baterai modern saat ini dapat menjaga kinerjanya sendiri dan mengantisipasi kebiasaan buruk kita selama penggunaan. Baterai akan mempertimbangkan beberapa faktor termasuk kapasitas, penggunaan, suhu lingkungan, dan lain-lain. Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika menggunakan HP agar umur dan daya tahannya tetap terjaga semaksimal mungkin.

Memeriksa Kondisi Baterai

Pada smartphone terutama Android, sangat mudah untuk melihat kondisi baterai perangkat, berapa lama baterai aktif, aplikasi apa saja yang menguras baterai. Anda dapat melihat di dalam menu Settings untuk melihat dan mengatur layanan dan aplikasi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Memperpanjang Umur dan Daya Tahan Baterai HP
Memperpanjang Umur dan Daya Tahan Baterai HP

Suhu Ekstrim

Seperti halnya tubuh kita, baterai memerlukan suhu yang tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin. HP yang sering berada di suhu ekstrim sangat tidak efisien. Kita perlu menjaga suhu baterai antara 5-45 derajat Celcius. Suhu panas menyebabkan baterai mempercepat reaksi kimianya, yang berarti baterai lebih cepat terkuras dari seharusnya.

Suhu baterai terlalu dingin juga tidak baik, yang menyebabkan kapasitas lebih rendah dibandingkan baterai pada suhu kamar. Selain itu hindari mengisi baterai di bawah suhu beku karena dapat merusak kapasitasnya secara permanen. Untungnya di Indonesia memiliki iklim tropis yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Pengisian Daya

Setiap baterai memiliki umur tertentu, diukur dalam jumlah siklus atau perputaran. Satu siklus dihitung setiap kali baterai terisi penuh, baik sekaligus atau selama beberapa waktu. Misalnya, baterai yang terisi dari 80% hingga 100% setiap hari akan memakan waktu lima hari untuk menyelesaikan satu siklus pengisian penuh. Baterai yang kehabisan daya hingga 0% diisi hingga penuh akan memiliki perhitungan siklus pengisian daya yang berbeda.

Secara umum, kita tidak boleh membiarkan baterai HP habis ke tingkat terlalu rendah, dan harus mulai diisi saat berada di tingkat 20% untuk menghindari tekanan pada baterai dengan mengisi daya dari tingkat yang sangat rendah. Pengisian dari tingkat yang sangat rendah akan memperpendek umur baterai dan mengurangi jumlah siklus pengisian.

Itulah sebabnya cabut perangkat setelah terisi penuh, meskipun sebagian besar perangkat secara otomatis berhenti mengisi daya ketika baterai sudah penuh.

Mengisi daya baterai juga berarti menghabiskan siklus pengisian daya, sehingga semakin sedikit kita mengisi daya dan mengisi sekaligus, semakin lama baterai HP akan bertahan. Fitur HP seperti mode Hemat Daya akans angat bermanfaat jika kita ingin memaksimalkan kinerja dan daya tahan baterai.

Baterai Bengkak

Memperpanjang Umur dan Daya Tahan Baterai HP
Memperpanjang Umur dan Daya Tahan Baterai HP

Ini adalah kasus yang sering terjadi, baterai mengembang dengan sendirinya. Baterai yang bengkak biasanya tampak bekerja normal dan tidak ada masalah. Tapi sebenarnya sangat rawan karena kondisi cell di dalamnya sudah mengembang sehingga rawan terbakar. Jika memang demikian lebih baik segera ganti dengan baterai yang baru.

Belum ada Komentar untuk "Memperpanjang Umur dan Daya Tahan Baterai HP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel