Cara Menggunakan Tor Terbaru di Android

Tor merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk browsing internet secara anonim, meminimalisir pihak-pihak yang dapat menyadap aliran data kita. Pada artikel sebelumnya mengenai browsing website tersembunyi dengan Tor Browser pada PC, akhirnya versi stabil pertama browser Tor untuk Android tersedia di Google Play Store.

Tor merupakan aplikasi open-source, browser yang membuat pengguna hampir anonim. Meskipun demikian pengguna masih harus berhati-hati jika mencoba melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan, seperti membuka situs-situs berbahaya berisi virus dan malware di deep web. Tetapi Tor bisa menciptakan lingkungan yang cukup pribadi bagi sebagian besar orang.

Tor menjadi aplikasi penting bagi mereka yang berkecimpung di dunia online, seperti jurnalis atau aktivis, setiap pengguna yang peduli dengan privasi. Browser Tor sekarang menjadi semakin populer, bahkan Mozilla tertarik untuk menggunakan teknologi Tor di Firefox, padahal Tor dibangun berdasarkan kode Firefox.
Cara Menggunakan Tor Terbaru di Android
Cara Menggunakan Tor Terbaru di Android
Tor untuk Android berbeda dengan versi PC sehingga perlu pertimbangan khusus, karena browsing melalui seluler cenderung menimbulkan lebih banyak pengawasan atau penyadapan daripada melalui desktop, juga pengguna tidak memiliki cukup kendali atas akses browsing seluler secara keseluruhan. Dengan demikian, Tor Android memiliki fitur yang sedikit berbeda agar sesuai dengan prioritas privasi penelusuran web seluler.

Berikut ini beberapa fitur utama yang ada di Tor Android:

Pemblokiran Tracker

Semua halaman web akan terisolasi yang artinya masing-masing disimpan terpisah sehingga aktivitas pengguna tidak dapat dilacak. Cookie aka dihapus secara otomatis saat pengguna menutup aplikasi.

Akses ke Situs yang Diblokir

Tor memberikan penggunaakses ke berbagai situs web, termasuk yang mungkin diblokir oleh ISP (Internet Service Provider) atau pemerintah, dan mampu mencegah bypass koneksi proxy secara paksa.

Enkripsi

Semua informasi lalu lintas data yang diakses melalui Tor akan dienkripsi tiga kali dan didesentralisasi di ribuan server.

Membuat Pengguna Tetap Anonim

Tor mencegah timbulnya sidik jari unik, yang berarti semua pengguna Tor akan terlihat identik jika dilihat dai sumber luar seperti pelacak/tracker, hacker, ISP, atau kelompok pengawasan lainnya.

Cara Menggunakan Tor Terbaru di Android
Cara Menggunakan Tor Terbaru di Android

Cara Menggunakan Tor Terbaru di Android
Cara Menggunakan Tor Terbaru di Android

Walaupun dasar di balik Tor versi mobile dan desktop sama, dan keduanya akan menggunakan nomor build yang sama mulai saat ini, beberapa fitur dan pengaturan di Tor browser desktop mungkin tidak bisa kita temui di versi Android. Selain itu versi Tor Android masih baru, dan bug mungkin menjadi masalah karena semakin banyak pengguna mulai mencobanya.

Hingga saat ini, Tor masih mengandalkan browser pihak ketiga, seperti Orfox atau Orbot untuk versi di Android. Namun, dengan dirilisnya Tor Android, dukungan Orfox akan segera berakhir. Di sisi lain, pengguna iOS harus tetap menggunakan browser Tor pihak ketiga, seperti Onion Browser.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Tor Terbaru di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel