Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal

Alamat IP pada perangkat yang kita gunakan adalah informasi penting yang mungkin tidak terlalu kita hiraukan, terutama bagi orang awam. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia IT, kita kadang-kadang membutuhkan informasi ini untuk melakukan pengaturan terkait jaringan seperti konfigurasi jaringan, mengakses NAS (Network Attached Storage), menjalankan server web, menghubungka ke VPN, dan lain-lain. Jadi penting untuk mengetahui bagaimana cara melihat IP Address kita, yaitu IP Address eksternal dan internal.

Dua jenis IP Address, eksternal dan internal ada di dalam jaringan kita yang terhubung ke internet. Jaringan ini termasuk yang ada di rumah, kantor, sekolah dan berbagai tempat yang memiliki jaringan online.

Untuk menyederhanakannya, alamat IP eksternal adalah alamat unik yang digunakan di internet yang mengacu pada perangkat Anda. Hal ini seperti sebutan alamat rumah seseorang. Alamat IP eksternal dapat dimisalkan sebagai nomor telepon rumah kita.

Alamat IP internal adalah alamat yang disediakan oleh router untuk semua perangkat yang terhubung dalam satu jaringan lokal. Router ini menangani semua proses routing data yang masuk dan keluar dari jaringan Anda. Alamat IP internal ini bisa dimisalkan sebagai jaringan telepon internal perusahaan, yang hanya bisa digunakan untuk saling terhubung hanya dalam perusahaan itu saja.

Cara Melihat Alamat IP Eksternal

Untuk melihat alamat IP eksternal sangat mudah. Kunjungi situs web dengan nama WhatIsMyIP.com. Tepat di bagian atas halaman, Anda akan melihat alamat IPv6 dan IPv4 eksternal Anda. Kemungkinan hanya ada IPv4 yang aktif, IPv6 biasanya tidak terdeteksi. Tetapi di masa yang akan datang IPv6 akan menggantika IPv4.

Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal
Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal secara online

Jika Anda ingin yang lebih sederhana, ada juga ipconfig.me. Jika Anda mengaksesnya yang akan muncul hanyalah alamat IPv4, tidak ada informasi apapun lagi. Untuk melihat versi IPv6 dengan tampilan yang sama sederhananya seperti situs ini, akses icanhazip.com. Jika IPv6 tidak terdeteksi maka yang akan ditampilkan adalah alamat IPv4.

Cara Melihat Alamat IP Internal

Mendapatkan alamat IP internal perangkat membutuhkan proses yang sedikit lebih rumit daripada membuka sebuah alamat web, tetapi tidak terlalu sulit.

Melihat Alamat IP Internal di Windows

Buka Command Prompt melalui menu Start Windows. Ketik perintah ipconfig dan tekan Enter. Cari baris yang bertuliskan IPv4 Address. Angka-angka di sebelah kanannya adalah alamat IP internal atau lokal perangkat Anda.

Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal
Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal di Windows

Jika Anda tidak suka mengetikkan perintah, pada Windows 10 klik kanan icon jaringan di system tray > Open Network & Internet Settings. Pilih View your network properties. Akan muncul jendela yang menampilkan informasi tentang jaringan Anda, termasuk IPv4 Address.

Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal
Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal di Windows

Melihat Alamat IP Internal di Android

Semua perangkat yang terhubung internet memiliki alamat IP, termasuk smartphpone Android kita. Saya memiliki Mi4C, jadi saya akan memberikan contoh cara untuk melihat alamat IP nya. Semua perangkat Android memang serupa, tetapi cara dan langkah untuk melihat IP address bisa saja tidak sama persis tergantung pada versi dan tipe perangkat yang Anda gunakan.

Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal
Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal di Android

Buka Settings > WLAN. Pada salah satu wifi yang sedang terhubung dan aktif, pilih icon panah di sisi kanan, bisa jadi pada perangkat lain berupa icon roda gigi di sebelah kanan nama jaringan. Lalu muncul data jaringan wifi kita. Geser sedikit ke bawah dan akan tampil informasi lengkap alamat IPv4 perangkat kita.

Melihat Alamat IP Perangkat Lain

Alamat IP perangkat tentu terdaftar di dalam konfigurasi jaringan meskipun letak dan tampilan menu pengaturannya berbeda. Perangkat lain ini termasuk Smart TV, NAS, konsol game, smart home dan lain-lain. Jika Anda mengalami kesulitan melihat alamat IP-nya, Anda bisa melakukan pendekatan lain yaitu melalui router. Di pengaturan router akan ada daftar semua perangkat yang terhubung. Dengan asumsi Anda dapat menemukan nama perangkat yang dicari, atau tahu alamat MAC-nya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat Alamat IP Address Eksternal dan Internal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel