Ternyata, di Windows 10 USB Bisa Langsung Dicabut

Ternyata, di Windows 10 USB Bisa Langsung Dicabut
Pada jaman Windows 7, banyak orang mengingatkan kita harus melakukan Eject atau Safely Remove Hardware sebelum mencabut perangkat USB seperti flasdisk atau hardisk external. Karena pentingnya prosedur ini ada yang mengatakan perangkat akan rusak jika ini tidak dilakukan. Namun hal ini sudah diperbarui pada Windows 10 update terbaru karena kita bisa langsung cabut USB tanpa Eject atau Safely Remove Hardware.

Microsoft secara resmi telah mengkonfirmasi bahwa kita tidak perlu lagi melakukan prosedur eject, tapi sebelumnya harus dipastikan dengan pengaturan yang benar, kecuali Anda sudah memiliki Windows 10 versi 1809. Ada dua jenis Policies atau pengaturan kebijakan utama, Quick removal dan Better performance, yang mengontrol bagaimana sistem berinteraksi dengan perangkat penyimpanan eksternal seperti USB flasdrive atau hardisk eksternal.

Sejak update Windows 10 versi 1809 terbaru, pengaturan standar yang digunakan adalah Quick removal. Pada versi Windows yang lebih lama, kebijakan standarnya adalah Better performance.

Kita dapat mengubah pengaturan mengenai kebijakan ini pada setiap perangkat eksternal, dan kebijakan yang kita terapkan tetap berlaku meskipun kita melepas perangkat tersebut dan kemudian menghubungkannya lagi ke port komputer yang sama.

Quick Removal pada Windows 10 ini memungkinkan kita mencabut USB drive kapan saja dengan syarat kita secara aktif menggunakannya (copy, move, dll). Pada dasarnya, Quick removal ini membuat Windows tidak terus-menerus mencoba menulis ke flash drive, yang dapat mempercepat proses jika dicabut.

Berikut cara mengaktifkan Quick Removal pada Windows 10:
  • Hubungkan perangkat (USB flashdisk, hardisk external) ke komputer.
  • Klik kanan Start lalu pilih Disk Management.
  • Cari perangkat yang baru saja kita hubungkan, misalnya pada contoh adalah drive J:
  • Klik kanan label perangkat drive J: > Properties. Perlu diperhatikan klik kanan pada label sebelah kiri, bukan kolom kanan yang berwarna biru karena tombol Properties akan menampilkan hasil berbeda.

Ternyata, di Windows 10 USB Bisa Langsung Dicabut
Mengatur Quick Removal pada Windows 10

  • Pilih tab Policies, lalu pada Removal Policy pilih Quick Removal.
Ternyata, di Windows 10 USB Bisa Langsung Dicabut
Mengatur Quick Removal pada Windows 10

Penting: Jika Anda memilih Best performance, maka Anda harus mengaktifkan Enable write caching on the device.

Secara teknis, Microsoft mengubah pengaturan ini pada bulan Oktober ketika Windows 10 versi 1809 pertama kali mulai diluncurkan, jadi ini belum tentu sama pada semua perangkat. Jadi pastikan Windows 10 Anda adalah versi 1809, atau jika belum maka Anda harus mengatur quick removal secara manual.

Itulah sebabnya banyak pihak masih beranggapan bahwa kita bisa mencabut USB drive begitu saja, tapi tidak ada salahnya untuk tetap melakukannya karena icon Safely Remove Hardware juga masih tetap ada.
support.microsoft.com

Belum ada Komentar untuk "Ternyata, di Windows 10 USB Bisa Langsung Dicabut"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel