Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan HP Redmi dan Mi dari Xiaomi

Banyak orang yang masih belum tahu apa yang membedakan sebutan merk dagang dari Xiaomi, Redmi dan Mi. Pada dasarnya Xiaomi adalah merek sedangkan Mi dan Redmi adalah seri. Xiaomi menggunakan MIUI custom ROM yang diambil dari sistem Android yang ditanamkan pada smartphone buatannya. Xiaomi menjadi sangat sukses karena spesifikasi tinggi yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Tapi perlu diingat antara Redmi dan Mi memiliki perbedaan yang signifikan.
Perbedaan HP Redmi dan Mi dari Xiaomi
Perbedaan HP Redmi dan Mi dari Xiaomi

Seri Redmi sangat populer sehingga Xiaomi telah mengumumkan akan menjadikan Redmi sebagai merek independen. Hal ini pada dasarnya membuat Redmi yang awalnya diperkenalkan sebagai line-up smartphone terjangkau akan menjadi anak perusahaan Xiaomi, seperti halnya yang terjadi pada Realme dari Oppo. Hal ini bertujuan untuk lebih fokus pada keinginan konsumen. Perbedaan antara Mi dan Redmi sama persis dengan perbedaan antara seri Samsung Galaxy Note dan seri S.

Merek Redmi berfokus pada smartphone dengan harga yang lebih murah, merek Mi difokuskan pada perangkat kelas atas. Selain itu, perangkat Redmi lebih fokus dipasarkan melalui platform e-commerce, sedangkan perangkat Mi tidak berfokus pada pasar e-commerce.

Secara sederhana, bisa dikatakan perangkat Redmi dibuat untuk segmen menengah ke bawah sedangkan perangkat Mi adalah perangkat flagship. Redmi memiliki spesifikasi perangkat yang sesuai dengan harganya yang lebih murah. Perangkat Mi adalah perangkat premium.

Beberapa smartphone terkenal dari Mi antara lain Mi3, Mi4, Mi4i, Mi5, Mi Max, Mi Mix2, Mi A2, Mi 9SE, dll. Sementara dari Redmi memiliki beberapa smartphone yang cukup handal seperti Redmi 1/1s, Redmi 2, Redmi 3 Prime/3s, Redmi 6/Note 6 Pro, Redmi 7/7 Pro, dll.

Berikut ini perbedaan antara Redmi dan Mi yang perlu kita ketahui:

Perbedaan HP Redmi dan Mi dari Xiaomi
Perbedaan HP Redmi dan Mi dari Xiaomi

Seri Mi Dibuat untuk Penggunaan Berat

Smartphone Mi, perangkat ini pada dasarnya dibuat untuk penggunaan berat dengan kecepatan dan kemampuan pemrosesan yang lebih baik. Menjadi smartphone kelas atas dari Xiaomi, perangkat Mi dilengkapi dengan prosesor kelas atas.

Seri Mi Kualitas dengan Desain yang Lebih Baik

Sebagian besar smartphone Mi hadir dengan logam yang bertujuan agar tahan terhadap drop test. Selain itu, dari sisi desain smartphone Mi dirancang dengan sangat presisi. Meskipun demikian, tidak semua perangkat Mi menggunakan case logam, misalnya Mi4C yang dirilis pada 2015, yang hanya ada di pasar China. Tapi banyak klaim bahwa flagship Mi4C lebih bertenaga dibandingkan Redmi yang rilis beberapa tahun setelahnya.

Seri Mi Kamera Berkualitas Tinggi

Smartphone Mi hadir dengan spesifikasi kamera kelas atas termasuk fitur-fitur seperti Hi-Fi, Optical Image Stabilization, dual tone flash dan manual mode.

Seri Mi Update Software yang Lebih Cepat

Entah mengapa Xiaomi mengirimkan update software yang lebih cepat ke smartphone Mi ketika diluncurkan untuk umum, mungkin karena perangkat keras yang dimiliki Mi premium.

Perbedaan HP Redmi dan Mi dari Xiaomi
Perbedaan HP Redmi dan Mi dari Xiaomi

Seri Redmi untuk Penggunaan Biasa

Smartphone Redmi dirancang untuk penggunaan sehari-hari dengan spesifikasi biasa yang umum. Smartphone ini tidak mendukung beban kinerja yang berat.

Seri Redmi menggunakan Chipset Kelas Menengah

Perbedaan paling signifikan dari smartphone Mi dengan Redmi adalah penggunaan komponen yang lebih murah dan lebih berorientasi pada konsumen. Itulah sebabnya harga Redmi biasanya lebih murah daripada Mi.

Seri Redmi Desain Minimalis

Jajaran perangkat Redmi menggunakan desain minimalis dengan bahan yang tidak terlalu mahal, biasanya plastik. Namun beberapa waktu terakhir Redmi sudah mulai menggunakan casing kaca yang dilengkapi dengan corning Gorilla Glass.

Seri Redmi Berorientasi pada Konsumen

Redmi berfokus pada tren terbaru yang memberi konsumen akses ke fitur terkini. Para konsumen biasanya akan lebih tertarik dengan produk yang memiliki fitur paling anyar.
mi.com
Ari
Ari blogger, IT technician

Posting Komentar untuk "Perbedaan HP Redmi dan Mi dari Xiaomi"