8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10

Update pada Windows 10 terakhir menyediakan beberapa cara baru untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar. Ada fitur baru dengan fasilitas yang lebih baik dari sebelumnya seperti Snipping Tool dan Snip & Sketch. Tapi sebenarnya masih ada banyak cara untuk mengambil screenshot yang lebih cepat.

Berikut ini 8 cara berbeda yang bisa kita pilih untuk mengambil screenshot pada layar Windows, termasuk shortcut yang jauh lebih cepat dan efisien.

Snip & Sketch

Alat Snip & Sketch lebih mudah diakses dan lebih mudah untuk proses selanjutnya seperti sharing, tetapi hanya memiliki fitur minimalis, meskipun lebih baik dari cara yang lebih lama. Untuk menggunakannya cukup buka jendela Snip & Sketch, klik tombol New di kiri atas untuk memulai tangkapan layar baru.

8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10
8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Snip & Sketch

Jendela Snip & Sketch akan menghilang, dan akan muncul menu kecil di bagian atas layar yang memungkinkan kita memilih jenis tangkapan layar yang ingin kita ambil, yaitu persegi panjang, bentuk bebas, atau layar penuh. Tapi tidak ada pilihan untuk menangkap tangkapan layar sebuah jendela tertentu. Anda juga dapat mengklik tombol panah ke bawah di sebelah tombol New di jendela Snip & Sketch untuk menunda pengambilan tangkapan selama 3 atau 10 detik.

Setelah mengambil tangkapan layar, gambar akan dimuat ke Snip & Sketch, di mana kita dapat melakukan editing seperti menambah keterangan dengan pensil, pena dan alat-alat lainnya di bagian atas jendela. Tangkapan layar juga disalin ke clipboard yang termasuk editing yang telah dibuat.

Snipping Tool

Snipping Tool sudah ada sejak Windows Vista. Klik tombol New untuk memulai proses tangkapan layar. Tipe snip default adalah bentuk persegi panjang, tetapi dapat juga diganti menjadi bentuk bebas dan layar penuh bersamaan dengan jendela aplikasi tertentu.

8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10
8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Snipping Tool

Snipping Tool tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar jadi kita harus menyimpannya secara manual sebelum keluar. Tapi Snipping Tool juga secara otomatis menyalin tangkapan layar ke clipboard.

Print Screen

Print Screen adalah cara yang paling populer untuk mengambil tangkapan layar. Untuk menangkap seluruh layar, cukup tekan tombol Print Screen atau PrtScn di keyboard. Tangkapan layar tidak akan disimpan sebagai file, tetapi akan langsung disalin ke clipboard. Anda harus membuka aplikasi lain untuk memasukkan gambar seperti Microsoft Paint, Word, dll dengan paste tangkapan layar di editor dan menyimpan file dari sana.

8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10
8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Print Screen

Kita juga dapat mengatur agar tombol PrtScn otomatis membuka Snip & Sketch dengan masuk ke Settings > Ease of Accress > Keyboard dan aktifkan pilihan Print Screen Shortcut.

Windows + Print Screen

Untuk menangkap seluruh tampilan layar dan secara otomatis menyimpan file, tekan tombol Windows + Print Screen. Layar akan dim (redup) sebentar yang menunjukkan bahwa kita baru saja mengambil tangkapan layar, dan tangkapan layar akan disimpan langsung ke folder Pictures > Screenshot.

Windows + Shift + S

8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10
8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan shortcut Windows + Shift + S
Kita juga dapat menggunakan shortcut keyboard dengan tombol Windows + Shift + S. Shortcut ini akan mengaktifkan Screen snip baru yang ditampilkan di bagian atas layar. Layar akan redup dan muncul menu kecil Snip & Sketch di bagian atas layar dan kita bisa memilih jenis tangkapan layar yang ingin digunakan.

Alt + Print Screen

Untuk mengambil tangkapan layar cepat dari jendela aplikasi yang aktif, gunakan shortcut keyboard Alt + Print Screen. Shortcut ini akan mengambil tangkapan dari jendela aplikasi yang sedang aktif dan menyalin hasil tangkapan layar ke clipboard. Anda harus membuka aplikasi lain untuk paste dan menyimpannya.

Game Bar

Ini adalah fitur baru yang ada di Windows 10. Game bar sebenarnya ditujukan untuk mengambil dan merekam game yang dimainkan. Tapi kita dapat memanfaatkannya untuk mengambil tangkapan layar, baik saat sedang bermain game atau tidak. Tekan tombol Windows + G untuk membuka Game Bar. Dari sini, Anda dapat mengeklik tombol Take Screenshot atau menggunakan shortcut keyboard default Windows + Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot layar penuh. Untuk mengatur shortcut keyboard pada Game Bar masuk ke Settings > Gaming > Game Bar.

Windows + Volume Down

Shortcut ini bisa hanya digunakan pada perangkat Microsoft Surface. Seperti halnya pada Android, kita dapat menggunakan tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar. Untuk melakukan ini, tahan tombol Windows di bagian bawah layar dan tekan tombol volume down di sisi perangkat. Layar akan redup sebentar dan tangkapan layar akan secara otomatis disimpan ke folder Pictures > Screenshot.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel