WhatsApp Error, Jutaan Pengguna Beralih ke Telegram

WhatsApp Error, Jutaan Pengguna Beralih ke Telegram
Beberapa situs web terkenal di dunia dilanda serangkaian error dan down pada 12 Maret lalu yang menyangkut masalah internet global yang signifikan. Begitu juga dengan pihak Facebook, termasuk Instagram dan WhatsApp juga mengalami masalah yang membuat pengguna tidak bisa menggunakannya baik melalui situs web dan aplikasi.

Memang masih belum jelas apakah masalah ini menjadi penyebabnya. Semua orang secara misterius mengalami pada saat yang sama dan dirasakan di seluruh belahan dunia. Banyak situs web besar tidak dapat diakses, yang sepertinya merupakan masalah yang terjadi di seluruh dunia.
Baca juga: Cara Mengirim WA Tanpa Menyimpan Nomor

WhatsApp mengalami kerugian yang signifikan juga. Gangguan terburuk dalam sejarah WhatsApp ini menyebabkan jutaan pengguna berbondong-bondong ke aplikasi perpesanan saingannya yaitu Telegram. Padahal baru saja Facebook mengakuisisi WhatsApp.

Aplikasi milik Facebook mengalami masalah selama kurang-lebih 14 jam pada tanggal 13 Maret lalu, termasuk aplikasi Facebook, Facebook Messenger dan Instagram.

WhatsApp Error, Jutaan Pengguna Beralih ke Telegram
Tampilan Facebook saat down

Dibandingkan dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna WhatsApp, Telegram adalah saingan yang relatif kecil di dunia aplikasi perpesanan dengan sekitar 200 juta pengguna hingga pertengahan tahun lalu.

Selama aplikasi Facebook down, beberapa pengguna menggunakan Twitter untuk memprovokasi orang-orang agar beralih ke Telegram. Bahkan hingga jutaan orang yang melakukannya.

Pemilik Telegram, Pavel Durov mengatakan ada 3 juta pengguna baru mendaftar Telegram dalam 24 jam terakhir setelah masalah terjadi.

Ini adalah masalah terburuk dalam sejarah Facebook, dan masih belum ada kejelasan penyebab pastinya. Spekulasi awal mengisyaratkan kemungkinan serangan DDoS (Distributed Denial of Service) besar, di mana server dibanjiri dengan lalu lintas yang sengaja dibuat dalam volume besar. Namun menurut pihak Facebook spekulasi ini kurang tepat, tapi lebih mengarah ke penurunan kinerja, seperti database kelebihan beban.

Di sisi lain Telegram tidak pernah mengalami pemadaman sebesar skala ini. Di Indonesia sendiri popularitas Telegram sudah mulai naik daun. Banyak orang yang berpendapat bahwa Telegram memiliki fitur yang lebih baik dari pada WhatsApp.

Belum ada Komentar untuk "WhatsApp Error, Jutaan Pengguna Beralih ke Telegram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel