Teknologi USB 4 Bakal Secepat 40Gbps

Teknologi USB telah berkembang pesat sejak digunakan sebagai port yang lebih banyak digunakan untuk menghubungkan mouse atau printer ke PC. Terobosan selanjutnya akan terjadi akhir tahun depan dengan dirilisnya versi teknologi terbaru yaitu USB 4.

Kabarnya USB 4 akan menawarkan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, dua kali lipat kecepatan versi USB 3.2 saat ini. USB 4 akan menjadi sebuah konektor yang bekerja dengan semua perangkat, menawarkan kinerja high-end namun dapat bekerja tidak hanya pada sistem high-end, sehingga semua perangkat mulai dari komputer, laptop, smartphone, tablet dan gadget lain dapat terhubung dengan mudah.

Teknologi USB 4 Bakal Secepat 40Gbps
Teknologi terbaru USB 4

Peningkatan Kecepatan Teknologi USB 4

Perangkat yang beredar di pasaran saat ini umumnya memiliki kecepatan USB 3 yaitu sebesar 5Gbps, 10Gbps dan yang terbaru 20Gbps. Sedangkan USB 4 mampu mencapai 40Gbps. Hal ini sangat bermanfaat untuk pekerjaan berat seperti mengedit video yang disimpan pada hard drive eksternal atau penggunaan beberapa monitor 4K sekaligus. USB 4 juga meningkatkan sistem stasiun dok yang menggunakan hanya satu port pada laptop untuk terhubung ke monitor, drive, kabel jaringan dan perangkat lainnya.

Tetapi tidak setiap perangkat akan mencapai kecepatan maksimum 40Gbps. Misalnya, ponsel mungkin hanya mendukung kecepatan yang lebih rendah, yang umumnya sudah cukup cepat. Dengan teknologi USB 4, pengguna dapat mengatur beberapa tampilan yang berjalan secara bersamaan dan beberapa aplikasi data pada saat yang sama.

Teknologi USB 4 Bakal Secepat 40Gbps
Infografis spesifikasi dan teknologi yang dapat diakomodasi oleh USB 4 (Thunderbolt)


Selain itu, USB 4 akan cukup kuat untuk memungkinkan pengguna memasang kartu grafis eksternal ke laptop yang berguna untuk gamer, editor video, dan fotografer yang menginginkan kekuatan grafis lebih dari yang dapat disediakan oleh chip grafis laptop.
Baca juga: Berbagai Macam Jenis Konektor USB

Kapan USB 4 Dirilis?

Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam USB-IF (USB Implementers Forum) berencana untuk merilis rincian rekayasa teknologi USB 4 pada pertengahan 2019. Masih butuh waktu setahun lebih untuk merilis perangkat USB 4 pertama, jadi diperkirakan perangkat dengan USB 4 akan rilis pada paruh kedua tahun 2020.

Perbedaan USB 3 dan USB 4

Pada dasarnya USB 3 dan USB 4 memiliki fungsi yang sama, tapi memiliki aspek teknologi yang berbeda. USB 3.2 saat ini dan USB 4 yang akan datang mengatur bagaimana perangkat mengidentifikasi perangkatnya dan mengirim sinyal satu sama lain. Identifikasi ini untuk menyesuaikan teknologi dan kecepatan yang akan dipakai.

Tetapi ada dua standar terpisah yang perlu kita ketahui. Pertama adalah USB-C, yang mendefinisikan konektor fisik baru yang jauh lebih nyaman, serbaguna dan kuat daripada port USB-A dan USB Micro-B yang umum pada ponsel Android yang lebih lama. USB-C dapat membawa beban daya listrik yang lebih berat dan memiliki konektor yang sama ke laptop, ponsel, dan perangkat Apple yang dirilis 2008 ke atas.
Baca juga: Teknologi USB Type-C

Teknologi USB 4 Bakal Secepat 40Gbps
Spesifikasi USB Type-C

Kedua ada istilah USB Power Delivery (pengiriman daya USB) atau disingkat USB PD, yang mengatur bagaimana perangkat dapat mengirim atau menerima daya listrik. Sebagai contoh, sebuah laptop kelas atas dapat memberitahu paket baterai USB bahwa ia dapat menggunakan tingkat daya maksimum USB PD 100 watt. Atau ponsel dan tablet yang saling berhubungan dapat bernegosiasi satu sama lain untuk mencari tahu tablet harus mengisi daya ponsel. USB, USB-C dan USB PD adalah teknologi masa depan. Secara signifikan. Semua koneksi USB 4 akan menggunakan konektor USB-C dan akan mendukung USB PD.

Standar Nama USB 4

Teknologi 10Gbps yang sebelumnya disebut USB 3.1 Gen 2 sekarang adalah USB 3.2 Gen 2. Bagaimana dengan USB 4 yang akan datang? Saat ini masih belum ada kejelasan. USB-IF lebih suka pengguna menggunakan branding yang lebih berorientasi konsumen untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk. Tetapi kenyataannya banyak produk diberi label dengan spesifikasi teknik.

USB-IF masih berupaya menyederhanakan branding sehingga pengguna lebih dari sekadar tahu tentang fitur dan manfaatnya dengan produk tersebut. Bagi orang yang berkecimpung di dunia IT istilah-istilah teknis mungkin tidak menjadi masalah, tapi bagi orang awam akan lebih mudah menggunakan istilah yang lebih umum, namun tetap menggambarkan fungsi dan peningkatan teknologi pada perangkat tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Teknologi USB 4 Bakal Secepat 40Gbps"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel