Perbedaan Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Fold

Tahun ini secara resmi produsen ponsel bersaing di teknologi smartphone yang dapat dilipat. Mulai dari merk Motorola, Huawei, TCL dan Samsung. Dapat dikatakan bahwa Samsung adalah nama terbesar yang ikut bertarung di pasar.

Itulah sebabnya ketika Samsung memperkenalkan Galaxy Fold, Samsung menjadi sorotan utama, termasuk juga penggunaan teknologi ponsel 5G. Meskipun banyak yang tertarik dengan Galaxy Fold, harganya yang tinggi menjadi persoalan, desain yang tidak umum dan ketersediaan yang terbatas. Sebagai gantinya, produk andalan Samsung lainnya yaitu Samsung Galaxy S10, kemungkinan akan menjadi ponsel Galaxy yang akan dibeli kebanyakan orang.

Meskipun memiliki perbedaan yang signifikan, banyak orang bingung memilih antara kedua perangkat ini. Samsung Galaxy S10 mungkin perangkat yang handal dan familiar, tetapi Galaxy Fold memiliki fitur yang unik dan menarik.
Berikut beberapa perbedaan Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy Fold yang perlu kita ketahui:

Perbedaan Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Fold
Samsung Galaxy S1

Perbedaan Desain Galaxy S10 dan Galaxy Fold

Perbedaan terbesar antara kedua ponsel Galaxy tersebut adalah desain. Pada Galaxy S10 merupakan pengembangan dari desain Galaxy S9, sedangkan Galaxy Fold memiliki bentuk yang sama sekali baru.

Seperti namanya: fold (lipatan), Galaxy Fold memiliki layar OLED yang dapat dilipat. Ketika ditutup, layar sekunder berukuran 4,6 inci aktif yang juga berfungsi sebagai penutup dengan semua fitur yang biasa ada pada ponsel standar. Ketika Anda membutuhkan tampilan yang lebih besar, Fold dapat dibuka dog seperti buku berukuran tablet 7,3 inci.

Untuk mencapai desain ini tanpa garis yang terlihat di layar, Fold memiliki fitur yang disebut "Infinity Flex Display". Pada dasarnya terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi, layar dapat melentur dan melipat ratusan kali tanpa putus. Dengan bantuan OS Google, aplikasi juga dapat beralih dengan lancar di antara ukuran tampilan tersebut.

Galaxy S10, di sisi lain, mengadopsi tampilan ponsel yang lebih tradisional. Meskipun desainnya biasa kita lihat, bukan berarti ketinggalan jaman. Gallaxy S10 menggunakan penutup kaca yang ramping dan bezel yang lebih ramping membuat tampilan lebih besar dari pendahulunya (dari 5,6 menjadi 6,1 inci), juga datang dalam berbagai warna baru seperti warna kuning, merah muda dan putih yang cerah (meskipun tidak semua tersedia untuk setiap pasar).
Baca juga: Kode Rahasia Android Samsung

Perbedaan Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Fold
Samsung Galaxy Fold

Perbedaan Kamera Galaxy S10 dan Galaxy Fold

Galaxy S10 memiliki total empat kamera, yang bagi banyak pengguna biasa sudah lebih dari cukup. Ada tiga kamera di belakang dan satu di depan. Fitur kamera belakang termasuk lensa ultra-wide-angle, wide-angle, dan tele, sementara bagian depan memiliki kamera 10 megapiksel.

Galaxy Fold memiliki total enam kamera. Dengan jumlah tersebut memang terdengar seperti berlebihan, tetapi jika idenya adalah pengguna dapat mengambil gambar tidak peduli bagaimana perangkat sedang digunakan, cukup masuk akal mengapa Galaxy Fold memiliki begitu banyak kamera.

Di bagian belakang, Fold memiliki fitur tiga kamera yang sama dengan Galaxy S10. Kamera di bagian depan adalah kamera 10 megapiksel tunggal. Saat Anda membuka lipatan dalam mode tablet, terdapat dua kamera tambahan di dalamnya: kamera selfie dan kamera dengan resolusi 8 megapiksel.

Kamera kedua ini digunakan untuk pengindraan kedalaman, artinya akan menggunakan lensa kedua, bukan algoritma perangkat lunak, untuk membuat gambar potret dengan efek kedalaman (depth-of-field).

Perbedaan Harga Galaxy S10 dan Galaxy Fold

Harga ponsel terbaru Samsung ini dipastikan cukup mahal. Dalam beberapa hal tingginya harga ini bisa dimengerti. Desain futuristik, dua layar, beberapa kamera dan penginkatan baterai yang lebih besar. Dengan meningkatnya pengguna ponsel, tampilan inovatif semacam itu mungkin cukup bagi pengguna untuk memaklumi peningkatan harga yang tinggi. Pada akhirnya, pengguna akan dimanjakan dengan fitur seolah-olah memiliki dua produk: smartphone dan tablet dalam satu perangkat.

Tetapi kenyataannya bagi sebagian besar orang merasa tidak mampu membelinya, atau terlalu takut untuk menggunakan ponsel seharga puluhan juta lbeih. Untuk uang sebanyak itu, kita dapat menggunakannya untuk investasi atau tabungan.

Jika Anda ingin tetap menggunakan smartphone Samsung premium, Galaxy S10 bisa menjadi pilihan yang lebih hemat dibandingkan Fold. Karena Galaxy S10 memiliki prosesor yang sama dan sebagian besar spesifikasi papan atas seperti Galaxy Fold, masih layak digunakan beberapa tahun ke depan.

Perbedaan Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Fold
Perbedaan Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Fold

Fitur lain Galaxy S10 dan Fold

Teknologi 5G: Generasi masa depan data seluler berkecepatan tinggi yang diluncurkan sepanjang 2019-2020 dan banyak ponsel akan kompatibel dengan 5G. Galaxy S10 memiliki varian berbeda yang dikenal sebagai S10 5G yang akan berjalan di jaringan ini dengan harga yang kemungkinan akan lebih mahal. Demikian juga, Galaxy Fold juga akan memiliki dua versi, yaitu Fold 4G dan Fold 5G.

Pemindai sidik jari: Meskipun memiliki tampilan yang tidak tradisional, pembaca sidik jari Galaxy Fold berada di tempat yang cukup umum yaitu di tombol power di samping. Dengan begitu, pengguna dapat mengaksesnya baik saat ponsel terbuka atau tertutup. Tetapi pemindai sidik jari pada Galaxy S10 tertanam di dalam layarnya, sebuah inovasi yang lebih baru.

Penyimpanan: Galaxy S10 memiliki dua opsi penyimpanan: 128GB dan 512GB, sedangkan Galaxy Fold hanya memiliki 512GB. Pada Galaxy Fold juga tidak memiliki penyimpanan yang dapat diupgrade, sedangkan pada Galaxy S10 dapat menampung tambahan penyimpanan 512GB, yang berarti jika kita membeli Galaxy S10 dan kartu SD yang sesuai, maka dapat menampung penyimpanan dua kali lebih banyak atau lebih dari 1TB.

Baterai: Kedua produk memiliki fitu pengisian nirkabel (wireless) dan dapat mengisi perangkat lain secara nirkabel pula (termasuk telepon). Dengan layar yang lebih besar Galaxy Fold memiliki daya baterai lebih besar: 4.380 mAh, sedangkah Galaxy S10 yang hanya 3.400 mAh.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Fold"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel