Mengatasi Windows 10 Update Error

Sejak Windows 10, Microsoft telah membuat proses update sangat mudah. Namun, tidak semua orang memiliki pengalaman upgrade yang lancar. Banyak yang mengeluhkan adanya error dan masalah saat proses update.

Saat artikel ini ditulis, proses update yang masih berlangsung adalah Windows 10 versi 1809 kepada sebagian besar pengguna karena adanya bug pada Windows Update itu sendiri. Masalah besar lainnya sepertinya sudah diatasi hingga saat ini.

Sejak update dimulai, banyak pengguna mengatakan muncul beberapa error dan masalah yang berbeda saat proses update, salah satunya tidak dapat menginstal Windows 10. Ada juga yang tidak ada notifikasi update, komputer tidak dapat booting, blue screen dan beberapa masalah lain. Bahkan saya sendiri mengalami kegagalan pada update tertentu.

Mengatasi Windows 10 Update Error
Windows 10 gagal update pada komputer saya
Sebagai contoh, sangat sering muncul kode kesalahan seperti ini: 0x80242006, 0x80244018, 0x80D02002, 0x80246017, 0x80240438, 0x80070070, 0x8007000D, 0x80246008, 0x80024008, 0x80096004, 0x8007002020. Kode-kode ini mengindikasikan masalah apa yang terjadi merujuk pada website Microsoft.

Kali ini  kita akan membahas beberapa masalah kesalahan update dan instalasi Windows 10 dan bagaimana kita memperbaikinya. Cara-cara berikut ini menjelaskan langkah-langkah untuk mengatasi berbagai jenis masalah dengan Windows 10 Update. Setiap kode kesalahan harus diperbaiki dengan metode tertentu. Cara-cara di bawah ini mungkin berbeda pada setiap perangkat, jadi segala resiko yang terjadi merupakan tanggung jawab sendiri. Berikut masalah-masalah yang sering muncul saat update dan solusi untuk mengatasinya:

Restart Komputer

lakukan restart dan jalankan Windows Update lagi. Penyebab paling umum dari pesan "Update failed" adalah bahwa ada dua update yang saling menunggu. Jika salah satunya adalah pembaruan service, maka harus diinstall terlebih dahulu, dan komputer harus direstart sebelum dapat menginstal pembaruan berikutnya. Inilah sebabnya mengapa beberapa patch terbaru malah membuat beberapa sistem perangkat menjadi bermasalah.

Windows Update Troubleshooter

Microsoft sebenarnya telah menyediakan sebuah tool pada Windows 10 bernama Windows Update Troubleshooter. Tool ini bisa diunduh langsung dari website Microsoft. Kita juga bisa mengaksesnya dengan membuka Settings > Update & Security > Troubleshoot. Lalu pada panel kanan pilih Windows Update > Run the troubleshooter.

Mengatasi Windows 10 Update Error
Mengatasi Windows 10 Update Error dengan Windows Update Troubleshooter

Windows akan secara otomatis mencari kesalahan yang ada dan akan menampilkan jenis kesalahan dan akan otomatis memperbaikinya jika memungkinkan. Setelah masalah teratasi, buka kembali Windows Update

Pause Update

Pause Update berguna untuk menghentikan sementara proses update. Ini adalah trik yang bisa kita gunakan jika update error. Buka Settings > Update & Security > Windows Update dan tekan tombol Advanced Options. Aktifkan pilihan pada Pause Updates. Restart komputer, buka kembali menu ini dan non-aktifkan pilihan Pause Updates kembali ke Off.

Mengatasi Windows 10 Update Error
Mengatasi Windows 10 Update Error dengan Pause Update

Jika kita melakukan cara ini, kita akan menghapus semua pembaruan yang diunduh. Ulangi lagi proses Windows Update.

Hapus Folder SoftwareDistribution

Ini adalah cara manual dari teknik sebelumnya. Cara ini membutuhkan sedikit banyak waktu untuk menghapus file pembaruan yang lama. Restart komputer dan masuk Safe Mode dengan cara masik Settings > Update & Security > Recovery > Advanced Startup.

Mengatasi Windows 10 Update Error
Mengatasi Windows 10 Update Error dengan menghapus folder SoftwareDistribution

Menggunakan Safe Mode untuk memastikan tidak ada service yang berjalan untuk menghapus file Windows Update dengan menghentikan layanan Windows Update. Dari Safe Mode, buka File Explorer, masuk folder Windows, dan hapus folder yang bernama SoftwareDistribution.

Setelah itu restart lagi komputer dan masuk Windows seperti biasa, coba Windows Update lagi.

Download File Update Langsung dari Website Microsoft

Jika Windows Update tetap gagal, kita bisa saja mengunduh file-file update secara langsung di website resmi Microsoft. Mungkin bukan ide yang buruk untuk menandai halaman Unduh Windows 10 di situs Microsoft. Simpan file-file update dan jalankan saat satu per satu semua sudah dinduh.

Jalankan Windows System File Checker

Jika langkah-langkah di atas gagal, coba menjalankan Windows System File Checker. Windows System File Checker adalah tool yang disediakan untuk mengecek file-file sistem pada Windows. Jika pada Windows 7 disebut SFC (System File Checker), sejak Windows 8 kita perlu menjalankan tool yang disebut DISM (Deployment Image Servis and Management) terlebih dahulu.

Mengatasi Windows 10 Update Error
Mengatasi Windows 10 Update Error dengan Windows System File Checker

Buka Command Prompt sebagai Administator. Ketik perintah:
DISM /online /cleanup-image /restorehealth
Mengatasi Windows 10 Update Error
Mengatasi Windows 10 Update Error dengan Windows System File Checker
Ini berguna untuk membersihkan file-file rusak di antara komponen sistem, tunggu beberapa menit.
Setelah proses DISM selesai, sekarang saatnya untuk menjalankan SFC. Di jendela yang sama, lanjutkan dan jalankan perintah:
SFC /scannow

Setelah kedua proses DISM dan SFC selesai, restart komputer kemudian coba Windows Update lagi.

Memperbaiki Instalasi Windows

Cara ini cukup berat, yaitu memperbaiki instalasi Windows jika memang ada yang rusak. Kita perlu mengunduh dan membuat file ISO Windows sesuai versi yang terisntall di komputer kita, kemudian mount sebagai virtual drive. Buka drive tersebut dan buka file Setup. Jika ada notifikasi untuk download updates lebih baik pilih Yes untuk meminimalisir masalah kompatibilitas. Pilih "Keep personal files and apps" untuk tetap menyimpan file dan aplikasi yang sudah ada.
Komputer akan restart beberapa kali dan akhirnya kita akan mendapatkan instalasi Windows 10 yang benar-benar baru, tapi file dan aplikasi kita sebelumnya masih tetap ada.

Tidak Perlu Update

Sebelum melakukan update sebaiknya carilah informasi sebanyak mungkin mengenai update tersebut, karena kadang-kadang Microsoft merilis update yang ternyata bermasalah pada beberapa perangkat. Kita lebih baik tidak melakukan update dulu.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Windows 10 Update Error"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel