HP Sering Panas? Ini Solusinya

HP Sering Panas? Ini Solusinya
Hampir semua perangkat elektronik termasuk smartphone akan memanas sejak kita menggunakannya, hal ini tidak dapat dihindari dan secara normal aman. Tetapi smartphone yang terlalu panas bisa menjadi masalah serius, merusak perangkat dan mempengaruhi kinerja, juga membuat kita tidak nyaman. Apa penyebab HP terlalu panas dan bagaimana cara menghindari dan mengatasinya?

Secara logika gerakan akan menghasilkan panas. Begitu juga HP kita yang secara fisik memindahkan beban agar dapat bekerja, sehingga menghasilkan panas. Jumlah panas yang dihasilkan sebanding dengan jumlah listrik yang bergerak melewatinya.

Jika kita bermain game yang banyak menuntut unit pemrosesan pusat dan grafis, keduanya bertempat di dalam SoC (system-on-a-chip) pusat, keduanya akan menjadi hangat karena membutuhkan lebih banyak daya untuk melakukan tugas yang semakin berat.

HP yang kita miliki sat ini memang dirancang agar bekerja seperti itu, tetapi jika suhu sudah terlalu panas akan menjadi bahaya.

Penyebab HP Terlalu Panas (Overheat)

Secara umum, SoC dioptimalkan dengan sangat baik dan efisien, sehingga overheating jarang menjadi masalah karena memang dirancang khusus untuk menangani suhu tinggi. Ketika perangkat mendekati suhu yang berpotensi merusak, kecepatan prosesor akan berkurang, menjadikan kecepatan pengoperasian yang lebih lambat yang juga menjadi salah satu tanda overheating. Jika kondisi lebih parah akan muncul peringatan agar mencegah perangkat didiamkan dulu sampai dingin.

Solusi HP sering panas
Peringatan perangkat overheat

Beberapa penyebab HP overheat antara lain:
  • Menggunakan HP terlalu lama
  • Penggunaan aplikasi yang menuntut sumber daya tinggi
  • Fitur-fitur HP aktif terus-menerus (WiFi, bluetooth, GPS, dll)
  • Suhu lingkungan sekitar

Kerusakan Akibat HP Overheat


Di dalam smartphone modern umumnya menggunakan baterai lithium-ion. Ini adalah baterai yang dapat diisi ulang, memungkinkan reaksi berlangsung dua arah, sehingga baterai dapat diisi dan mengisi daya, dan melakukannya ratusan kali. Baterai lithium-ion adalah baterai isi ulang terbaik yang tersedia saat ini, tetapi masih memiliki beberapa kekurangan. Ketika mereka tidak digunakan daya akan tetap menurun. Hal ini terjadi relatif lambat sehingga tidak begitu terlihat. Selain itu juga sangat sensitif terhadap panas. Suhu di atas 30 derajat celcius akan berdampak negatif pada baterai lithium-ion, dan ini adalah suhu yang mungkin dihasilkan setiap kali mengisi daya.

Dampak panas utama pada baterai adalah mempercepat degradasinya dan dengan demikian lebih cepat mengurangi kapasitasnya. Salah satu gejala overheating yang paling dramatis adalah dapat menyebabkan baterai lithium-ion meledak.
Solusi HP sering panas
Baterai HP yang terbakar


Kecepatan SoC atau prosesor akan dibatasi untuk mencegah overheating, yang memperlambat kinerja HP atau bahkan hang. Jika panas tinggi terlalu lama dapat merusak chip secara fisik. Seperti halnya baterai, ada kemungkinan kerusakan fisik menyebabkan ledakan. Tapi produsen sudah melengkapi dengan metode pencegahan dan keamanan sehingga ledakan tidak dimungkinkan terjadi

Mencegah HP Terlalu Panas

  • Pengisian Baterai
Jangan mengisi baterai terlalu penuh. Mengisi hingga 100 persen adalah hal yang buruk untuk jangkan panjang. Sebaliknya, jangan biarkan daya turun hingga nol persen. Langkah terbaik adalah isilah baterai mulai dari 30 persen hingga sekitar 80 persen, yang juga berguna untuk menghindari ponsel terlalu panas.

  • Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari
Paparan sinar matahari langsung dalam jangka panjang dapat memanaskan HP, terutama untuk HP dengan casing plastik. Layar sentuh HP juga akan terpengaruh saat dibiarkan di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama. Dianjurkan untuk membawa ponsel dalam tas, terutama saat cuaca panas.
Solusi HP sering panas
Hindari menggunakan HP di bawah panas matahari langsung

  • Letakkan di Tempat Dingin dan Keras
Hindari meletakkan HP di sofa atau ranjang, tapi taruhlah HP di permukaan yang dingin dan keras. Smartphone memancarkan panas saat mengisi daya. Meletakkannya di permukaan kain seperti tempat tidur atau sofa menghalangi pembuangan panas berlebih, dan malah meningkatkan suhu perangkat.

  • Lepaskan Casing
Penutup belakang menahan panas yang dihasilkan dan meningkatkan suhu smartphone. Melepasnya akan menghindari penumpukan panas dan memungkinkan perangkat menjadi dingin. Lepas juga pelindung karet jika ada.

  • Jangan Mengisi Daya Terlalu Lama
Membiarkan HP diisi daya dalam semalam mungkin menjadi kebiasaan kita selama ini. Hal ini tidak hanya memanaskan perangkat, tetapi juga berdampak pada baterai dalam jangka panjang.

  • Hapus Aplikasi yang Menghabiskan Daya Pemrosesan
Ada beberapa aplikasi yang terus berjalan di latar belakang meskipun tidak digunakan. Aplikasi-aplikasi ini juga mengakibatkan ponsel terlalu panas. Jadi, lebih baik untuk menghapus aplikasi tersebut dari perangkat. Banyak juga aplikasi untuk menghemat daya dan meminimalisir panas, tapi hal ini sangat tergantung pada perangkat. Bisa jadi aplikasi tersebut malah membuat perangkat semakin panas pada HP dengan spesifikasi rendah.

  • Gunakan Perlengkapan Original
Jangan gunakan pengisi daya, kabel dan baterai pihak ketiga. Jika memungkinkan, hindari menggunakan pengisi daya pihak ketiga untuk mengisi daya HP. Hal ini berdampak langsung pada aliran listrik yang menyebabkan HP tidak stabil dan rawan overheat.

Belum ada Komentar untuk "HP Sering Panas? Ini Solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel