Fitur Terbaru Android Q

Fitur Terbaru Android Q
Google sudah merilis versi beta pertama untuk Android terbaru yaitu versi Q. Android Q merupakan versi terbaru yang akan dirilis akhir tahun ini. Program beta tersedia untuk siapa saja yang ingin mencoba fitur-fitur Android Q, tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya ketika itu hanya terbatas pada pengembang untuk beta pertama.

Saat dirilis Android Q akan tersedia untuk perangkat smartphone Google Pixel. Beberapa fitur baru sudah diantisipasi oleh para developer. Untuk versi beta masih banyak bug, jadi disarankan untuk tidak menginstall Android Q beta pada perangkat utama.

Berikut adalah beberapa fitur utama yang ada di Android Q:

Kode QR Wi-Fi

Fitur Terbaru Android Q
Fitur QR Wifi Terbaru Android Q
Fitur ini cukup berguna bagi kita. Membagikan kata sandi jaringan Wi-Fi Anda dengan teman atau orang yang meminta kata sandi kita bisa terasa canggung, apalagi jika sandi yang kita buat berupa kata-kata yang tidak lazim. Android Q memiliki fitur baru yang memungkinkan kita membuat kode QR untuk jaringan Wi-Fi Anda, atau memindai kode QR untuk bergabung dengan jaringan Wi-Fi, langsung di pengaturan Wi-Fi perangkat. Jadi, kita tidak perlu secara langsung memberikan kata sandi, tapi cukup menunjukkan kode QR dan mereka cukup melakukan scan menggunakan perangkat mereka.

Membatalkan Penghapusan Aplikasi

Fitur Terbaru Android Q
Fitur Pembatalan Penghapusan Aplikasi Terbaru Android Q
Pernahkah Anda secara tidak sengaja menghapus aplikasi dari layar beranda? Dan kemudian menyadari kita tidak dapat mengingat aplikasi apa itu? Inilah fitur tambahan di Android Q untuk mengatasi masalah ini.

Dengan Android Q, kita diberikan waktu beberapa detik setelah aplikasi dihapus untuk membatalkan perubahan. Akan muncul sebuah tombol undo di bagian bawah layar. Tekan tombol undo dan aplikasi yang terhapus kembali ke tempatnya.

Pengaturan Lokasi

Fitur Terbaru Android Q
Fitur Pengaturan Lokasi Terbaru Android Q
Pada Android Q sudah terdapat kontrol lebih rinci tentang bagaimana suatu aplikasi dapat menggunakan informasi lokasi. Saat ini, kita dapat memberikan akses aplikasi ke lokasi sepanjang waktu atau tidak sama sekali. Dengan Android Q, kita akan mendapatkan pilihan untuk membiarkan aplikasi mengakses informasi lokasi hanya saat kita menggunakan aplikasi secara aktif. Jika aplikasi tidak sedang digunakan maka otomatis akses lokasi akan dihentikan.
Hal ini tidak hanya berhubungan ini masalah privasi, tetapi juga pasti dapat membantu menghemat masa pakai baterai. Baca juga: Mengehemat Baterai Handphone Android

Pengaturan Privasi

Fitur Terbaru Android Q
Fitur Pengaturan Privasi Terbaru Android Q
Pada Android Q, sudah ada menu khusus Privasi di dalam Pengaturan. Menu ini berisi berbagai izin yang digunakan oleh tiap aplikasi seperti sistem kalender, lokasi, kamera, kontak dan mikrofon.

Pada Android versi sebelumnya tidak ada menu yang jelas untuk melihat aplikasi apa saja yang memiliki akses ke data pada perangkat kita. Menu Privasi ini bertujuan untuk memudahkan untuk menemukan dan mengatur izin untuk aplikasi tertentu.

Kontrol Notifikasi Baru

Fitur Terbaru Android Q
Fitur Kontrol Notifikasi Terbaru Android Q
Android Q memberikan pengaturan notifikasi yang lebih baik. Ketika muncul notifikasi, kita bisa menekan lama notifikasi tersebut, akan muncul beberapa opsi berbeda untuk mengelola bagaimana kita mengatur notifikasi tersebut di masa yang akan datang, yaitu "Block", "Show silently", dan "Keep alerting".

Ini adalah fitur kecil namun penting karena kita tidak perlu lagi membuka Pengaturan aplikasi terkait untuk mencari cara menyesuaikan peringatan sesuai dengan keinginan kita.

Tampilan Baru untuk Perangkat Lipat (Fold)

Fitur Terbaru Android Q
Fitur Tampilan Fold Terbaru Android Q
Perangkat terbaru yang dapat dilipat seperti Galaxy Fold telah diantisipasi oleh Android Q untuk penggunaan yang lebih inovatif. Untuk membantu aplikasi memanfaatkan fitur ini dan perangkat layar besar lainnya, Android telah membuat sejumlah peningkatan sehingga dapat menyesuaikan dengan penggunaan perangkat sehingga pengelolaan penampilan aplikasi saat ditampilkan di layar lipat dan besar lebih baik.

Shortcut Sharing

Fitur Terbaru Android Q
Fitur Shortcut Sharing Terbaru Android Q
Saat pengguna ingin berbagi konten seperti foto dengan seseorang di aplikasi lain, prosesnya harus cepat. Di Android Q telah dibuat lebih cepat dan lebih mudah dengan Sharing Shortcuts, yang memungkinkan pengguna langsung masuk ke aplikasi lain untuk berbagi konten.

Belum ada Komentar untuk "Fitur Terbaru Android Q"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel