Cara Termudah Mengubah PDF ke Word

Cara Termudah Mengubah PDF ke Word
Jika Anda ingin mengubah file PDF ke Word, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Jika menyimpan Word ke PDF cukup mudah hanya dengan Save As atau Export to PDF, maka mengubah file PDF ke Word memerlukan sedikit usaha. Namun meskipun begitu mengubah file PDF ke Word tidaklah begitu sulit. Ikuti langkah-langkah dalam artikel ini untuk mendapatkan teknik termudah mengubah file PDF ke Word.

Mungkin kita pernah melakukan solusi yang sangat dasar untuk mengambil data dari file PDF, misalnya dengan menyalin teks dari PDF dan paste ke Microsoft Word, tapi cara ini masih jauh dari solusi yang ideal. Cara lain yang jauh lebih mudah adalah dengan menggunakan program aplikasi tertentu seperti Foxit Reader atau Nitro PDF untuk mengubah PDF ke dalam format yang berbeda, terutama file Microsoft Word.
Baca juga: Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF

Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara termudah untuk mengubah file PDF ke Word, antara lain:
1. Menggunakan Nitro PDF
2. Menggunakan Foxit Reader / Foxit PhantomPDF
3. Menggunakan fasilitas online SmallPDF

Berikut adalah cara langkah-langkahnya:

1. Mengubah PDF ke Word Menggunakan Nitro PDF
Nitro PDF merupakan sebuah aplikasi yang cukup ampuh untuk mengolah file PDF. Program aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur, salash satunya adalah mengubah file PDF menjadi file Word dengan sangat mudah.
Pertama-tama instal program aplikasi Nitro PDF hingga selesai. Kemudian buka file PDF yang ingin diubah ke Word menggunakan Nitro.
Klik menu Home > pada sub menu Convert pilih to Word.
Cara Termudah Mengubah PDF ke Word
Mengubah PDF ke Word menggunakan Nitro

Akan muncul jendela Convert PDF to Word. Anda bisa mengatur halaman mana saja yang ingin diubah pada pilihan Choose Pages serta pilihan lain melalui tombol Options... Jika Anda ingin mengubah banyak file sekaligus, berilah tanda centang pada Include all open PDF documents.
Cara Termudah Mengubah PDF ke Word
Mengubah PDF ke Word menggunakan Nitro

Langkah selanjutnya adalah klik tombol Convert. Tunggu proses beberapa saat hingga muncul keterangan proses finish. File hasilnya akan otomatis tersimpan pada folder yang sama.

Baca juga: Menambah Bookmark Pada File PDF

2. Mengubah PDF ke Word Menggunakan Foxit Reader / Foxit PhantomPDF
Cara kedua ini hampir mirip dengan cara pertama. Kali ini Kita akan menggunakan program aplikasi yang bernama Foxit Reader atau bisa juga menggunakan Foxit PhantomPDF. Karena di laptop saya yang sudah terinstall adalah Foxit PhantomPDF maka kita akan belajar menggunakan versi ini, pada dasarnya keduanya sama saja.

Pertama buka file PDF yang akan diubah menjadi file Word menggunakan Foxit.
Buka menu Convert > pada sum menu Export pilih To MS Office dan pilih To Word.
Cara Termudah Mengubah PDF ke Word
Mengubah PDF ke Word menggunakan Foxit

Akan muncul jendela Save As, pilih dimana kita akan menyimpan file hasilnya.
Cara Termudah Mengubah PDF ke Word
Mengubah PDF ke Word menggunakan Foxit

Anda bisa mengatur halaman dan layout pada bagian Settings. Jika sudah selesai klik tombol Save.

3. Mengubah PDF ke Word Menggunakan Fasilitas Online SmallPDF
Jika Anda tidak memiliki program-program aplikasi di atas, mungkin ini cara termudah bagi Anda jika ingin mengubah file PDF ke Word yaitu memanfaatkan tool online yang bernama SmallPDF. Tool cukup bagus karena memiliki banyak fitur yang berhubungan dengan editing file PDF.

Pertama buka alamat web di smallpdf.com. Di sini akan muncul banyak tombol, karena kita akan mengkonversi file PDF ke Word maka pilih tombol PDF to Word.
Cara Termudah Mengubah PDF ke Word
Mengubah PDF ke Word secara online

Kemudian pilih tombol Choose File dan cari dimana file PDF yang akan kita ubah menjadi file Word. Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai.
Cara Termudah Mengubah PDF ke Word
Mengubah PDF ke Word secara online

Terakhir akan muncul keterangan bahwa file sudah berhasil dikonversi, pilih Download File untuk menyimpan file yang sudah berbentuk Word. Anda juga bisa menyimpannya ke DropBox atau Google Drive.
Cara Termudah Mengubah PDF ke Word
Mengubah PDF ke Word secara online


Itulah cara termudah untuk mengubah file PDF menjadi file Word. Masing-masing teknik di atas memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Jika menggunakan fasilitas online pasti kita memerlukan koneksi internet, apalagi jika file PDF yang ingin kita ubah menjadi Word berukuran besar pasti menghabiskan banyak bandwidth internet. Jika menggunakan program aplikasi maka kita harus menginstallnya terlebih dahulu.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua file PDF bisa diubah menjadi Word, misalnya file PDF yang memiliki akses terbatas, dilindungi password, dan jenis proteksi lainnya. Biasanya file seperti ini berisi informasi penting yang sensitif.

Demikian sedikit trik yang bisa Anda gunakan untuk mengubah file PDF menjadi Word dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Termudah Mengubah PDF ke Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel