Tips Ampuh Mengatasi HP yang Terkena Air

Tips Ampuh Mengatasi HP yang Terkena Air
Cara tepat mengatasi HP yang terendam air. Apakah Anda pernah tanpa sengaja membuat HP kesayangan Anda basah? Jika belum maka Anda harus bersyukur, jika sudah pernah, seperti halnya saya maka Anda pasti mengerti bagaimana rasanya. Air bisa menjadi musuh utama perangkat elektronik termasuk HP, kecuali HP yang memang waterproof. Namun jangan khawatir, ada tips mudah dan ampuh untuk mengatasi HP yang terkena air.


Memang benar semakin banyak produsen HP sedang bergerak ke arah desain waterproof (tahan air) pada tahun 2016, dan tren ini juga akan meningkat di tahun 2017. Namun, tidak semua dari kita memiliki fitur HP tahan air. Cara terbaik untuk mencegah kerusakan HP karena air adalah dengan tindakan pencegahan terlebih dahulu, menggunakan pelindung khusus tahan air untuk situasi tertentu. Tapi bagaimana jika sudah terlambat karena HP Anda sudah terlanjur menyelam tanpa tabung oksigen ke dalam air?
Baca juga: Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Android

Perangkat elektronik yang terkena air sebagian besar akan rusak parah karena konsleting, tapi bukan berarti tidak bisa diselamatkan. Meskipun bisa diperbaiki biasanya akan meninggalkan kerusakan permanen seperti tampilan yang tidak sempurna, baterai yang tidak optimal karena basah, dll. Namun, masalah yang juga ditimbulkan selain kerusakan hardware adalah dari sisi software. Banyak data yang tersimpan dalam HP beresiko rusak atau hilang seperti foto, file dokumen, kontak HP, pesan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita perlu melakukan tips-tips khusus untuk mengatasi HP yang terkena air agar normal kembali.

Jika HP Anda tercebur air misalnya ke dalam wastafel, bak mandi, kloset maka segera ambil dan matikan. Memang sedikit sulit untuk bereaksi cepat ketika suatu kejadian yang tak terduga terjadi. Semakin lama HP Anda berada di dalam air, semakin rendah kemungkinannya untuk diselamatkan. Anda harus bereaksi dengan cepat dan mengeluarkannya dari air segera, meksipun itu di toilet.

Tips Ampuh Mengatasi HP yang Terkena Air
Segera ambil HP yang jatuh ke air

Setelah HP keluar dari air, segera matikan dan cabut baterai, kecuali jika baterainya adalah unibody (baterai menyatu dengan body HP). Meksipun HP tampak kering, air yang sudah masuk dengan cepat dapat menimbulkan arus pendek. Kemudian letakkan di tempat yang aman, sebaiknya di atas permukaan yang datar dengan alas kertas tisu.

Banyak orang melakukan tindakan yang salah untuk menangani HP yang terkena air. Lebih baik berhati-hati sebelum melakukan sesuatu. Sebelum kita melakukan langkah-langkah perbaikan, ada baiknya untuk mencegah hal-hal berikut ini:
  • Jangan menghidupkan HP, seperti yang disebutkan di atas. Komponen listrik di dalam casing tidak akan bekerja dengan baik karena air menyebabkan arus pendek.
  • Jangan men-charge HP.
  • Jangan menekan tombol apapun karena dapat mendorong lebih banyak air masuk ke dalam HP. Usahakan untuk meminimalisir gerakan.
  • Jangan mengguncang atau meniup ke dalam HP. Hal ini juga bisa mendorong air ke area yang lebih dalam. Hindari juga pengering rambut atau hair dryer.
  • Jangan menerapkan panas. Panas yang berlebihan juga dapat merusak HP.
  • Jangan terlalu banyak menggerakkan HP.

Langkah selanjutnya adalah membongkar HP. Membongkar di sini bukan berarti melepas seluruh bagian HP, melainkan melepas segala sesuatu yang memang mudah dilepas, seperti casing, baterai, sim card, SD card, stylus pen, dll. Ambil semua dan keringkan menggunakan kertas tisu.


Tips Ampuh Mengatasi HP yang Terkena Air
Mengeringkan HP yang basah dengan tisu

Sampai langkah ini, jika Anda termasuk seorang yang paham tentang teknologi dan berpengalaman mengenai seluk beluk HP, serta tidak khawatir kehilangan garansi, Anda dapat mulai melepas sekrup untuk melepas bagian yang lebih dalam untuk membantu proses pengeringan.

Setiap Anda melepas bagian HP, Anda akan mendapati air. Pertama kita harus mencoba untuk mengeringkan semua air yang terlihat di bagian luar HP. Gunakan tisu untuk mengeringkan setiap komponen.

Karena ukurannya yang kecil pasti ada area yang tidak dapat dijangkau kertas tisu. Pantangan lain adalah kita tidak boleh meniup ke dalam HP, tapi kita bisa menghisap air menggunakan vacuum cleaner. Pastikan proses penyedotan tidak membuat ponsel terlalu banyak bergerak. Gunakan vacuum cleaner standar, jangan terlalu besar karena malah beresiko merusak bagian HP.

Langkah berikutnya membutuhkan kesabaran, karena kita perlu membiarkan HP tak tersentuh untuk jangka waktu tertentu. Ini berarti Anda tidak dapat menggunakan smartphone Anda. Jika Anda memiliki HP cadangan lain, pastikan kartu SIM benar-benar kering sebelum memasukkannya ke dalam HP yang lain. Jika tidak, bersiaplah untuk melihat kepulan asap.

Jadi bagaimana kita mengeringkannya? Kita cukup meletakkannya di atas meja, terutama dengan suhu kamar. Tapi ada juga trik untuk memaksimalkan proses pengeringan ini. Ide dasarnya adalah untuk menempatkannya dalam sebuah lingkungan yang akan memudahkan proses pengeringan. Cara yang sangat umum adalah dengan meletakkan HP di kantong plastik penuh beras dan membiarkannya selama sekitar 2-3 hari.

Tips Ampuh Mengatasi HP yang Terkena Air
Mengeringkan HP yang basah dengan beras

Pertanyaan yang muncul di benak semua orang adalaha mengapa harus beras? Alasan utama karena beras adalah sesuatu yang sudah tersedia di rumah. Secara ilmiah, beras sangat baik menyerap kelembaban di udara, membuat lingkungan HP kering dan karenanya dapat membantu mengeringkan HP yang basah. Tapi ada alternatif yang bisa lebih baik.

Setelah bersabar selama beberapa hari menunggu HP agar benar-benar kering, saatnya untuk melihat apakah semua usaha Anda terbayar. Keluarkan HP dari kantong berisi beras dan pasang semua bagiannya. Kemudian cobalah untuk menyalakannya. Jika menyala maka Anda telah berhasil memperbaiki HP yang terkena air. Lihat setiap bagian dan perhatikan apakah ada kejanggalan, cobalah untuk mengirim pesan, telepon, koneksi data atau internet, memainkan musik dan video. Setidaknya untuk beberapa hari gunakan seperti biasa karena tidak menutup kemungkinan kerusakan terjadi setelah pemakaian dalam waktu lama.

Kemungkinan terburuk, jika HP tidak berfungsi setelah melakukan cara-cara di atas, saatnya untuk menerima kenyataan dan bawa ke ahlinya untuk melihat apakah masih dapat diselamatkan. Jika tidak maka sudah saatnya membeli HP baru.
Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Tips Ampuh Mengatasi HP yang Terkena Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel