Perawatan Komputer yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan

Perawatan Komputer yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan
Komputer atau laptop Windows menyediakan banyak fitur dan tools untuk merawat sistem operasinya. Namun tidak semua fitur perlu kita jalankan, bahkan ada yang lebih baik tidak dijalankan. Secara umum semuanya memiliki tujuan untuk "mempercepat Windows", "mempercepat kinerja laptop" atau menjaga sistem tetap terpelihara dengan baik, tetapi Windows telah berkembang pesat dan beberapa tools maintenance masih ada meskipun sudah ketinggalan jaman. Terlebih lagi, beberapa malah tidak berpengaruh apapun terhadap kinerja komputer atau laptop Windows Anda, jadi kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis perawatan atau maintenance komputer/laptop yang perlu dan tidak perlu dilakukan.

MAINTENAN/PERAWATAN KOMPUTER YANG PERLU DILAKUKAN:

  • Windows Update
Perawatan Komputer yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan
Windows Update
Windows Update merupakan proses pembaruan sistem Windows yang cukup penting untuk menjaga kestabilan dan keamanan komputer Anda, tapi banyak orang yang mengabaikan Windows Update. Microsoft selalu memperbarui dan memperbaiki kekurangan yang ditemukan pada sistem operasi Windows. Instal update ketika sudah tersedia, dan restart komputer Anda jika diperlukan. Hal ini akan menjaga komputer Anda tetap aman dan stabil. Mungkin tidak semua jenis update harus Anda install, paling tidak install important update dan antivirus.

  • Software Antivirus
Perawatan Komputer yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan
Tampilan Windows Defender pada Windows 10
Ini adalah fakta yang terjadi bahwa virus dan malware selalu mengintai kita, tetapi jika kita menggunakan Windows, kita mungkin perlu perangkat lunak antivirus yang berjalan untuk menjamin keamanan. Tidak perlu membayar mahal untuk membeli antivirus premium, antivirus bawaan Windows yaitu Microsoft Security Essentials (pada Windows 7) atau Windows Defender (pada Windows 8/10) cukup ampuh untuk keamanan standar. Tapi tentu saja, kita dapat menambah pertahanan untuk menghadang serangan lain seperti pengaman browsing, anti-malware, firewall dan lain sebagainya sehingga semua jenis aktivitas Anda terjamin keamanannya. Antivirus bawaan Windows 10 saat ini juga sudah kompatibel dengan antivirus lain sehingga dapat bekerja sama dengan baik tanpa tumpang tindih.

  • Back Up
Perawatan Komputer yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan
Tampilan salah satu program aplikasi back up
Back up sangat berguna jika komputer atau laptop Anda mengalami masalah yang menyebabkan kerusakan data. Baik itu Windows Backup atau aplikasi backup lainnya akan membantu Anda mengamankan data penting. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Recovery untuk membuat cadangan sistem operasi jika sewaktu-waktu sistem tidak dapat bekerja dengan baik, Anda dapat kembali ke titik waktu tertentu ketika sistem masih berjalan normal. Hal ini juga dapat dilakukan secara otomatis agar backup atau recovery diperbarui setiap jangka waktu tertentu.
Baca juga: Membuat Backup Installer Windows

  • Membersihkan File Temporary
Saat berjalan, Windows akan meninggalkan banyak file-file sementara (temporary) di banyak lokasi hardisk Anda sehingga semakin lama akan semakin menumpuk. Untuk itulah kita perlu membersihkannya sekali sesekali. Anda dapat membersihkannya secara manual atau juga memanfaatkan program aplikasi tertentu seperti CCleaner untuk memudahkan proses yang secara otomatis.
Baca juga: Cara Membersihkan File Sampah di Windows

  • Uninstall Program yang Tidak Diperlukan
Uninstall adalah langkah langsung untuk merawat komputer atau laptop kita karena selain meringankan beban prosesor atau RAM juga akan memperluas space hardisk Anda. Penggunaan fitur uninstall Windows pada "Add/Remove Programs" biasanya sudah cukup, tapi menggunakan aplikasi Revo Uninstaller akan memberikan Anda lebih banyak pilihan. Tidak hanya menghapus setiap jejak dari aplikasi dari komputer Anda, tetapi juga membantu Anda menghapus aplikasi tersembunyi atau yang tidak dapat ditemukan, serta mengelola proses startup yang akan membuat PC boot up lebih cepat dan lancar.


MAINTENANCE/PERAWATAN KOMPUTER YANG TIDAK PERLU DILAKUKAN:
  • Disk Defragmenter
Perawatan Komputer yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan
Tampilan Disk Defragmenter
Kecuali Anda masih menggunakan sistem operasi Windows XP, Windows terbaru tidak memerlukan defragmentasi. Memang dulu pemeliharaan menggunakan defrag hardisk berguna untuk menata ulang file dan folder dalam hardisk. Namun waktu telah berubah, bagaimanapun defrag benar-benar tidak diperlukan lagi. Mulai Windows Vista dan 7 secara otomatis melakukan defragment drive, sehingga kita tidak perlu melakukannya secara manual. Jika Anda berada di lingkungan XP, Anda dapat mengatur Disk Defragmenter agar bisa berjalan sesuai jadwal otomatis. Perlu diperhatikan bahwa Disk Defragmenter sangat mempengaruhi disk dan ada perbedaan antara SSD dan HDD. Jika Anda menggunakan solid-state drive (SSD), Anda tidak disarankan menjalankan Disk Defragmenter baik pada sistem operasi Windows XP atau OS terbaru. SSD tidak memerlukannya dengan syarat fitur TRIM diaktifkan.
Baca juga: Tips Agar SSD Laptop Awet

  • Membersihkan Registry
Anda juga mungkin pernah mendengar tentang aplikasi registry cleaner, tapi faktanya adalah bahwa mungkin tidak akan berbuat banyak untuk membantu meningkatkan performa komputer Anda. Masalah registry tidak akan membahayakan komputer Anda, tetapi tetap saja Anda bisa membersihkan registry yang sudah tidak valid atau tidak digunakan.

  • Menginstal ulang Windows Secara Rutin
Kadang-kadang, install ulang Windows tidak dapat dihindari, tetapi selama Anda bisa menjaga sistem komputer atau laptop tetap aman dan terhindar dari virus, tidak ada alasan Anda menginstal ulang Windows secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Hati-hati dengan apa yang Anda download, mencoba program baru, dan menjalankan tool-tool maintenance yang bersebaran di internet. Selama Anda bisa menggunakan Windows dengan lancar tanpa gangguan, Anda tidak perlu menginstall ulang.

Dengan cara-cara perawatan komputer atau laptop di atas, paling tidak kita bisa meningkatkan kinerja sistem tanpa harus berurusan dengan hardware. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk merawat komputernya, jadi jika Anda memiliki tips lain untuk maintenance, silahkan berbagi di kolom komentar. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Perawatan Komputer yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel