Tips Foto Selfie Agar Hasilnya Bagus dan Profesional

Tips Foto Selfie Agar Hasilnya Bagus dan Profesional
Sangat menyenangkan berfoto ria bersama teman-teman, yang saat ini sedang menjadi tren adalah foto selfie. Orang yang suka selfie bisa dikatakan narsis, apalagi jika menggunakan tongsis (tongkat narsis). Tapi, banyak orang tidak tahu cara yang baik untuk mengambil foto selfie menggunakan smartphone, oleh karena itu kita perlu membiasakan diri agar foto selfie kita bagus dan tampak profesional.

Berfoto selfie memang gampang-sampang susah dan bisa menjadi tantangan. Di satu sisi, ukuran panjang tangan kita terbatas, itulah sebabnya terciptalah tongkat narsis. Namun ada ketidaknyamanan ketika menekan tombol sambil menahan lengan tetap stabil dan tidak menghalangi lensa, apalagi jika ditambah berat tongsis. Selain itu masalah pencahayaan juga penting kecuali Anda berdiri di luar ruangan pada siang hari.

Memang, smartphone terbaru membuat selfie lebih mudah, berkat fitur seperti sudut lensa yang lebih luas dan lampu LED atau flash pada kamera depan. Tapi ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas foto selfie agar hasilnya bagus dan maksimal tanpa menggunakan tongsis.
Baca juga: Istilah Penting dalam Fotografi untuk Pemula

Sudut Lengan
Tips Foto Selfie Agar Hasilnya Bagus dan Profesional
Sudut lengan yang tepat akan menghasilkan foto selfie yang baik

Lengan Anda berperan penting ketika mengambil foto selfie. Ketika Anda memegang kamera setingkat atau di bawah mata, hal ini malah dapat terlalu mengekspose bagian dagu. Dagu akan tampak lebih besar sehingga wajah tampak tidak proporsional. Jadi, ketika Anda mengulurkan lengan, pastikan sudut lengan berada di atas kepala, kamera menghadap miring ke arah wajah Anda. Dengan demikain Anda harus memiringkan kepala Anda sedikit ke atas, yang akan membuat dagu lebih proporsional.

Gunakan Timer
Cukup sulit untuk menahan lengan Anda tetap stabil saat terentang. Apalagi ditambah dengan gerakan menekan tombol atau menekan layar untuk melepas shutter, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap goyangan kamera sehingga membuat gambar kabur.
Untungnya, sebagian besar aplikasi kamera sudah memiliki fitur self-timer yang sangat berguna untuk meminimalisir gerakan. Dengan memanfaatkan timer, Anda dapat fokus memegang smartphone dengan stabil tanpa perlu menggerakkan jari menekan shutter. Atur timer sekitar 5-6 detik untuk memberikan waktu kepada Anda dan semua orang yang ikut berselfie agar segera melihat melihat lensa kamera setelah mengetahui posisi di layar.

Manfaatkan Flash
Tips Foto Selfie Agar Hasilnya Bagus dan Profesional
Menambahkan flash jika kamera depan ponsel tidak memilikinya

Lampu flash sangat ampuh untuk mengambil foto selfie karena akan menambahkan fokus ke wajah Anda. Memang tidak semua smartphone dilengkapi dengan flash pada kamera depan. Jika memang demikian, usahakan mengambil gambar saat kondisi cahaya sekitar cukup terang. Posisi paling tepat ketika mengambil gambar di tempat yang tidak terlalu terang adalah dengan kita menghadap ke sumber cahaya dan smartphone membelakangi sumber cahaya. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan cahaya yang menerangi wajah kita.

Pengguna ponsel Android dapat mencoba solusi berbasis aplikasi seperti Selfie Light, yang akan memancarkan cahaya dari layar sebagai pengganti lampu flash. Dari sisi hardware, Anda bisa memasang set lampu LED khusus yang dihubungkan ke jack headphone ponsel Anda.

Buat Ponsel Anda Lebih Mudah Dipegang
Tips Foto Selfie Agar Hasilnya Bagus dan Profesional
Smartphone lebih mudah dipegang menggunakan holder

Salah satu alasan tongkat narsis begitu populer adalah karena dapat membantu memegang ponsel dengan lebih mudah dan panjang. Tapi tanpa menggunakan tongsis kita tetap bisa menghasilkan foto selfie yang bagus. Pilihan alat lain untuk memudahkan pegangan tangan adalah dengan holder, seperti.
Holder digunakan untuk menambahkan satu set jari pengait pada bagian belakang ponsel Anda. Hal ini tidak hanya membantu Anda memegang lebih aman dan juga mengoperasikannya dengan satu tangan, tetapi juga memberikan Anda cara yang lebih nyaman untuk memegang ponsel selama narsis. Alih-alih mencengkeram di bagian tepi, Anda dapat menggeser jari Anda melalui loop.

Menempelkan Smartphone di Dinding atau Kaca
Tips Foto Selfie Agar Hasilnya Bagus dan Profesional
Menempelkan smartphone di dinding atau kaca

Jika menggunakan tongkat narsis kita tetap harus memegangnya dengan hati-hati, hingga muncul inovasi dengan menempelkan smartphone di permukaan seperti dinding atau kaca.
Alat ini berupa lembaran tipis yang dirancang khusus dengan perekat pada kedua sisinya sehingga smartphone dapat menempel dengan kuat. Cara ini dapat digunakan hampir di semua permukaan datar. Dengan demikian, sekarang Anda dapat menggunakan self-timer dan tanpa goyangan.
Lembaran ini memang tidak dirancang untuk menahan ponsel pada permukaan dalam waktu yang lama, tapi cukup untuk mengambil beberapa foto.

Belum ada Komentar untuk "Tips Foto Selfie Agar Hasilnya Bagus dan Profesional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel