Membersihkan File Sampah Android

Membersihkan File Sampah Android
Smartphone saat ini sudah menjadi perangkat serba bisa yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Android menjadi pilihan banyak orang karena kemudahan penggunaan dan kustomisasi sesuai dengan keinginan pengguna. Anda pasti pernah merasakan semakin lama Anda menggunakan smartphone, akan ada rasa penurunan kinerja. Hal ini mungkin disebabkan karena menumpuknya file-file sampah di sistem Android Anda. Itulah sebabnya kita perlu membersihkan file sampah pada Android agar kinerja smartphone kita kembali seperti sedia kala.

Hal ini mirip dengan sistem operasi Windows, semakin lama digunakan akan muncul semakin banyak file-file yang digunakan oleh OS. Sebesar apapun kapasitas penyimpanan smartphone Anda, akhirnya Anda harus mempertimbangkan untuk mengatur penggunaan ruang agar kinerja perangkat optimal.
Baca juga: Cara Membersihkan File Sampah di Windows

Membersihkan file sampah Android mungkin tampak sederhana, tetapi ada aspek penting yang harus kita pertimbangkan, yaitu solusi yang pasti yang komprehensif. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan Android dan setidaknya dapat mengorganisir media penyimpanan dan memori.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Aplikasi aktif akan menggunakan sumber daya sistem Anda baik dari sisi penyimpanan, RAM dan daya, oleh karenanya kita perlu memastikan bahwa hanya aplikasi yang kita butuhkan saja yang terinstall pada perangkat Android. Terutama bagi Anda yang membeli smartphone Android bundling dengan operator tertentu biasanya banyak terdapat aplikasi bawaan yang berlebihan yang belum tentu kita gunakan.

Menonaktifkan Aplikasi Pre-Loaded
Aplikasi Pre-Loaded merupakan aplikasi bawaan vendor dan biasanya termasuk jenis aplikasi sistem sehingga kita tidak bisa menghapusnya. Salah satu cara untuk menghapus aplikasi ini adalah dengan melakukan root pada perangkat Android Anda. Rooting smartphone Android memang cukup beresiko, salah satunya adalah kerusakan sistem sehingga ponsel tidak dapat booting. Selain itu rooting menyebabkan hilangnya garansi smartphone Anda.
Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Root Android

Tapi, Anda dapat melakukan cara lain yang lebih aman yang membantu menghapus aplikasi pre-loaded yang tidak diinginkan, mencegahnya berjalan di background secara otomatis yang dapat menghabiskan space dan power.

Berikut adalah langkah-langkah secara umum untuk mematikan atau menghapus aplikasi pre-loaded dan mungkin berbeda pada tiap perangkat:

Buka Settings > Apps atau Application Manager, atau dengan nama sejenis.
Anda akan menemukan semua aplikasi yang terinstall pada perangkat Anda.
Pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Akan muncul properti aplikasi tersebut dengan tombol Uninstall Updates di kanan atas dan Force Stop di kiri atas. Jika tombol kanan hanya tertulis Uninstall maka aplikasi tersebut bukanlah pre-loaded sehingga kita bisa benar-benar menghapusnya dari perangkat. Pilih Uninstall Updates untuk menghapus update dari aplikasi dan Force Stop untuk menghentikan aplikasi tersebut.
Membersihkan File Sampah Android
Uninstall Updates untuk membersihkan file sampah di Android

Jika aplikasi tersebut adalah aplikasi pre-loaded, akan muncul tombol Disable setelah Anda memilih tombol Uninstall Updates. Tekan tombol Disable untuk menghentikan aplikasi ini agar tidak berjalan secara otomatis di latar belakang. Jika Anda ingin aplikasi diaktifkan lagi, cukup ikuti langkah-langkah di atas dan pilih opsi Enable.
Membersihkan File Sampah Android
Proses Uninstall Updates untuk membersihkan file-file sampah Android

Anda dapat mengetahui aplikasi dengan ukuran besar di perangkat Anda dengan membuka menu Settings > Storage dan pilih Apps atau Application. Aplikasi akan ditampilkan urut berdasarkan ukuran, aplikasi dengan ukuran terbesar akan berada di paling atas. Hapus aplikasi yang sekiranya tidak Anda gunakan lagi. Periksa dengan teliti aplikasi yang tidak lagi digunakan atau bahkan Anda tidak tahu fungsi dari aplikasi tersebut.

Hapus File Sampah Android Yang Tidak Lagi Digunakan
Sama seperti komputer, perangkat Android juga menggunakan banyak file agar sistem dapat berjalan dengan baik yang akhirnya akan membuat banyak file sampah, dan Anda harus secara berkala menyingkirkan file sampah ini untuk mengoptimalkan kinerja Android, serta membuat lebih banyak ruang penyimpanan.

Salah satu cara membersihkan file-file yang tidak digunakan lagi adalah dengan membersihkan cache aplikasi. Sama seperti langkah sebelumnya dengan membuka Apps, buka salah satu aplikasi dan pilih tombol Clear Cache.
Membersihkan File Sampah Android
Membersihkan File Sampah Android dengan Clear Cache

Selain itu, jika Anda sering mengambil gambar dan memiliki banyak file foto atau gambar, secara otomatis akan muncul folder dengan nama thumbnail. Folder ini biasanya berukuran cukup besar dan secara otomatis dibuat saat Anda membuka file-file gambar di perangkat.
Membersihkan File Sampah Android
Membersihkan File Sampah Android yang sudah tidak digunakan lagi

Pada gambar dapat Anda lihat ada lebih dari satu file thumbnail dengan ukuran masing-masing sekitar 300 MB. Kita dapat menghapusnya secara manual melalui file manager. Namun biasanya folder thumbnail ini tersembunyi sehingga membutuhkan akses root.

Ada juga beberapa jenis aplikasi khusus untuk membersihkan file-file sampah di Android yang dapat Anda download dari Google Play Store. Namun hati-hati karena aplikasi seperti ini bisa saja malah memperberat sistem.

Menjaga Sistem Tetap Optimal
Menjaga perangkat Android Anda tetap bersih dan berfungsi secara efisien juga tergantung pada bagaimana Anda melindunginya dari ancaman eksternal. Beberapa masalah terbesar yang menyebabkan kerusakan perangkat dan hilangnya data karena Virus, Malware, Ransomware atau Adware, yang biasanya tanpa sengaja terinstall saat Anda mendownload sesuatu dari internet.
Baca juga: Antivirus Gratis Terbaik untuk Android

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu menjaga perangkat Android Anda tetap aman:

Pastikan perangkat Anda selalu update dengan versi terbaru dari Android. Google dan produsen smartphone Anda biasanya akan memperbarui sistem dengan perbaikan-perbaikan.
Usahakan hanya menginstall aplikasi yang resmi dari Google Play Store. Banyak aplikasi pihak ketiga di luar sana yang menawarkan aplikasi yang mungkin tidak ada di Google Play Store.
Ketika men-download aplikasi, luangkan sedikit waktu untuk membaca data apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi tersebut, misalnya akses network, accelorometer, sound, dll. Jika sebuah aplikasi meminta ijin untuk sesuatu yang tampaknya aneh seperti username dan password, lebih baik untuk tidak menginstallnya.
Membersihkan File Sampah Android
Peringatan sebelum menginstall aplikasi

Hindari mengakses internet menggunakan koneksi tidak aman. Banyak akses jaringan gratis di sekitar kita tapi tidak semua menggunakan jaringan yang aman.
Jika perlu pasang aplikasi keamanan atau antivirus.

Jika perangkat Android Anda tidak berkinerja optimal, atau tempat penyimpanan mulai penuh, cobalah tips-tips di atas. File sampah di Android memang bisa cukup mengganggu, memenuhi ruang penyimpanan, memperberat RAM dan juga membutuhkan banyak daya baterai.

Belum ada Komentar untuk "Membersihkan File Sampah Android"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel