Inilah Perbedaan Antara Notebook, Netbook dan Ultrabook

Inilah Perbedaan Antara Notebook, Netbook dan Ultrabook
Mungkin sekitar 10 tahun lalu pasar komputer mobile didominasi oleh laptop atau notebook. Namun masih ada beberapa alternatif perangkat komputasi tradisional seperti tablet PC, PDA (Personal Digital Assisstant) dan juga beberapa jenis smartphone yang bisa melakukan fungsi komputasi dasar. Tapi jika diperhatikan komputer laptop menjadi penentu standar untuk komputasi mobile, bahkan beberapa perusahaan memproduksi laptop dengan kemampuan yang hampir sama seperti komputer desktop. Inilah yang membuat orang biasanya salah memahami bahwa ada perbedaan antara laptop atau notebook, netbook dan ultrabook.


Saat ini mungkin notebook tradisional sedang berkompetisi di pasar komputasi mobile. Hal ini dapat membingungkan bagi konsumen awam yang memberikan banyak pilihan, fitur dan jenis baru saat akan membeli laptop. Mungkin ada yang hanya menyebutnya laptop, notebook, netbook dan ultrabook, mobile PC dan lain-lain. Tapi apa perbedaan masing-masing sebutan tersebut?

Jawaban pertanyaan di atas tergantung pada kepada siapa Anda bertanya. Salah satu orang mungkin menyebutnya netbook sementara yang lain bersikeras itu notebook. Tidak ada definisi yang umum di mana Anda dapat mengandalkan. Tidak semua customer service dan penjual laptop memahami apa yang membedakannya.
Baca juga: Kesalahan Dalam Memilih dan Membeli Laptop

Namun demikian, ada beberapa pedoman umum yang bisa kita gunakan. Baik notebook, netbook dan ultrabook sekilas memiliki bentuk yang sama dengan layar dan keyboard, secara fisik pembeda utamanya adalah ukuran. Secara umum, netbook lebih kecil dan lebih ringan dari notebook. Tetapi tidak ada standar ukuran atau berat khusus, jadi misalnya ada laptop dengan ukuran 11 inch, apakah termasuk netbook atau notebook? Di sinilah timbul perdebatan.

Beberapa orang menggunakan istilah notebook atau laptop karena banyak produk baru di pasaran lebih kecil dan lebih ringan dari sebelumnya. Seiring teknologi berkembang, produsen dapat mengemas lebih banyak fitur ke dalam ukuran yang lebih kecil.

NOTEBOOK
Notebook menjadi standar umum dengan ukuran layar mulai dari 12-17 inci dan berat sekitar 2-3 kg. Idealnya, notebook memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup baik. Banyak produsen menawarkan harga tinggi untuk kenyamanan dengan ukuran kecil dengan tenaga besar.

Inilah Perbedaan Antara Notebook, Netbook dan Ultrabook
Notebook

Notebook masih menjadi pilihan banyak orang karena mereka tidak begitu paham bahwa ada berbagai ukuran laptop yang bisa dipilih. Pasar indonesia saat ini tampaknya juga masih mengikuti standar ini karena kebanyakan konsumen adalah orang awam. Tapi bagi orang yang menggunakan laptop sebagai senjata utama ketika bekerja pasti akan menentukan pilihan sesuai preferensinya. Misalnya, seorang blogger yang sering melakukan perjalanan akan memilih laptop yang tidak terlalu berat tapi memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.
Baca juga: Trik Memperpanjang Daya Tahan Baterai Laptop

NETBOOK
Netbook bisa dibilang pendatang baru di pasar komputer. Definisi umum untuk netbook adalah ukurannya yang lebih kecil, tenaga yang tidak sehebat notebook, lebih murah, tapi membutuhkan lebih sedikit daya karena sebagian besar menggunakan teknologi Atom.

Inilah Perbedaan Antara Notebook, Netbook dan Ultrabook
Netbook

Ketika pertama kali muncul, netbook tampaknya bertentangan dengan perkembangan teknologi. Selama bertahun-tahun, strategi yang berlaku untuk konsumen komputer adalah dengan memproduksi perangkat komputasi yang lebih cepat dan kuat dengan fitur-fitur baru. Tapi sebagian konsumen seakan mulai memahami bahwa mereka tidak memerlukan perangkat yang terlalu mutakhir untuk pekerjaan ringan sehari-hari. Perkembangan web dan teknologi online mengambil peran dalam komputasi, fitur pengolahan dan pemrosesan komputer menjadi berkurang.

Meskipun masih ada perbedaan pendapat pada spesifikasi khusus untuk netbook, pada umumnya netbook memiliki layar lebih kecil mulai dari 10-12 inci dan berat hanya 0,5-1 kg dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan notebook.

ULTRABOOK
Ultrabook sebenarnya adalah sebutan dari spesifikasi dan merek dagang dari Intel. Ultrabook adalah sebuah komputer notebook mini yang dirancang untuk menyediakan fungsionalitas komputasi yang sama atau bahkan lebih tinggi dari laptop standar tetapi dengan ukuran yang lebih kecil dan tipis, lebih ringan dan daya tahan baterai yang lebih lama.

Inilah Perbedaan Antara Notebook, Netbook dan Ultrabook
Ultrabook

Namun istilah ultrabook telah meluas dan merujuk ke kategori baru dari teknologi laptop yang berada di antara tablet dan netbook, namun dengan fitur dan kemampuan yang tidak kalah dari notebook. Ultrabook sudah terintegrasi dengan prosesor rendah daya (CULV: Consumer Ultra-Low Voltage), kartu grafis, SSD (solid state drive) dan port eksternal yang terbatas. Secara umum, ultrabook juga dapat disebut laptop ultrapotable ultramobile PC.
Baca juga: Perbedaan SSD dan HDD

Konsep ultrabook bertujuan sebagai solusi yang seimbang antara notebook dan tablet. Ultrabook menyerupai notebook tapi memberikan portabilitas seperti tablet. Saat ini juga sudah banyak beredar ultrabook yang bisa digunakan seperti layaknya tablet, baik itu dengan cara dilipat, diputar atau bahkan dapat dilepas antara layar dan keyboard. Ultrabook harus didukung oleh prosesor Sandy Bridge, Ivy Bridge dan Haswell, yang mengkonsumsi lebih sedikit daya baterai tapi tetap memberikan kekuatan pemrosesan yang sama dengan notebook standar.

Ultrabook memiliki desain ramping dan tipis dibandingkan dengan notebook sehingga sering keliru disebut netbook. Padahal netbook hanya memiliki kekuatan komputasi yang rendah dan umumnya tidak memiliki fitur high end seperti ultrabook.

Jika kita perhatikan, salah satu fitur penting yang sedang berkembang adalah mobilitas. Orang ingin dapat menggunakan perangkat komputasi yang cepat dan kuat, tapi portable, ringan dan tidak berat serta mudah dibawa. Apalagi saat ini juga sudah mulai berkembang teknologi cloud storage dimana perangkat hanya digunakan untuk mengakses data di tempat lain.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan mendasar antara netbook, notebook dan ultrabook. Semoga dengan adanya artikel ini pembaca bisa memahami masing-masing keunggulan dan kekurangannya, sehingga dapat menentukan jenis laptop yang sesuai.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Perbedaan Antara Notebook, Netbook dan Ultrabook"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel