Penyebab Laptop Cepat Panas

Penyebab Laptop Cepat Panas
Solusi laptop yang cepat panas - Laptop telah mengalami perkembangan yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Peningkatan tajam dalam hal kinerja dengan chip yang semakin padat dengan transistor, kecepatan yang lebih tinggi. Secara paralel, jumlah prosesor digandakan, hardware dimasukkan ke dalam casing yang lebih ramping, dan kartu grafis yang lebih baik memberikan tampilan layar yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi. Semua perkembangan memiliki dampak negatif yaitu menjadi salah satu penyebab laptop cepat panas.

Ancaman terbesar bagi laptop kita selain cangkir kopi yang tumpah ke keyboard, adalah cepat panas. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan hardware dan kerusakan permanen. Oleh karena itu kita perlu mengetahui cara-cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah atau memperbaiki laptop yang cepat panas sehingga diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan memperpanjang umur laptop kita.

Overheating atau laptop yang memiliki suhu di atas rata-rata biasanya diikuti masalah hang, laptop mati sendiri hingga tidak dapat dinyalakan merupakan masalah laptop yang sangat umum. Gejala umum dari overheating laptop mencakup beberapa masalah berkut ini:
  1. Laptop sangat panas jika disentuh, terutama di sekitar area kipas pendingin
  2. Kipas laptop terus berjalan pada kecepatan tinggi
  3. Laptop mati dengan sendirinya ketika digunakan
  4. Laptop mati saat bermain game
  5. Masalah panas laptop atau mati sendiri menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu.
Tanda-Tanda Laptop Overheating
Tanda-tanda laptop Anda terlalu panas adalah ketika kipas laptop selalu berjalan pada kecepatan maksimum. Anda juga mungkin mengalami penurunan kinerja karena kecepatan clock prosesor menurun untuk menghindari kerusakan dari tekanan panas. Selain itu, kegagalan software dapat memicu shutdown tiba-tiba untuk mencegah kerusakan hardware.
Baca juga: Trik Mempercepat Kinerja Prosesor

Berbagai Masalah Penyebab Laptop Cepat Panas
Masalah utama laptop cepat panas adalah masalah pendinginan, yaitu kipas dan heat sink. Hal ini termasuk debu yang menumpuk di port pembuangan, atau compound atau pasta yang terletak di antara heat sink dan CPU sudah tidak berfungsi lagi.

Cara Mencegah atau Memperbaiki Laptop Cepat Panas
Ada beberapa langkah pencegahan dan perbaikan hardware untuk mengatasi masalah overheating.
  • Perbaiki pendingin internal
Hal pertama dan paling penting yang perlu Anda lakukan ketika laptop Anda terlalu panas, adalah membersihkan kipas yang berfungsi untuk mendinginkan CPU dan kartu grafis. Seiring waktu lapisan debu dan kotoran yang menumpuk akan memperlambat putaran dan megnhalangi aliran udara.
Penyebab Laptop Cepat Panas
Penyebab Laptop Cepat Panas Karena Debu Menumpuk

Selanjutnya, Anda dapat bisa membersihkan port pembuangan dengan mengisap udara menggunakan vacuum cleaner. Port pembuangan biasanya berada di samping dan bawah laptop.

Anda juga dapat mengganti pasta antara CPU dan heat sink dengan yang baru. Jika Anda belum berpengalaman ada baiknya berkonsultasi dengan ahli IT untuk memperoleh petunjuk tentang yang tepat melakukannya.
  • Gunakan laptop di atas permukaan datar dan keras
Kebanyakan laptop menghisap udara melalui bagian bawah untuk mendinginkan CPU. Jika laptop digunakan di permukaan yang tidak rata seperti selimut, bantal, atau pangkuan Anda, aliran udara ke dalam laptop dapat terganggu, yang akhirnya menyebabkan pendinginan tidak optimal, panas tidak dapat keluar, permukaan menjadi overheating, suhu udara meningkat, dan akhirnya laptop terlalu panas.

Skenario ini dapat dihindari dengan menjaga laptop selalu pada permukaan yang keras dan datar. Anda dapat menempatkannya di atas meja kaca atau menggunakan sesuatu yang sederhana seperti nampan atau meja laptop khusus.

Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop
  • Pendingin laptop eksternal
Penggunaan pendingin laptop eksternal bertujuan untuk memberikan pendinginan tambahan. Namun, pendingin yang salah justru bisa membuat masalah ini lebih buruk. Sebelum Anda membeli pendingin laptop eksternal, Anda perlu memahami aliran udara yang masuk dan keluar dari laptop Anda.
Penyebab Laptop Cepat Panas
Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Pendingin Eksternal

Seperti disebutkan di atas, kebanyakan laptop menghisap udara untuk pendinginan dari bawah. Ini masuk akal karena udara hangat naik ke atas. Namun, pendingin yang ditempatkan di bawah laptop dan mengisap udara, tidak memberikan dukungan untuk pendinginan laptop dan malah menyebabkan overheating terjadi lebih cepat.

Jika laptop Anda menghisap udara dari bawah, belilah pendingin eksternal yang meniup udara ke atas, yaitu ke dalam laptop. Anda juga bisa membeli pendingin pasif yang tidak membutuhkan daya dan hanya menyerap panas.

Manajemen Software
Jika tidak ada perbaikan hardware yang berhasil menurunkan suhu laptop, Anda dapat memulai perbaikan secara software untuk meringankan kinerja dan penggunaan daya dari laptop Anda.

Anda dapat mengurangi kecerahan layar atau mengurangi kecepatan clock CPU. Pada Windows, underclocking atau undervolting dilakukan di BIOS, tetapi juga dapat dikontrol melalui perangkat lunak tertentu. Gunakan program aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan tutup yang tidak dipakai.

Laptop yang cepat panas memang menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani. Panas dapat merusak hardware secara permanen, kita juga tidak akan merasa nyaman bekerja di sekitar sumber panas yang membuat kita merasa gerah. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kita bisa mengetahui penyebab laptop cepat panas dan bagaimana metode terbaik untuk mencegah serta memperbaikinya.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Laptop Cepat Panas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel