Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air

Mengatasi keyboard laptop yang terkena air - Pernahkah Anda tanpa sengaja menumpahkan minunman di atas keyboard laptop dan membuat laptop Anda tidak bekerja? Hal ini merupakan masalah umum yang sering terjadi, tetapi dampak yang ditimbulkan sangat bervariasi, dapat mencakup kerusakan listrik dan fisik, mulai dari konsleting hingga korosi jangka panjang. Tergantung banyak pada jenis cairan, kuantitas dan seberapa cepat Anda bereaksi, kita dapat memperbaiki sendiri keyboard laptop yang terkena air.

Air biasa memiliki efek yang berbeda dibandingkan minuman lain seperti kopi atau teh. Minuman dapat mengandung banyak gula, madu, susu atau campuran lain. Masalahnya adalah minuman seperti ini bisa meninggalkan residu meskipun sudah kering. Semakin banyak residu, semakin besar risikonya, yang berakhir harus mengganti keyboard daripada untuk membersihkannya, jika bagian lain dari laptop masih bekerja.

Langkah pertama yang perlu dilakukan jika ada cairan yang tumpah ke keyboard laptop adalah segera mematikan dan mencabut sumber listrik, baik dari colokan ke listrik dan kemudian keluarkan baterai secepat mungkin. Hal ini akan mengurangi resiko kerusakan karena konsleting. Jika baterai laptop Anda uni-body sehingga tidak dapat dilepas, langkah yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menutup bagian bawah dan cobalah untuk menjaga posisi laptop terbalik untuk mengurangi risiko cairan membasahi motherboard.

Baca juga: Kegunaan Tombol Fungsi F1-F12 Keyboard pada Windows

Kita bisa menggunakan apa pun yang berguna untuk menghilangkan sebanyak mungkin cairan yang terjangkau. Kita bisa memanfaatkan kain bersih atau kain khusus microfibre, atau saputangan yang bersih. Jika tidak ada, alternatif lain adalah menggunakan kertas tisu. Tujuan kita melakukannya adalah mengeringkan, jadi cobalah untuk meresapkan air daripada mengusapnya, mengingat bahwa kain dan tisu juga dapat meninggalkan residu.

Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air
Membersihkan cairan pada keyboard menggunakan kain bebas serat

Jika tumpahan cukup banyak, kita bisa memiringkan laptop agar cairan menuju ventilasi udara dan menggoyangnya perlahan untuk mengeluarkan cairan. Jika bisa buka casing bagian bawah dan melepas hardisk, tapi Anda harus berhati-hati untuk tidak menyentuh bagian elektronik lainnya.

Jika cairan tersebut mengandung banyak kandungan yang berpengaruh terhadap listrik, dan meninggalkan residu, bersihkan laptop dengan kain bebas serat basah.

Baca juga: Asal Mula Susunan Keyboard QWERTY

Jika kita telah melakukan langkah-langkah yang kita bisa, letakkan laptop di tempat yang hangat dan kering dengan posisi keyboard di bawah selama setidaknya satu hari dan sebaiknya selama dua hari. Jangan gunakan alat seperti pengering rambut karena malah akan meniup debu panas ke area yang lengket.

Langkah berikutnya tergantung pada kuantitas dan jenis cairan. Jika Anda hanya menumpahkan sejumlah kecil air bersih di atasnya, masalah akan teratasi dengan mudah. Jika laptop Anda telah tersiram dengan minuman kopi susu karamel dengan campuran krim, maka akan membutuhkan pembersihan menyeluruh. Anda dapat membersihkannya sendiri, tetapi membutuhkan banyak waktu dan usaha. Jika memang tidak memungkinkan Anda bisa ke service center, tetapi jika laptop tersebut murah, biaya pembersihan mungkin bisa tidak sepadan.

Bila Anda yakin laptop sudah benar-benar kering, Anda dapat memasang baterai dan melihat apakah laptop dapat menyala. Jika laptop dapat masuk sistem operasi, pastikan segala sesuatu dapat bekerja seperti semula. Jika keyboard tidak berfungsi, cobalah mencolokkan keyboard USB. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil membuat backup data penting mumpung laptop dapat menyala.

Anda dapat membersihkan keyboard lengket menggunakan kain basah atau sikat yang lembut dengan air sebelum pengeringan secara menyeluruh, dan dalam kasus tertentu ada juga yang mencoba menggunakan spirtus, alkohol atau etanol. Tergantung dari jenis keyboard dan kerusakannya, mungkin jauh lebih mudah untuk mengganti keyboard daripada untuk membersihkannya.

Tumpahan minuman adalah risiko untuk laptop di banyak tempat, termasuk cafe, tempat makan, kantor dan tempat publik lainnya. Jika Anda menggunakan laptop di rumah, Anda dapat mengurangi risiko dengan menempatkan laptop pada penyangga (atau benda apapun agar laptop berada pada posisi lebih tinggi) dan menggunakan mouse dan keyboard eksternal. Cobalah untuk menempatkan laptop pada posisi strategis sehingga bagian atas layar kira-kira sejajar dengan alis mata, sementara keyboard sejajar dengan siku. Hal ini akan menempatkan kita dalam posisi yang lebih baik, ergonomis dan jika Anda menumpahkan minuman akan lebih besar kemungkinannya untuk merusak keyboard USB yang jauh lebih murah harganya daripada keybard laptop.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel