Cara Paling Mudah Membuat Simbol di MS Word

Cara Paling Mudah Membuat Simbol di MS Word
Membuat Simbol di MS Word - Ada kalanya ketika kita sedang bekerja menggunakan MS Word, kita ingin menyisipkan simbol-simbol khusus, misalnya simbol panah, smiley, copyright dan lain sebagainya. Kita bisa saja mencari di bagian Insert Symbol, tapi tahukah Anda bahwa ada cara paling mudah untuk membuat simbol yaitu dengan shortcut?

Pada komputer standar, banyak karakter yang tidak terkait langsung dengan keyboard yang dapat digunakan dengan menggunakan shortcut tombol ALT dan Numpad. Fitur ini juga tersedia dalam banyak sistem operasi, termasuk DOS dan Microsoft Windows. Tapi sayangnya bagi pengguna Linux ada yang berpendapat bahwa metode ini tidak dapat digunakan karena memang Linux merupakan sistem operasi open source yang dikembangkan oleh banyak orang, namun ada cara lain untuk menggunakannya.

Baca juga: Membuat Daftar Isi Otomatis pada MS Word

Windows membedakan kode numerik untuk huruf aksen, karakter asing lainnya dan simbol matematika khusus. Misalnya kode untuk huruf kecil ö adalah 0148, dan kode untuk Ö adalah 0153.

Untuk menyisipkan simbol kita cukup menekan tombol Alt + kode angka. Kode angka merupakan angka yang dimulai dari 1 hingga 255 yang mewakili sebuah karakter khusus.

Cara Paling Mudah Membuat Simbol di MS Word
 
Baca juga: Kegunaan Tombol Fungsi F1-F12 Keyboard pada Windows

Tempatkan kursor di tempat di mana Anda ingin menyisipkan karakter khusus.
  • Aktifkan tombol numeric pad di sebelah kanan keyboard dengan menekan Num Lock. Jika lampu indikator Num Lock menyala menunjukkan bahwa numpad sudah aktif.
  • Tekan dan tahan tombol ALT, kemudian ketik kode digit angka pada tombol numeric pad.
  • Lepaskan tombol ALT. Karakter atau simbol akan muncul ketika tombol ALT dilepaskan.
Tabel kombinasi untuk membuat Simbol

Misal kita jika kita menekan tombol Alt + 1 maka akan muncul simbol ☺
Metode ini sebenarnya juga bekerja pada aplikasi selain MS Word. Kita juga bisa memanfaatkan teknik ini untuk membuat simbol di berbagai aplikasi di sistem operasi Windows.

Perlu diperhatikan bahwa kita harus menggunakan tombol numeric pad. Banyak laptop tidak memiliki keypad numerik terpisah, umumnya kita dapat mengaktifkan Numpad dengan menekan kombinasi tombol untuk mengaktifkan numpad (biasanya berlabel "Fn"). Kombinasi ini tidak akan berhasil jika Anda menggunakan tombol angka di bagian atas keyboard.

Belum ada Komentar untuk "Cara Paling Mudah Membuat Simbol di MS Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel