Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat
Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat - Saat ini kita hidup di era digital di mana mengetik hampir merupakan kegiatan sehari-hari terutama untuk pada pekerja di berbagai sektor. Itulah sebabnya belajar cara penggunaan keyboard yang tepat sangat penting. Tidak hanya dapat menjadikan kita lebih produktif dan mengerjakan sesuatu lebih cepat, tapi juga dapat memungkinkan kita berpacu dengan otak. Umumnya kita dapat mengetik lebih cepat ketika mengetikkan apa yang ada dalam pikiran kita, berbeda hasilnya jika kita harus mengetik teks yang sudah ada. Oleh karena itu, kita perlu mempelajari cara mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat.

Ada berbagai cara orang mengetik, yang paling banyak digunakan adalah mengetik dengan 10 jari. Memang terbukti metode ini cukup efektif. Tapi selain itu, kita juga harus memiliki kebiasaan yang dapat mendukung cara mengetik dengan 10 jari. Ketika belajar kita harus memiliki komitmen dan tidak mudah terlena dengan kebiasaan lama menggunakan 11 jari.

Tinggalkan kebiasaan buruk
Meninggalkan kebiasaan mengetik yang tidak baik mungkin adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Anda mungkin menggunakan metode pengetikan yang sama sejak Anda mulai menggunakan keyboard, posisi jari hingga telapak tangan.
Ada juga orang yang terbiasa mengetik dengan 11 jari, yaitu hanya dua jari telunjuk, yang menekan sepuluh atau lebih tombol, selalu melihat tiap tombol pada keyboard untuk menekan kunci yang tepat. Meskipun Anda mungkin dapat mengetik cepat dengan hanya setengah dari jari-jari yang diperlukan, usahakan untuk menerapkan cara mengetik yang tepat.

Gunakan 10 jari
Langkah berikutnya adalah untuk mempelajari kembali penempatan jari yang benar pada keyboard. Jika Anda memperhatikan tombol keyboard, Anda akan melihat sedikit tonjolan pada tombol F dan J. Hal ini untuk membantu Anda menemukan penempatan jari yang benar tanpa harus melihat keyboard. Idealnya, jari telunjuk Anda harus standby pada tombol F dan J sehingga jari-jari lainnya akan berada di tempat yang tepat.
Biasanya, gambar keyboard pada tutorial mengetik terlihat kode warna yang menunjukkan jangkauan tombol untuk masing-masing jari. Setiap jari memiliki bagian sendiri pada keyboard.

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat
Layout setiap jari untuk masing-masing tombol keyboard

Mengetik tanpa melihat
Selanjutnya adalah dengan mengetik tanpa melihat. Ketika kita mengetik berkas, kita terpaku pada teks yang harus diketik, bukan bingung mencari tombol mana yang harus ditekan. Hal ini memang membutuhkan latihan dan kebiasaan. Hal ini bisa berhari-hari hingga berminggu-minggu sebelum masing-masing jari mengambil kontrol untuk masing-masing tombol. Bahkan jika hal ini malah memperlambat Anda ketika mengetik, jangankembali ke kebiasaan lama Anda.
Coba ketikkan kalimat tanpa melihat keyboard, dan usahakan untuk mengingat posisi setiap huruf. Jika Anda terpaksa harus mengintip keyboard tidak masalah, tapi jika muncul kata yang sama, ketiklah tanpa melihat keyboard. Dibutuhkan waktu untuk membiasakannya dan semakin lama Anda akan terbiasa.
Pada akhirnya Anda akan tahu di mana posisi setiap tombol dan semua tergantung dalam hal kecepatan.

Biasakan diri dengan shortcut dasar keyboard
Tidak mengherankan mengapa Windows dan sistem operasi lain memiliki begitu banyak shorcut keyboard. Karena memang kedua tangan sebagian besar waktu berada pada keyboard, daripada menghabiskan waktu menggunakan mouse. Anda tidak perlu mengingat semua shortcut, gunakan yang lebih umum saja.

Berikut beberapa artikel yang berhubungan dengan penggunaan shorcut:
Shortcut Keyboard Windows 7
Shortcut Windows Vista
Shortcut Keyboard Google Chrome
Kegunaan Tombol Fungsi F1-F12 Keyboard pada Windows


Selain itu kita juga dapat praktik mengetik menggunakan aplikasi, bahkan ada sejenis game yang dapat kita manfaatkan untuk melatih kemampuan mengetik 10 jari. Saat ini banyak juga website yang menyediakan tutorial dan praktikum langsung untuk mengetik seperti TypeRacer, Touch Typing Study, dan lain sebagainya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel