Mempercepat Android yang Lemot

Mempercepat Android yang Lemot
Kita semua sudah berada di era teknologi baru, terutama perangkat smartphone Android yang dilengkapi dengan komponen komputasi yang sangat kompleks, yang dapat melakukan bermacam pekerjaan seperti memeriksa email, berselancar di web, membuat dokumen, mengambil gambar hingga mengendalikan perangkat elektronik lain seperti TV. Tapi tanpa kita sadari, semakin lama kita menggunaka perangkat Android, semakin lambat kinerjanya. Bagaimana cara membuatnya cepat kembali?


Seiring perkembangan waktu, sistem operasi Android akan mengalami perubahan. Program-program aplikasi membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuka dan dijalankan, transisi dan animasi antar program memakan waktu lebih lama dibandingkan saat pertama kali kita membelinya. Penurunan kecepatan kinerja bisa menimbulkan sedikit rasa frustrasi, terutama ketika hang. Barulah Anda menyadari bahwa perangkat Android mulai melambat.

Tapi tidak perlu khawatir. Hal ini terjadi hampir di setiap perangkat komputasi, termasuk smartphone Android yang ada di saku Anda. Kabar baiknya adalah ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kinerja yang lambat dan membuatnya kembali cepat seperti sedia kala. Trik-trik berikut tidaklah sulit, beberapa dapat Anda lakukan sendiri.

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan
Semakin banyak aplikasi yang ada di handphone kita, semakin berat beban yang harus ditangani. Kita biasa mendownload aplikasi dari Play Store, mencobanya satu atau dua kali, kemudian melupakannya begitu saja. Aplikasi-aplikasi tersebut tersimpan, semakin lama akan membuat ponsel Anda lambat karena tetap menggunakan sumber daya seperti CPU untuk proses background, memerlukan space di memori dan di media penyimpanan.
Untuk menghapus aplikasi yang telah Anda download, Anda dapat membuka pengaturan perangkat pada bagain App Manager atau sejenisnya.

Mempercepat Android yang Lemot
Daftar aplikasi

Setelah terbuka, pilih tab yang tertulis "Downloaded" dan lihatlah daftar yang ditampilkan. Bila Anda menemukan sebuah aplikasi yang tidak Anda perlukan, pilih dari daftar untuk membuka informasi aplikasi. Di bagian atas Anda akan melihat tombol Uninstall untuk menghilangkannya dari ponsel Anda.

Dengan menyingkirkan program dan aplikasi yang tidak beanr-benar dibutuhkan dapat membuat perbedaan besar dalam bagaimana smartphone Anda bekerja.

Membersihkan Media Penyimpanan
Setelah beberapa waktu, Anda akan menemukan banyak sekali file-file sampah yang menumpuk dalam media penyimpanan ponsel Anda. Mungkin Anda lupa membuka aplikas kamera dan mengambil beberapa gambar dan tersimpan begitu banyak tanpa Anda sadari, atau coba buka folder Downloads dan Anda mungkin akan menemukan begitu banyak file-file yang diterima.

Cara mengatasinya juga cukup mudah. Untuk menghapus gambar yang Anda tidak perlu lagi, cukup buka aplikasi Galeri dan pilih foto, video atau file yang sudah tidak digunakan untuk dihapus. Dengan melakukannya melaui aplikasi galeri, berarti Anda dapat melihat setiap gambar atau video sebelum Anda menghapusnya untuk memastikan Anda benar-benar tidak memerlukannya di masa yang akan datang.

Selanjutnya, buka folder Downloads. Bisa jadi folder ini penuh dengan gambar, file zip, klip suara dan sejumlah file yang Anda tidak perlu lagi. Jika Anda tidak membutuhkannya, tidak ada alasan file-file tersebut memenuhi ruang penyimpanan. Sekali lagi, pastikan Anda melihat isi file sebelum Anda menghapusnya.

Mempercepat Android yang Lemot
Misc. menu

Kemudian buka menu Storage atau Penyimpanan pada bagian Pengaturan dan cari di bagian bawah daftar sampai Anda menemukan Misc. Folder ini berisi file-file yang telah dibuat oleh berbagai aplikasi dan menyimpannya di media penyimpanan. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak Anda perlukan lagi, Anda bisa menghapusnya dari sini.

Jika Anda memiliki perangkat yang sudah di Root, coba buka file di folder backup dan menghapus semua file yang kiranya tidak diperlukan lagi karena folder ini dapat berisi file-file besar.

Bersihkan Data Cache
Data cache umumnya merupakan fitur yang baik. Secara cerdas menyimpan beberapa hal dalam penyimpanan lokal, seperti thumbnail untuk aplikasi, foto profil atau data lain yang berarti Anda tidak perlu men-download ulang masing-masing setiap kali Anda membuka sebuah aplikasi. Aplikasi yang baik tahu kapan harus menghapus cache dan memperbaruinya lagi. Tapi seperti semua hal yang baik pasti ada kelemahan.

Mempercepat Android yang Lemot
Clear Cache

Aplikasi yang jarang digunakan menggunakan data cache yang tidak hanya membutuhkan ruang, tapi juga sudah tidak update dan pembaruan. Kadang-kadang, data cache memiliki kelemahan dan menyebabkan aplikasi berjalan tidak normal, terutama ketika sudah outdate. Anda dapat menghapus cache untuk masing-masing aplikasi dari menu Application.
Buka pengaturan pada smartphone Android Anda, dan buka menu Apps, pilih salah satu aplikasi dari daftar dan pilih tombol Clear Cache.

Periksa SD Card dan Memori External Lainnya
Tidak semua perangkat Android dilengkapi fitur untuk SD Card, tetapi jika Anda memilikinya, SD card yang terlalu penuh benar-benar dapat membuat sistem Android bekerja sangat lambat. Kita bisa mengatasinya dengan mudah, cukup backup isi SD card, kemudian format sehingga kondisinya bersih dan siap seperti baru, kemudian kembalikan file-file yang sudah kita backup kembali ke tempatnya. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah menggunakan komputer.

Matikan perangkat Android Anda, kemudian ambil kartu SD dan tempatkan dalam adaptor sehingga bisa masuk ke salah satu slot kartu SD di laptop Anda. Komputer Anda akan mengenalinya sehingga Anda dapat melihat semua isi file pada kartu tersebut.
Berikutnya, buat folder di komputer Anda untuk meletakkan semua file dari SD card. Pastikan semua file dan folder tersimpan sempurna. Kemudian lepas kartu SD dari komputer dan masukkan kembali ke ponsel Anda.

Mempercepat Android yang Lemot
Menu menghapus isi SD Card

Nyalakan ponsel Anda, masuk ke bagian pengaturan penyimpanan. Kali ini, kita akan memformat kartu SD dan menghapus semua data dalam kartu SD. Jadi pastikan semua data yang Anda pindahkan ke komputer benar-benar aman. Pilih Format atau Erase SD Card dan tunggu hingga proses selesai, kemudian matikan lagi ponsel Anda.
Lepas kartu SD dan buka kembali menggunakan komputer. Kembalikan file dan folder yang sebelumnya kita simpan ke SD Card. Setelah semua disalin kembali ke kartu SD, letakkan kembali ke dalam ponsel.

Perlu diperhatikan bahwa Anda bisa kehilangan data-data tertentu seperti level permainan, data aplikasi, fitur pembayarna In App dan hal-hal lain yang mungkin tidak ingin kehilangan dengan melakukannya. Jika aplikasi Anda tidak menggunakan penyimpanan Google Cloud, pertimbangkan baik-baik sebelum Anda melakukan trik ini. Beberapa aplikasi menyimpan sebagian file ke kartu SD dalam bentuk image tertentu saat diinstal. Cari aplikasi tersebut di Google Play dan menginstal ulang mereka untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, Anda tidak harus melakukan cara ini terlalu sering.

Factory Reset
Mungkin ini adalah langkah terakhir jika trik-trik di atas sudah tidak mampu lagi mempercepat perangkat Android Anda. Tidak ada orang yang suka melakukan langkah factory reset yang akan mengembalikan perangkat ke kondisi pabrik, kita harus mengatur jam lagi, mengatur semua dari awal dan tidak peduli seberapa hati-hati Anda membuat back up, Anda tetap akan kehilangan sesuatu. Tapi langkah ini biasanya harus dilakukan, misalnya jika Anda adalah tipe orang yang suka melakukan eksperimen dan melakukan Root untuk membuatnya lebih baik.

Mempercepat Android yang Lemot
Factory reset

Factory reset membuat segalanya hilang dan membuat ponsel kembali ke kondisi yang sama seperti saat pertama kali Anda membelinya. Update firmware akan tetap tersimpan, tapi aplikasi seperti pesan teks dan data lainnya hilang selamanya. Tapi kadang-kadang, sebuah awal baru adalah cara terbaik untuk membuat sesuatu lebih baik.

Baca juga: Cara Menghapus Seluruh Data Perangkat Android

Anda dapat menemukan cara untuk me-reset ponsel Anda di Pengaturan Perangkat. Carilah menu seperti backup dan restore.
Saat proses selesai dan ponsel restart, Anda akan mendapatkan perangkat yang benar-benar seperti bari dan cepat, tapi Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mengatur semuanya kembali.

Belum ada Komentar untuk "Mempercepat Android yang Lemot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel