Rabu, 24 Juni 2015

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail
Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail - Pernahkah Anda buru-buru karena pekerjaan dan mengirim email yang salah tujuan? Fitur "Undo Send" (batalkan pengiriman) sekarang resmi menjadi bagian dari Gmail. Fitur ini pada dasarnya memberikan kita kesempatan untuk membatalkan email terkirim dalam periode waktu tertentu. Hal ini dapat dimanfaatkan jika Anda sering mengirim email, terutama jika Anda memiliki banyak kontak.

Fitur ini sebenarnya sudah muncul beberapa waktu yang lalu tapi hanya eksperimental, saya sudah mencobanya dan memang berhasil membatalkan email yang sudah terkirim menggunakan Gmail. Namun, kali ini Google benar-benar sudah meresmikan fitur Undo Send ini sebagai bagian standar dari Gmail. Anda bisa menggunakannya untuk membatalkan email yang tidak diinginkan atau salah kirim. Misalnya Anda mengirim email kepada teman yang isinya tentang atasan yang suka marah-marah, eh malah Anda mengirimkannya ke alamat email bos Anda. Apa jadinya jika itu terjadi dan Gmail belum memiliki fitur Undo Send?

Baca juga: Inbox, Alternatif Gmail dari Google

Beberapa program email tertentu menawarkan pilihan untuk membatalkan atau menarik kembali email terkirim, tapi itu tidak berarti bahwa penerima tidak akan menerimanya sama sekali. Fitur Undo Send pada Gmail bekerja dengan metode yang benar-benar berbeda. Fitur Undo Send benar-benar memberikan waktu sesuai pengaturan agar Gmail menunggu untuk mengirim email Anda. Selama waktu tunggu tersebut email tidak akan sampai ke penerima. Hal ini memberikan Anda sejumlah waktu untuk berubah pikiran dan membatalkan email yang dikirim. Tapi dalam hal ini Anda harus cepat, Gmail memberikan periode waktu tertentu dalam hitungan detik untuk membatalkan email Anda.

Fitur Undo Send sekarang merupakan bagian resmi dari Gmail, tidak lagi memiliki status beta yang hanya dapat dicoba di Gmail Labs.
Berikut adalah pengaturan fitur Undo Send pada Gmail dan cara kerjanya:

Pertama, masuk ke akun Gmail Anda.
Di sudut kanan atas, klik ikon Settings (ditandai dengan ikon gir).
Dari menu Settings, pilih opsi Settings.
Akan muncul jendela Settings, pilih tab General.
Di bagian agak bawah, carilah pengaturan yang tertulis Undo Send.
Ber tanda cek pada kotak "Enable Undo Send".

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail
Pengaturan Undo Send

Di bawahnya terdapat drop-box untuk mengatur waktu pembatalan pengiriman, yang berarti waktu tunggu yang diberikan untuk Anda membatalkan email sebelum benar-benar terkirim, dalam satuan detik. Anda dapat memilih 5, 10, 20 atau 30 detik.
Selanjutnya pada bagian paling bawah klik tombol Save Changes.

Untuk menguji fitur ini, klik Compose untuk membuat pesan email baru.
Menulis pesan dan isi email tujuan, kemudian klik tombol Send.
Di bagian atas layar, Anda akan melihat pesan yang tertulis:
Your message has been sent. Undo View Message

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail
Email sudah terkirim

Untuk membatalkan pesan yang telah dikirim, klik link Undo.
Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail
Pesan ketika email dibatalkan

Gmail akan membatalkan pengiriman pesan email dan menampilkannya seperti saat Anda menulis email, sehingga Anda dapat membuat perubahan dan kemudian mengirim ulang. Atau Anda dapat menutup pesan tersebut dimana akan tersimpan ke dalam folder Draft di mana Anda dapat menyimpan atau menghapusnya.

Fitur Undo Send ini merupakan cara yang sangat mudah dan ampuh untuk memastikan bahwa email yang Anda buat tidak salah kirim dan dibaca oleh orang yang tidak berkepentikan. Semoga bermanfaat.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon