Android M Akan Dirilis Akhir Tahun 2015

Android M Akan Dirilis Akhir Tahun 2015
Setelah meluncurkan Android L yang saat ini dikenal dengan sebutan Lollipop, Google telah resmi memperkenalkan Android M, versi berikutnya dari sistem operasi mobile yang digunakan di hampir seluruh belahan dunia. Nama dan versi Android sangat erat hubungannya dengan nama makanan, seperti halnya versi L yang disebut dengan Lollypop, lalu makanan apa yang digunakan untuk versi M? Bagaimana jika versinya sudah mencapai huruf X? Apa ada makanan yang berawalan huruf X?

Seperti pada tahun 2014 ketika Android memberikan preview versi L, yang akhirnya menjadi Android 5.0 Lollipop, Google saat ini juga belum memberikan nama resmi atau nomor versi untuk Android M. Peluncuran lebih detail mungkin akan hadir akhir tahun ini ketika versi Android M digunakan pada perangkat umum.

Google Now
Hal yang menarik setidaknya ada pada fitur Google Now di Android M dimana pengguna dapat membuka aplikasi Google Search dengan menekan dan menahan tombol home, bukan menggeser naik dari bagian bawah layar perangkat.
Peningkatan kemampuan salah satunya juga terdapat pada kualitas yang lebih peka terhadap konteks yang dapat dipahami Google Now, seperti email yang Anda baca, daftar musik yang sedang diputar dan info lain seiring Anda menggunakannya. Google menyebut fitur ini sebagai "Now on Tap".
Dengan fitur ini, perangkat dapat menampilkan lokasi tempat khusus seperti pompa bensin ketika Anda mengemudi kembali ke tempat asal Anda berkendara. Google sudah mengetahui semua hal ini dari kegiatan dan jadwal yang Anda buat serta lokasi smartphone Anda menggunakan GPS.

Android M Akan Dirilis Akhir Tahun 2015
Now on Tap juga mampu memberikan peringatan tentang angkutan, acara tertentu di area yang sedang Anda kunjungi, memberitahu tempat yang sibuk, hingga ke mana Anda mungkin ingin pergi selanjutnya.

Android Pay
Android M resmi mengusung fitur Android Pay, sistem pembayaran mobile yang sedang dikerjakan oleh Google. Platform Android Pay memungkinkan proses pembayaran pembelian aplikasi pihak ketiga baik dalam aplikasi dan di toko-toko ritel menggunakan NFC. Google Wallet, aplikasi mobile wallet mandiri yang sebelumnya dimiliki Google tidak akan hilang, tetapi akan menggunakan Android Pay. Android Pay akan dapat digunakan dengan hampir 700.000 vendor pada saat peluncurannya.

Jika ponsel Anda memiliki fingerprint reader (pembaca sidik jari), Anda dapat menggunakannya untuk mengotorisasi pembayaran, mirip seperti fitur pada iOS. Samsung juga memiliki sistem tersendiri dengan fungsi pembayaran yang sama, disebut dengan Samsung Pay.

Koneksi dan Daya
Perangkat mobile Google akan mendukung standar USB Type-C untuk pengisian daya. Hal ini berarti bahwa perangkat terbaru Google dapat difungsikan untuk diisi atau juga mengisi perangkat lain. Selain itu, USB Type-C memiliki bentuk yang sama di kedua sisi yang berarti tidak ada sisi atas atau bawah.
Baca juga: Teknologi Terbaru USB Type-C

Android M Akan Dirilis Akhir Tahun 2015
Dari segi penghematan daya, Android M memiliki fitur Android Doze, yaitu fitur hemat energi yang diklaim oleh Google menggunakan daya yang lebih kecil pada modus standby. Pada dasarnya, jika Anda tidak menggunakan perangkat untuk jangka waktu yang agak panjang, secara otomatis akan masuk ke mode hibernate (dengan fungsi yang sama seperti pada laptop) untuk menghemat baterai. Namun, Anda masih dapat mendengar alarm penting dan pesan atau panggilan masuk, tapi hanya dengan setengah konsumsi daya dari sebelumnya.

Aplikasi
Pembaruan pada Android M memperkenalkan perubahan pada bagaimana sebuah aplikasi menggunakan sumber daya pada ponsel atau tablet, seperti konektivitas Wi-Fi, kamera dan galeri, kontak dan data lainnya.

Sebelumnya, menginstal sebuah aplikasi pada dasarnya adalah memberikan lampu hijau untuk seluruh bundel aplikasi tersebut, yang memerlukan persetujuan dari pengguna saat pertama kali meng-install. Sekarang, aplikasi akan meminta akses ke bagian tertentu dari ponsel atau akun Google ketika membutuhkannya saja. Misalnya, aplikasi pesan mungkin tidak meminta izin untuk menggunakan kamera sampai Anda mencoba untuk mengambil dan mengirim foto. Hal ini sangat mirip dengan bagaimana perangkat iOS menangani penggunaan aplikasi yang akan menggunakan resource tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Animasi dan Transisi
Google memiliki visi baru untuk merapikan dan menghaluskan animasi dan transisi yang menghubungkan Android dengan aplikasi ke aplikasi lain, dan dari aplikasi ke Web. Banyak fitur background yang akan membantu pengembang membuat transisi yang lebih cepat dan lebih lengkap.

Hingga saatnya dirilis nanti, versi M akan memiliki nomor versi, kemungkinan Android 5.2 atau 6.0, dan nama makanan baru. Beberapa sumber berspekulasi bahwa nama terbaru dari Android M kemungkinan adalah Marshmallow, Muffin, Marzipan atau bahkan nama merek, seperti M&Ms seperti pada versi KitKat.

Belum ada Komentar untuk "Android M Akan Dirilis Akhir Tahun 2015"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel