Jumat, 01 Mei 2015

Membuat Daftar Isi Otomatis pada MS Word

Membuat Daftar Isi Otomatis pada MS Word
Bagi Anda yang suka menulis atau yang masih sekolah atau kuliah, pasti sering mendapatkan tugas membuat tugas, makalah, laporan atau dokumen lainnya. Untuk mengerjakannya, kita pasti menggunakan program aplikasi word processor seperti Microsoft Word, OpenOffice Writer, atau juga Pages pada Mac OS. Salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari jenis-jenis dokumen seperti makalah atau laporan adalah daftar isi. Daftar isi merupakan list yang berisi bab-bab dalam dokumen yang terletak pada nomor halaman tertentu untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi dokumen. Beberapa hari yang lalu ada teman yang menanyakan bagaimana cara yang mudah untuk membuat daftar isi, jadi saya putuskan untuk berbagi cara pembuatan daftar isi otomatis di MS Word.


Daftar isi biasa kita buat belakangan ketika semua dokumen sudah selesai. Anda mungkin melihat masing-masing halaman dan menuliskannya secara manual. Masalah akan muncul ketika ada perubahan pada dokumen seperti penambahan atau pengurangan, yang akan berpengaruh terhadap susunan daftar isi yang telah kita buat. Oleh karena itu, word processor saat ini sudah dilengkapi dengan fitur pembuatan daftar isi otomatis yang biasa disebut dengan "Table of Contents" pada MS Word.

Sebagai contoh saya telah membuat sebuah dokumen sederhana standar yang berisi halaman judul, Daftar Isi, Bab I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka. Salah satu trik yang paling mudah adalah tulislah dahulu kerangka dari dokumen Anda dengan poin-poin di atas, tuliskan juga semua sub judul dari tiap-tiap bab. Untuk isinya dapat ditulis belakangan, hal ini bertujuan agar dokumen kita terstruktur dengan baik mulai dari atas hingga akhir serta kita tidak kesulitan menentukan level tiap bab dan sub bab. Jangan lupa untuk menekan tombol Ctrl+Enter untuk membuat halaman baru (kebanyakan orang menekan tombol Enter berkali-kali untuk menuju ke halaman berkutnya).

Setelah itu, agar kita bisa menyusun daftar isi otomatis, kita harus memberi tanda mana saja poin yang dijadikan judul masing-masing halaman, dalam Word kita sebut dengan Style, dengan cara: blok salah satu judul halaman, misalnya Daftar Isi > buka menu Home > pilih salah satu style untuk judul, misalnya saya pilih Heading 1. Lakukan juga untuk judul-judul Bab lainnya hingga semua judul memiliki style. Gunakan style sejenis untuk semua judul.

Membuat Daftar Isi Otomatis pada MS Word

Setelah itu kita menuju ke sub bab, pada contoh Bab I terdapat sub bab Latar Belakang, cukup blok teks Latar Belakang kemudian kita beri style, misalnya Heading 2 dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Lakukan juga untuk sub bab lainnya dengan style yang sama.

Membuat Daftar Isi Otomatis pada MS Word

Sekarang kita akan menyisipkan daftar isi otomatis, letakkan kursor di halaman Daftar Isi dimana kita akan meletakkan daftar isi dokumen kita. Kemudian klik menu Reference > Table of Contents > sebagai contoh pilih saja yang paling sederhana dengan nama Automatic Table 1 pada bagian atas.

Membuat Daftar Isi Otomatis pada MS Word

Dan akhirnya, kita telah berhasil membuat daftar isi otomatis dari dokumen yang telah kita buat. Jika Anda perhatikan, terdapat beberapa hal yang perlu kita sesuaikan, seperti tulisan Contents di bagian atas yang merupakan bawaan default dari MS Word. Kita dapat menghapusnya dengan double-klik daftar isi tersebut sehingga dapat di-edit, dan hapus yang tidak diperlukan.

Masalah yang sebelumnya muncul jika terjadi perubahan pada dokumen sudah dapat diatasi, karena kita dapat memperbarui daftar isi ini kapan saja ketika ada perubahan susunan halaman, misalnya pada awalnya BAB II ada di halaman 3, karena terdapat tambahan pada bab sebelumnya menyebabkan BAB II turun hingga ke halaman 5. Jika terjadi demikian, kita dapat dengan mudah meng-update daftar isi dengan double-klik daftar isi, klik tombol Update Table...

Membuat Daftar Isi Otomatis pada MS Word

Selain itu, kita juga bisa membuat Daftar Gambar dan Daftar Tabel dengan teknik yang hampir sama.
Hasil akhir dari file ini dapat Anda lihat pada link berikut ini :
https://drive.google.com/file/d/0B0YxxBxXvjUZTkVMN1h6TWpPYjQ/view?usp=sharing

Demikian tutorial singkat untuk membuat daftar isi secara otomatis pada MS Word. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silahkan isi comment di bagian bawah. Terima kasih.


Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon