Teknologi Terbaru USB Type-C

Teknologi Terbaru USB Type-C
Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Berbagai Macam Teknologi Konektor USB, tapi sebuah standar baru USB akan datang ke pasar tahun ini, dan memang kemajuan yang dibuat sejak versi yang dirilis pada tahun 2008 telah menjadi salah satu perkembangan teknologi paling mutakhir. USB 3.1 Type-C merupakan standar paling baru dalam teknologi port. Selain dari bentuknya, perubahan juga termasuk peningkatan kinerjanya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda menggunakan USB Type-C.

Jenis USB Type-C pertama kali digunakan pada perangkat MacBook terbaru dari Apple, dimana banyak orang meramalkan arah masa depan teknologi USB, karena ada beberapa fitur baru yang menarik yang dikemas dalam kabel kecil ini. MacBook adalah notebook pertama yang menggunakan jenis USB ini, tapi kemungkinan kita akan melihat banyak perangkat lain yang mengikutinya tahun ini. Sementara itu, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang USB Type-C:

Lebih mudah untuk digunakan
Kita tidak ada lagi mengutak-atik konektor kabel untuk memastikan terpasang dengan cara yang benar setiap waktu, karena kedua ujung sambungan adalah sama dan tidak ada istilah terbalik. Berbeda dengan teknologi USB sebelumnya yang dibuat seolah-olah terdapat sisi atas dan bawah. Pada USB Type-C ini dapat digunakan pada kedua sisi, hampir sama dengan cara kerja kunci mobil atau motor. Mudah-mudahan perubahan ini cukup bermanfaat untuk menghindari goresan di seluruh body perangkat Anda.
Teknologi Terbaru USB Type-C


Peningkatan pesat daya dan transfer data
USB 3.1 Type-C menawarkan kecepatan transfer hingga 10Gbps, yang mana dua kali lipat kecepatan transfer USB 3.0 (5 Gbps). Selain itu, kabel ini juga menawarkan daya 20 volt dan 5 ampere, dibandingkan dengan 5 volt dan 1,8 ampere pada teknologi USB sebelumnya. Hal ini berarti akan meningkatkan kecepatan ketika kita mentransfer data atau mengisi baterai.

Dongle USB
Standar USB Type-C saat ini masih belum digunakan sebagai standar pada perangkat saat ini, tapi kemungkinan besar akan digunakan pada perangkat baru. Sementara itu, Anda harus menggunakan dongle untuk menghubungkan perangkat bersama-sama (seperti flashdisk, layar HDMI, external HDD atau perangkat lainnya dengan versi USB yang lebih tua). Jika Anda membeli MacBook baru, ada dongle multiport untuk membuat koneksi antar perangkat menjadi lebih mudah.
Teknologi Terbaru USB Type-C

Belum ada Komentar untuk "Teknologi Terbaru USB Type-C"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel