Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan File Sampah di Windows

Cara Membersihkan File Sampah di Windows
Penyebab utama yang membuat hardisk laptop atau komputer Anda cepat habis adalah menumpuknya file-file sampah. File-file ini akan tersimpan secara otomatis ketika kita mengerjakan sesuatu di komputer kita. Anda menggunakan komputer Anda untuk melakukan pekerjaan seperti membuat dokumen, mendengarkan musik, menonton video, surfing web dan lain sebagainya. File sampah akan tercipta hari demi hari dalam sistem komputer.


Ada banyak masalah yang dapat memperlambat komputer Anda, bahkan file sampah yang tidak begitu penting dapat memperlambat sistem jika jumlahnya banyak. Jika Anda menjalankan sistem operasi Windows di komputer Anda baik Windows 7, Windows 8 atau 8.1, ada banyak cara untuk membersihkan sampah file dengan mudah dan aman. Khusus untuk Windows 10 bisa dilihat di sini: Membersihkan Hardisk Otomatis di Windows 10 dengan Storage Sense.
Berikut adalah panduan sederhana untuk menyingkirkan file-file sampah yang tidak diperlukan.
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan file-file sampah yang tidak berguna dan membuat sistem berjalan lebih cepat lagi.

Cara 1 : Run
Anda dapat menyingkirkan file-file sampah tanpa menggunakan bantuan dari perangkat lunak lain. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk membersihkan file sampah tanpa menggunakan software apapun, dan juga menghemat waktu. Anda dapat membersihkan dan menghapus semua yang tidak diperlukan antara lain file temporary, cache, cookies, history dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Dari Desktop tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run, dan kemudian ketik %temp% dan tekan Enter. Akan terbuka jendela File Explorer baru yang berisi file temporary, cukup hapus semua file dan folder yang ada.
Cara Membersihkan File Sampah di Windows

  • Sekali lagi tekan tombol Windows + R dan kemudian ketik Temp, hapus juga semua file dan folder yang ditampilkan. Biasanya kita diharuskan memiliki hak akses Administrator untuk membuka folder ini, jika muncul peringatan cukup pilih Continue.
Cara Membersihkan File Sampah di Windows

  • Yang terakhir tekan tombol Windows + R dan kemudian ketik Prefetch, sama seperti langkah di atas hapus semua isi file dan folder yang ditampilkan.
Folder-folder di atas merupakan tempat dimana file-file temporary (sementara) yang digunakan oleh program-program aplikasi dan segala sesuatu yang kita jalankan di komputer.

Cara 2 : Windows Disk Cleanup
Ini adalah cara lain untuk menghapus hampir semua file sampah yang tinggal dalam sistem komputer Anda. File-file ini memperlambat komputer Anda dan juga mengambil banyak ruang hardisk. Berikut langkah-langkahnya:

Buka Control Panel > Administrative Tools. Akan muncul jendela yang berisi banyak sekali tool yang dapat kita gunakan.
Cara Membersihkan File Sampah di Windows

Untuk membersihkan file-file yang tidak digunakan pilih Disk Cleanup. Setelah itu jendela Disk Cleanup akan muncul, pilih salah satu drive yang akan dibersihkan > Klik OK.
Cara Membersihkan File Sampah di Windows

Cara 3: CCleaner
CCleaner adalah perangkat lunak yang cukup sederhana dan powerful untuk menghapus dan membersihkan semua file sampah seperti Cookies, history browser, file temporary dan banyak lagi. CCleaner menjadi pilihan banyak orang karena banyaknya fasilitas yang disedikan seperti Registry Cleaner, administrasi Program Aplikasi, System Restore, Drive Wiper dan lain-lain. Jika Anda ingin membersihkan file sampah menggunakan software, Anda dapat mencoba CCleaner.
Cara Membersihkan File Sampah di Windows

Untuk menggunakannya cukup klik tombol Analyze dan tunggu beberapa saat hingga muncul item-item apa saja yang dapat kita bersihkan. Setelah itu klik tombol Run Cleaner.
Ari
Ari blogger, IT technician

34 komentar untuk "Cara Membersihkan File Sampah di Windows"

  1. Thanks Bro...
    udah dipraktekan
    soalnya baru up grade win 8.1 ke win10

    BalasHapus
  2. thanks brow... lapy ane lama ga ane pake... kok lemot banget... dn skrg dah lumayan lancar...

    BalasHapus
  3. terima kasih brother atas ilmunya...........

    BalasHapus
  4. Semoga tips di atas bermanfaat, thanks untuk semua yang sudah mampir :)

    BalasHapus
  5. Trima Kasih Sangat Bermanfaat

    BalasHapus
  6. thank you gan, sangat membantu info nya ^_^

    BalasHapus
  7. Mas gua pake windows 8.1, udah gua praktekin pake cara pertama tp masih ada folder yg gakbisa keapus, gakbisa continue juga ?
    Gimana ya mas

    BalasHapus
  8. muhamad erlangga, kalau ada folder yang tidak bisa dihapus itu biasanya dikarenakan memiliki atribut read-only. Jika folder ini tidak terlalu besar tidak masalah dibiarkan saja. Kalau ingin tetap dihapus coba hilangkan atribut read-only melalui Properties. Cara lain juga bisa menggunakan sebuah software yang bernama Unlocker.

    BalasHapus
  9. membantu sekali mas, mau tanya mas ko di win xp saya disk clean up ga ada ya di control panel?
    trims..

    BalasHapus
  10. Gading Strarasta, disk cleanup di Windows XP bisa dibuka melalui menu:
    Programs - Accessories - System Tools - Disk Cleanup

    BalasHapus
  11. Gan komper saya hardisk nya ko pnuh ya pdahal cuma ada foto sama vidio anak saya aja.. Kira2apa nya gan...?

    BalasHapus
  12. Amath Rachmat, sudah dicek apakah ukuran foto+video yang tersimpan memang besar? Jika memang tidak besar, coba cek file/folder hidden (tersembunyi) dengan ukuran besar.

    BalasHapus
  13. thanks banget arahannya membantu banget

    BalasHapus
  14. trims om laptopku wis ora lemot
    triiiiiiiiiiiiims.

    BalasHapus
  15. thx banget om,berhasil buannget....gbu!!!!

    BalasHapus
  16. thx bgt.pantesan disk gue penuh pdhl aplikasi dikit doang, ternyata kebanyakan sampah. makasih banyak yaaaa

    BalasHapus
  17. Terima kasih untuk semua yang telah memberikan komentar, semoga bermanfaat.,

    BalasHapus
  18. thks kawan infonya sukses slalu

    BalasHapus
  19. Saya sudah praktekin itu semua tp disk c saya msh penuh, itu kenapa ya?

    BalasHapus
  20. Zidny Elma, cara di atas digunakan untuk membersihkan file-file sampah yang berhubungan dengan sistem, jika setelah melakukan langkah di atas tapi drive C masih tetap penuh kemungkinan banyak file data (dokumen, audio, video, foto, dll) milik pengguna tersimpan di drive C, termasuk di folder Desktop, Documents, Downloads, Pictures, Music dan Video. Silahkan diperiksa kembali folder-folder tersebut.

    BalasHapus