Trik Meningkatkan Keamanan Jaringan Wi-Fi

Trik Meningkatkan Keamanan Jaringan Wi-Fi
Dengan adanya perkembangan wireless dalam setiap bidang teknologi, isu keamanan selalu menjadi pelengkapnya. Hal yang sama juga berlaku untuk jaringan internet wireless atau jaringan Wi-Fi yang juga selalu diiringi dengan hacker dan penyusup yang mencari cara untuk mendapatkan akses ke jaringan yang tidak aman. Ada beberapa alasan kuat mengapa kita harus melindungi jaringan Wi-Fi baik rumah atau di tempat kerja kita. Efek yang dihasilkan dari peningkatan keamanan ini antara lain termasuk privasi yang lebih baik, tagihan internet yang cenderung berkurang dan kecepatan internet yang lebih stabil dan lebih cepat.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai teknik sederhana yang dapat kita lakukan untuk memastikan jaringan wireless/nirkabel kita tetap aman.

Meningkatkan Keamanan Jaringan Wireless

Enkripsi Jaringan Wi-Fi
Bila Anda menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengakses internet, setiap bagian dari data yang Anda kirim dan terima melalui jalur tersebut dapat dengan mudah ditangkap oleh siapa saja yang baik secara sengaja atau tidak sengaja memiliki hak akses ke perangkat. Packet sniffer dapat digunakan oleh pengguna pemula untuk menangkap data-data Anda. Hal ini berarti hacker tidak hanya dapat melihat website yang Anda akses, tetapi juga mendapatkan rincian login akun pribadi Anda.
Enkripsi pada dasarnya mengacak data yang dikirim dan diterima oleh komputer Anda ketika menggunakan jaringan wireless, yang berarti bahwa saat hacker menangkap transmisi data Anda, ia tidak akan dapat memanfaatkan informasi yang berada di dalamnya karena sudah diacak.
Trik Meningkatkan Keamanan Jaringan Wi-Fi

Secara umum, ada dua standar enkripsi yang tersedia yang dapat Anda gunakan: WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WPA (Wireless Protected Access), meskipun ada pilihan lain untuk mengenkripsi jaringan. WEP adalah standar enkripsi yang lebih tua dan sekarang mungkin dapat dibobol dalam hitungan menit. WPA relatif baru tetapi masih memiliki lubang keamanan. Beberapa software dapat digunakan untuk dengan mudah menerobos enkripsi WEP dan WPA menggunakan teknik bruteforce. WPA2 adalah standar terbaru dan menjadi pilihan utama Anda jika ingin tingkat perlindungan maksimal untuk jaringan nirkabel Anda. Kunci enkripsi yang berubah setiap kali digunakan ketika perangkat mengakses jaringan membuat WPA lebih sulit untuk hack.
Enkripsi yang digunakan oleh semua perangkat di jaringan harus sama gar jaringan bekerja dengan baik. Jaringan hanya akan aman jika menggunakan perangkat yang paling aman juga. Pastikan semua perangkat yang Anda gunakan memiliki support enkripsi WPA2. Pastikan password lebih panjang dari 10 karakter dan memiliki kombinasi huruf besar dan kecil, angka dan simbol. Jangan gunakan kata-kata umum dan mudah ditebak. WPA dan WPA2 juga memiliki 2 versi yaitu Personal dan Enterprise.

Ganti Password Default pada Router
Kesalahan terbesar kebanyakan pengguna jaringan internet wireless adalah tidak mengubah password default pada router mereka. Hacker menggunakan database publik yang berisi password default dan username dari hampir setiap produsen. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengubah pengaturan keamanan router Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Menggunakan sandi yang kuat untuk router Anda memastikan bahwa hacker tidak dapat mengubah pengaturan keamanan jaringan Anda. Untuk mengubah password pada router Anda, buka pengaturan Administrasi pada halaman setting router. Selain itu, jangan menyimpan password di browser karena dapat dengan mudah ditemukan.

Ganti nama SSID
SSID atau Service Set Identifier adalah nama jaringan nirkabel pada perangkat. Biasanya, SSID adalah nama produsen router diikuti dengan nomor model. Mengubah nama SSID sehingga tidak menampilkan informasi jenis perangkat yang Anda gunakan dapat mencegah tersebarnya informasi tambahan tentang router Anda kepada calon hacker.

Jangan broadcast SSID Anda
Menyembunyikan SSID mencegah hacker dan penyusup wifi menemukan jaringan Anda. Menyembunyikan SSID relatif mudah dan pengaturannya ada sudah tersedia pada halaman setting wireless. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa perangkat, termasuk yang berjalan pada versi Windows terbaru, akan menunjukkan setiap nama jaringan meskipun tidak dapat mengidentifikasi namanya. Selain itu, jaringan Anda akan tetap berisi SSID dalam paket data yang membuat beberapa software unmasking dapat dengan mudah menampilkannya.

Gunakan Nama SSID yang Menakutkan
Orang pasti akan berpikir dua kali untuk terhubung jika jaringan wireless Anda memiliki nama yang menakutkan, misalnya virus.exe. Orang awam pasti lebih memilih menghindari istilah virus karena mereka takut perangkat mereka terinfeksi. Anda dapat menggunakan nama-nama lain sesuai dengan kreativitas Anda.

Daftar Perangkat yang Terhubung
Hampir setiap router baru memiliki halaman yang menampilkan daftar setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Anda dapat memeriksa halaman ini secara berkala untuk melihat perangkat yang tidak dikenal tapi terhubung ke jaringan Anda. Bila Anda melihat perangkat yang tidak dikenal berarti ada seseorang yang telah menerobos jaringan Anda.

Matikan Guest Networking
Guest Networking (jaringan tamu) adalah fasilitas untuk memberikan akses jaringan untuk orang lain, kebanyakan router menonaktifkan fasilitas ini secara default, tapi Anda perlu memastikannya dengan membuka halaman pengaturan router karena mungkin secara tidak sengaja telah diaktifkan. Jaringan tamu memungkinkan orang lain untuk mengakses jaringan Anda.

Aktifkan MAC Address Filtering
Media Access Control atau alamat MAC mengidentifikasi setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Anda. Alamat MAC adalah kunci alfanumerik yang dipisahkan oleh tanda titik dua. Mengaktifkan filter alamat MAC memungkinkan hanya perangkat yang memiliki alamat MAC tertentu yang dapat mengakses jaringan Anda. Anda harus memasukkan alamat MAC setiap perangkat yang ingin Anda hubungkan ke jaringan pada halaman pengaturan router. Hal ini untuk mencegah perangkat yang tidak dikenal masuk dan terhubung ke jaringan, bahkan jika mereka tahu password router Anda. Untuk menemukan alamat MAC dari komputer Anda, buka command prompt dan jalankan perintah "ipconfig /all" tanpa tanda kutip. Fitur ini cukup powerful mengingat hanya perangkat dengan MAC Address yang telah didaftarkan saja yang dapat terhubung dengan jaringan.
Walaupun demikian, hacker berpengalaman dan pengguna advanced dapat menggunakan tool analisis jaringan wireless untuk mengetahui MAC Address yang kemudian mengubah alamat MAC mereka sesuai dengan perangkat yang terdaftar.

Selalu Update Firmware
Produsen router biasanya secara teratur merilis update firmware dan mempostingnya di situs Web mereka. Kadang-kadang Anda harus membuka situs web produsen untuk melihat apakah update firmware baru telah dirilis. Teknologi router saat ini akan secara otomatis memberitahu Anda ketika firmware baru sudah tersedia.
Trik Meningkatkan Keamanan Jaringan Wi-Fi

Mengurangi Jangkauan Sinyal Wireless
Anda dapat mengurangi jangkauan jaringan nirkabel Anda, dengan tujuan untuk mencegah hacker yang terletak pada jarak yang jauh mendeteksi jaringan Anda. Hal ini memiliki kelebihan karena jika hacker tidak tahu bahwa jaringan wireless Anda ada, mereka tidak akan mencoba untuk masuk ke dalamnya. Anda dapat menempatkan router di tempat-tempat yang terlindung. Memang teknik ini menguntungkan, seorang hacker yang tertarik untuk menerobos ke dalam jaringan Anda harus menggunakan antena yang lebih besar untuk menangkap sinyal router Anda.

Matikan Router
Jika Anda tidak sedang menggunakan jaringan wireless lebih baik matikan saja. Mematikan router akan menambah tingkat keamanan karena perangkat yang tidak aktif tidak akan bisa diretas. Meskipun mungkin tereksan tidak praktis karena harus menyalakan lagi saat digunakan, trik ini cukup efektif jika Anda berencana tidak menggunakan jaringan untuk waktu lama, misalnya saat bepergian.

Jika Anda mengikuti semua trik di atas, jaringan Wi-Fi Anda akan menjadi jauh lebih terlindungi dan hacker akan kesulitan membobol jaringan Anda.

Belum ada Komentar untuk "Trik Meningkatkan Keamanan Jaringan Wi-Fi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel