Tips Menghemat Tinta Printer

Tips Menghemat Tinta Printer
Keluhan yang banyak kita dengar dari pengguna printer paling umum adalah dari dari tingginya harga tinta atau toner. Ya, tinta bisa jadi sangat mahal, terutama bagi orang-orang yang mencetak dalam jumlah dan kualitas yang tinggi, tetapi ada cara dan tips untuk mengurangi biaya pencetakan. Banyak orang yang menggunakan printer hanay sekedar menggunakannya tanpa tahu bagaiamana cara menggunakan printer yang baik, bagaimana perawatannya, bagaimana pengaturan driver yang tepat, dan masih banyak lagi. Sebagian besar adalah para karyawan kantor yang masih rendah tentang pengetahuan IT. Itulah sebabnya banyak orang yang mengeluh printer mereka cepat sekali rusak.

Berikut beberapa tips untuk lebih menghemat biaya pencetakan. Beberapa dapat Anda terapkan dengan mudah dan tepat, tetapi beberapa cara memiliki kelemahan atau biaya awal yang harus Anda perhitungkan terlebih dahulu dengan cermat dan hati-hati sebelum menerapkannya. Anda tentunya perlu memiliki gambaran umum tentang berapa banyak Anda mencetak setiap bulan atau bahkan setiap tahun, baik secara pribadi atau untuk bisnis Anda, sehingga tips-tips di bawah ini dapat disesuaikan dan memaksimalkan penggunaan cara kerja printer untuk situasi tertentu.

Ketika membeli printer pilih jenis printer dengan biaya rendah per halaman (low cost per page). Banyak printer memiliki harga rendah, tetapi tidak dengan harga tintanya, bisa jadi Anda harus membayar lebih untuk memebli tinta dalam jangka panjang. Harga tinta atau toner biasanya cenderung berbanding terbalik dengan harga printer, printer laser high-end terbaru biasanya memiliki harga yang cukup rendah per halaman, sementara printer inkjet memiliki harga tinta yang tinggi. Bahkan untuk printer dalam kisaran harga yang diberikan, mungkin ada variasi dalam biaya penggunaan.
Informasi penggunaan tinta per halaman umumnya sudah disediakan oleh produsen printer, berdasarkan tinta atau toner cartridge tertentu. Ketika Anda mengganti satu set kartrid toner laser warna dapat menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dan untuk printer inkjet, jika Anda tidak sering mencetak dalam jumlah banyak, mungkin akan lebih baik jika menggunakan kartrid berkapasitas rendah.

Maksimalkan penggunaan printer sesuai fungsinysa. Beberapa jenis printer laser warna mampu mencetak grafis, foto, atau teks dengan kualitas yang sudah mumpuni untuk digunakan dalam handout pemasaran atau brosur. Membeli printer laser berkualitas tinggi atau printer berbasis LED dapat mengurangi kebutuhan dan biaya pengiriman bahan-bahan ke jasa percetakan. Investasi dalam printer tersebut akan terbayar dari waktu ke waktu dan pada akhirnya memberikan penghematan biaya, serta kemudahan fleksibilitas waktu dalam mencetak. Jika bisa mencetak sendiri, mengapa harus ke percetakan?

Pilih printer dengan duplekser otomatis. Kebanyakan printer yang dijual saat ini sudah memiliki fasilitas duplekser otomatis (atau pada versi tertentu), yang memungkinkan Anda untuk mencetak pada kedua sisi lembar kertas. Beberapa vendor kini menjual printer laser dengan pencetakan dupleks sebagai modus standar.
Tips Menghemat Tinta Printer
Duplex (dua sisi), menjadi pilihan pencetakan yagn lebih baik dan ramah lingkungan serta lebih ekonomis, karena dapat mengurangi penggunaan kertas dan memangkas biaya hampir setengahnya. Hal yang perlu diingat, Anda harus mengubah pengaturan untuk mencetak dokumen satu sisi atau dua sisi pada software driver yang disertakan bersama printer ketika membelinya. Perlu dicatat untuk pencetakan dupleks biasanya agak lambat dibandingkan simpleks karena duplexer harus membalik halaman atas untuk mencetak di bagian belakang. Beberapa printer dapat melakukannya secara otomatis, tapi ada juga yang mengharuskan kita membalik halaman secara manual.

Perhatikan kembali sebelum Anda mencetak. Anda dapat mengurangi kekeliruan dan menghemat tinta dan kertas dengan hanya mencetak dokumen yang benar-benar Anda butuhkan. Apakah Anda harus mencetak laporan setebal 300 halaman atau Anda dapat dengan mudah melihatnya pada layar monitor? Pratinjau dokumen Anda sebelum mencetak karena banyak jenis dokumen, terutama halaman web akan memiliki tampilan yang berbeda berbeda ketika dicetak dibandingkan tampilan di layar, terutama jumlah halaman dan spasi/ruang kosong antar halaman. Jadi pastikan untuk melihat Print Preview.

Periksa software atau driver printer pada setting komputer. Kebanyakan printer sudah silengkapi dengan sofware dan driver yang antarmuka yang user-friendly, yang memungkinkan Anda mengakses dan menyesuaiakn fungsi printer. Semua sudah tersedia bersama dengan driver printer, format kertas, ukuran, jenis kertas, warna dan lain-lain. Driver mengubah pengaturan driver secara langsung, dan memiliki efek di semua program aplikasi seperti MS Word, MS Excel, dll.
Untuk membuka pengaturan printer pada OS Windows Windows, buka Control Panel > Devices dan Printers, klik kanan pada nama printer Anda, lalu klik Printing Preferences. Untuk lebih menghemat tinta atau toner pilih pencetakan mode Fast atau Draft untuk mencetak dokumen, kecuali untuk mencetak foto atau presentasi berkualitas tinggi pilih mode yang lebih tinggi (Standard/High). Jika memungkinkan, pilih pencetakan dalam warna hitam dan putih (Grayscale).

Tinta kompatibel dapat menghemat biaya, tetapi ada biaya tambahan. Banyak perusahaan pihak ketiga menawarkan tinta yang menyatakan kompatibel dengan merek printer tertentu, dengan penghematan biaya yang cukup besar dari tinta yang ditawarkan oleh produsen. Meskipun penghematan ini benar-benar kelihatan dari harga tinta/toner yang jauh di bawah tinta asli, kadang-kadang Anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk katrid printer itu sendiri. Keluhan umum dari pengguna tinta kompatibel biasanya kualitas output yang rendah dan harus sering membersihkan nozel. Jika Anda masih tergoda untuk mencoba tinta kompatibel, Anda perlu melakukan penyelidikan/pencarian jenis tinta tersebut dan kesesuaian dengan printer yang Anda gunakan.

Jangan terlalu khawatir jika muncul peringatan tinta habis. Peringatan bahwa tinta warna hampir habis dan perlu diganti sering muncul sebelum level tinta benar-benar habis.
Tips Menghemat Tinta Printer
Keakuratan peringatan tersebut dapat sangat bervariasi antara berbagai merek dan model printer, dan kita pasti tidak ingin membuang-buang tinta dan uang dengan mengganti mengisi tinta terlalu cepat. Apalagi saat ini umumnya printer sudah dilengkapi dengan infus yang berada di luar badan printer, sehingga dapat terlihat jelas banyaknya tinta yang masih bisa digunakan.
Tips Menghemat Tinta Printer

Rawat tinta dan toner dengan baik. Dengan kartrid yang sudah lama digunakan, biasanya banyak tinta yang beku/kering yang dapat menyumbat nozel. Untuk mencegah hal ini, jangan terlalu banyak menimbun tinta sehingga dapat memperlancar lalu litnas tinta yang mengalir. Ada baiknya, menyesuaikan kapasitas katrid dengan banyaknya dokumen yang akan dicetak.
Pada printer laser dengan seiring waktu toner akan mengendap, menyebabkan hasil cetak halaman yang tidak rata, menyebabkan munculnya area yang pudar atau tampak goresan. Jika kualitas cetak laser memburuk, keluarkan kartrid toner dari printer dan kocok atau goyang-goyangkan ke kiri-kanan beberapa kali. Anda dapat melakukannya beberapa kali sebelum katrid benar-benar harus diganti atau diisi ulang.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghemat Tinta Printer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel