Informasi Penting tentang Baterai Handphone

http://stopbox.blogspot.com/2014/07/fitur-fitur-tersembunyi-google-yang-bermanfaat.html
Baterai menjadi bagian tak terpisahkan dari perangkat smartphone kita, sejak ditemukannya handphone sampai saat ini. Tanpa baterai banyak perangkat yang tidak akan bisa menyala. Tapi tahukah Anda bahwa baterai smartphone, terutama yang terbaru memiliki karakteristik yang sangat unik?


Baterai Tidak Pernah Terisi Penuh
Kita telah lama dibohongi oleh smartphone kita yang tertulis baterai sudah terisi 100%, padahal faktanya baterai tidak pernah terisi penuh. Tapi ini sesungguhnya untuk kebaikan kita sendiri. Kebanyakan perangkat dirancang untuk tidak mengisi hingga penuh atau di bawah kapasitas baterai sebenarnya karena kondisi isi yang ekstrem dapat membuat baterai tidak stabil. Sebaliknya, banyak perangkat menggunakan kira-kira sekitar 80% dari kapasitas sebuah baterai. Jadi pada saat ponsel Anda menyatakan 100% terisi, kini Anda sudah tahu yang sebenarnya.

Baterai dan Charger Imitasi
Baterai atau charger imitasi yang tidak orisinil memang harganya jauh lebih rendah dan dengan mudah kita dapatkan di toko-toko elektronik terdekat. Alasan membelinya memang banyak, tetapi keselamatan lebih berharga. Baterai dan charger dengan kualitas di bawah standar sering terjadi kerusakan dan bahkan bisa terbakar. Pengisi daya tanpa perlindungan yang memadai dapat mengirim terlalu banyak energi ke dalam ponsel Anda, mampu menyebabkan ledakan. Anda tidak percaya? Sudah banyak berita yang mengatakan bahwa ada pengguna ponsel yang mengalami ledakan ketika diisi. Selain itu, penggunaan power bank yang tidak kompatibel juga dapat merusak perangkat.

Kita Tidak Perlu Menutup Program Aplikasi
Apple dan Google adalah contoh perusahaan yang cerdas dan mereka tahu bahwa jika aplikasi smartphone berjalan sepanjang waktu akan membuat baterai terkuras. Sistem operasi mobile kedua perusahaan ini dirancang untuk mencegah aplikasi tetap terbuka jika tidak digunakan. Meskipun Apple IOS misalnya, menampilkan daftar panjang tentang aplikasi apa saja yang baru saja digunakan ketika Anda double-klik tombol home, tapi sebenarynay program-program tersebut tidak berjalan. Suatu program menutup secara otomatis dalam beberapa menit saat Anda keluar atau menjalankan program aplikasi lain.
http://stopbox.blogspot.com/2014/07/fitur-fitur-tersembunyi-google-yang-bermanfaat.html

Tapi beberapa pakar IT berpendapat bahwa memang sistem operasi mobile dirancang untuk efisiensi aplikasi, tapi semua itu tergantung pada aplikasi yang digunakan. Banyak aplikasi yang tersebar di market tidak dibuat dengan baik dan memiliki bug, sehingga mempengaruhi daya baterai.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk lebih menghemat daya tahan baterai handphone kita. Berikut tiga cara dasar untuk meningkatkan masa pakai baterai:

  • Turunkan kecerahan layar Anda
Tahukah Anda bagian mana dari smartphone kita yang membutuhkan daya baterai terbesar? Layar atau LCD. Menurunkan tingkat kecerahan serendah mungkin akan menghemat baterai. Beberapa ponsel terbaru memiliki pengaturan yang dapat mengubah tampilan ke mode hitam-putih untuk konsumsi daya yang lebih kecil. Jika Anda membutuhkan lebih banyakdaya, mematikan koneksi nirkabel seperti Bluetooth dan Wi-Fi juga.
http://stopbox.blogspot.com/2014/07/fitur-fitur-tersembunyi-google-yang-bermanfaat.html

  • Hindari kondisi ekstrim
Baterai juga sama seperti tubuh kita, tidak nyaman bekerja dalam kondisi ekstrim. Jangan letakkan perangkat di bawah sinar matahari langsung atau di tempat yang terlalu dingin. Baterai dalam kondisi eksrim bisa tidak berfungsi, perlu beristirahat dan mengembalikan ke suhu normal sebelum Anda bisa bekerja.

  • Test ketahanan
Dulu pengguna harus melepaskan baterai dari charger setiap kali digunakan. Tapi tidak lagi ketika tahun 1990-an kita mulai menggunakan baterai lithium-ion. Meski begitu, ide ini masih cukup baik dilakukan untuk melatih baterai, misalnya sebulan sekali. Langkahnya: Gunakan perangkat sampai mati, dan kemudian diisi sampai penuh. Hal ini akan membuat baterai dapat terisi hingga kapasitas maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Penting tentang Baterai Handphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel