Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya

Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya
Windows 10 adalah nama sistem operasi yang bakal dirilis oleh Microsoft. Mungkin ada sedikit kejanggalan karena versi sebelumnya adalah Windows 8 (dengan update Windows 8.1) dan seharusnya versi selanjutnya adalah Windows 9. Ada beberapa alasan mengapa Microsoft melompati angka 9. Saat ini, Windows 10 masih dalam tahap awal (technical preview) dan siapapun dapat mencobanya.
Windows 10 dirancang untuk membangkitkan identitas awal sistem operasi Windows, yang tampaknya mengalami krisis pada versi Windows 8 yang terlalu dipaksakan untuk perangkat desktop dan mobile sekaligus. Pada Windows 10 Anda akan menemukan banyak persamaan dengan Windows XP dan versi sebelumnya. Menurut berita yang ada, Microsoft memutuskan menggunakan nama Windows 10 untuk memudahkan algoritma pemrograman karena jika menggunakan nama Windows 9 dapat mengacu ke versi sebelumnya seperti Windows 95 atau 98.

Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya
Ketika pertama kali boot PC yang menjalankan Windows 10 Technical Preview, dan Anda akan melihat tampilan desktop yang sangat akrab. Sebuah taskbar dengan beberapa ikon di bagian bawah, recycle bin berada di sudut kiri atas. Selain itu terdapat keterangan Build Number yang berada di sisi kanan bawah desktop yang membuktikan bahwa ini bukan Windows 8 lagi.
Ketika Anda menekan tombol Start, akan segera disambut oleh kembalinya Start menu. Start menu klasik yang mengalami pembaruan, dengan aplikasi yang tersusun rapi seperti folder bersarang yang sudah familiar sejak Windows 95. Di samping kanan terdapat kolom yang memberikan sentuhan Windows 8 Live Tiles, dengan ikon metro yang selalu update. Namun demikian, Anda masih bisa menggunakan start menu Windows 8.
Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya

Dengan Windows 10, klasik dan baru digabungkan bersama-sama dalam bentuk yang sedikit berbeda, tapi lebih fungsional daripada sebelumnya. Anda dapat memiliki menu Start, dan dapat meletakkannya (Pin) ke Taskbar atau Start Menu.
Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya

Microsot mengatakan dengan Windows 10 memungkinkan kita bekerja lebih cerdas. Klik tombol cari pada taskbar untuk melakukan pencarian file, Windows Store atau Internet. Jika kita klik tombol Task, dan Anda akan melihat tampilan dari semua aplikasi yang terbuka dan dapat membuat virtual desktop dengan mudah. Ini adalah fitur baru pada Windows meskipun sudah ada sejak lama pada distro Linux dan Mac. Virtual desktop memberikan kita kemudahan untuk mengatur dan mengelompokkan aplikasi yang terbuka, seolah-olah kita memiliki lebih dari satu desktop. Anda dapat menekan tombol Ctrl + Windows untuk melompat antar desktop, dan klik kanan pada salah satu aplikasi untuk memunculkan menu.
Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya

Desktop dan laptop masih menjadi solusi terbesar untuk menyelesaikan pekerjaan kita, tapi tablet dan smartphone telah mengalami peningkatan penggunaan yang signifikan. Sistem operasi masa depan perlu mampu bekerja untuk menjembatani kesenjangan antara kedua platform tersebut.
Oleh karena itu, Windows 10 memiliki fitur yang sangat menarik, yaitu multiplatform. Fitur ini mampu menyesuaikan Windows dengan perangkat dimana sistem operasi ini dijalankan. Misalnya pada perangkat Surface yang terpasang pada keyboard dan kita sedang membuka Internet Explorer, maka tampilan yang muncul adalah Internet Explorer cersi desktop. Namun ketika kita melepas keyboard dan menggunakannya sebagai tablet, tampilan IE akan otomatis menjadi tampilan mobile.

Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya

Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya
Tombol power kembali muncul di Start menu, tapi posisinya berubah, sekarang berada di di bagian kanan atas menu Start.
Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya

Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya
Apakah Anda ingin mencoba Windows 10? Anda dapat mendownload versi Technical Preview pada situs resmi Microsoft dengan syarat Anda harus memiliki akun live atau hotmail. Anda akan mendapatkan pilihan download yang disertai dengan product key, versi preview ini akan aktif hingga April 2015.
Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya
 image:microsoft.com

Belum ada Komentar untuk "Ingin Mencoba Windows 10? Ini Caranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel