Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Android

Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Android
Apa masalah yang paling sering muncul bagi pengguna smartphone? Pasti banyak orang yang menjawab LOWBAT alias kehabisan daya baterai. Salah satu dampak yang sangat terasa adalah perlu memakan waktu yang terlalu lama untuk mengisi ulang. Terlebih lagi kita baru tersadar kalau baterai handphone kita hampir habis ketika kita sudah bergegas keluar dari rumah.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai tips untuk menghemat baterai smartphone Android. Tapi bagaimana jika kita sudah kehabisan dan ingin segera mengisinya dengan cepat? Berikut beberapa tips singkat tentang cara agar Anda bisa mengisi baterai ponsel Android lebih cepat.

Charger dan kabel original
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan bahwa charger dan kabel yang Anda tancapkan ke stopkontak masih berfungi sempurna dan merupakan charger orisinil yang disertakan ketika membeli ponsel, meskipun saat ini dapat dikatakan bahwa charger perangkat Android bersifat universal. Jika Anda sedang terburu-buru, jangan mengisinya melalui komputer atau laptop, karena pasti akan memperlambat kecepatan pengisian, seperti halnya teknologi pengisian secara wireless.

Airplane Mode
Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan mode pesawat terbang (Airplane Mode) pada perangkat Android Anda untuk mempercepat pengisian. Tergantung pada merk dan seri perangkat Anda, ada berbagai cara untuk mengaktifkan opsi ini. Pada umumnya, jika Anda menekan tombol power agak lama akan muncul pilihan Airplane Mode. Atau juga melalui shortcut notifikasi di bagian atas layar.
Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Android
Airplane Mode akan memblokir semua jaringan radio dan wireless pada ponsel, yang berarti Anda tidak akan dapat menerima panggilan, pesan, akses internet, GPS, dll. Hal ini akan menjadikan proses pengisian lebih lancar sehingga waktu yang dibutuhkan juga lebih singkat.

Matikan Daya
Jika saat ini Anda tidak benar-benar harus menggunakan ponsel, akan lebih baik jika Anda mematikannya ketika proses charging. Tidak ada satupun proses yang memerlukan daya, jadi baterai ponsel akan lebih cepat penuh.

Matikan Fitur yang Tidak Perlu
Pastikan untuk memeriksa dan mematikan fitur-fitur yang tidak digunakan saat ini seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi, NFC, hotspot, dll.
Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Android
Tutup semua aplikasi dan hentikan proses apapun baik yang secara online maupun offline. Mungkin efek yang dihasilkan tidak terlalu besar, tapi langkah ini sangat membantu ketika Anda terburu-buru.

Selain itu, jika bisa usahakan jangan melakukan aktivitas yang tidak perlu ketika mengisi meskipun dalam posisi Airplane mode dan biarkan layar dalam posisi mati. Layar sentuh smartphone merupakan salah satu hardware yang memerlukan daya baterai terbesar. Jadi meskipun ada pesan atau notifikasi yang masuk, biarkan saja dulu hingga baterai sudah terisi.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel