Membuat Custom List Otomatis di MS Excel

Membuat Custom List Otomatis di MS Excel
MS Excel saat ini sudah menjadi alat dan program yang sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita, terutama jika berhubungan dengan perhitungan, data, analisis dan lain sebagainya. Sebelumnya kita telah mempelajari bagaimana cara membuat kalender otomatis menggunakan MS Excel. Pada artikel tersebut dijelaskan bagaimana cara membuat kalender berbagai tahun secara otomatis. Pada tutorial kali ini juga bertujuan untuk mengotomatisasi list agar memudahkan pekerjaan kita.

Banyak orang yang mampu menggunakan MS Excel, tapi tidak semua orang dapat memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan. Misalnya, ketika kita sedang mengerjakan laporan dan membutuhkan perhitungan atau logika, kita dapat menggunakan formula yang ada, tapi ada ada juga orang yang tidak menggunakannya karena memang mereka tidak tahu akan adanya formula tersebut.
Kali ini, kita akan membahas mengenai Custom List. Custom List otomatis dalam MS Excel dapat diartikan sebagai suatu daftar yang dapat kita gunakan secara langsung dan otomatis. Secara default MS Excel sudah menyediakan list yang dapat pakai tanpa harus membuatnya. Coba ketikkan pada salah satu cell kata Sunday. Lalu tempatkan kursor di bagian kanan bawah cell hingga berubah menjadi tanpa + (plus), klik dan drag ke bawah. Apa yang terjadi? Cell di bawahnya akan otomatis mengikuti urutan hari yang diawali dari Sunday, yaitu Monday, Tuesday, Wednesday, dst.
Membuat Custom List Otomatis di MS Excel

Fitur ini sangat membantu ketika kita harus membuat daftar yang panjang seperti bulan, tahun atau daftar urutan lainnya. Tapi, MS Excel secara default hanya menyediakan list dalam bahasa Inggris.
Oleh karena itu, jika list yang kita butuhkan tidak ada, kita dapat membuat sendiri list yang sesuai. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
Buka program Microsoft Excel. Klik File > Options. Letak menu Options ini berbeda tergantung pada versi Office yang Anda gunakan, pada contoh ini saya menggunakan Office 2013.
Membuat Custom List Otomatis di MS Excel

Setelah muncul jendela Excel Options, klik bagian Advanced, pada panel kanan cari Edit Custom Lists.
Akan muncul jendela Custom Lists. Sebagai contoh, kita akan membuat list otomatis yang berupa urutan "Pasaran Jawa" yaitu urutan hari dalam kalender Jawa hampir sama dengan Senin, Selasa, Rabu, dan seterusnya karena list ini pasti tidak disediakan oleh MS Excel sehingga kita dapat melihat hasilnya secara jelas.
Pada bagian NEW LIST, ketikkan urutan di bagian List entries dipisahkan dengan tanda koma, lalu klik Add > OK. Selesai.
Membuat Custom List Otomatis di MS Excel

Sekarang coba ketikkan kata Legi, lalu klik dan drag ke bawah, maka otomatis akan muncul list yang telah kita buat tadi.
Membuat Custom List Otomatis di MS Excel
Teknik ini sangat bermanfaat ketika kita harus mengisi daftar yang panjang, dengan trik ini tentu akan menghemat banyak waktu. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Membuat Custom List Otomatis di MS Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel