Intel vs AMD, Mana yang Harus Dipilih?

Intel vs AMD, Mana yang Harus Dipilih?
Ketika kita ingin membeli atau merakit komputer sendiri, kita akan dihadapkan pada dua pilihan processor utama, yaitu Intel dan AMD. Processor merupakan otak, bagian utama dari sebuah komputer, jadi kita harus memilih jenis yang paling tepat. Dua brand processor ini telah berkompetisi sejak dulu. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing, kita dapat menentukan processor yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Dari segi harga, AMD lebih mengungguli Intel karena harga processor AMD memiliki harga yang lebih rendah daripada Intel, dengan performa yang sama. Jika Anda memiliki biaya yang terbatas, AMD menjadi pilihan yang paling tepat.
Intel vs AMD, Mana yang Harus Dipilih?

Jika Anda hanya menggunakan komputer Anda untuk pekerjaan sehari-hari seperti dokumen dan lembar sebar, seperti Office, Intel merupakan processor yang dapat diandalkan. Processor Intel dirancang untuk menangani hal-hal seperti ini. Sedangkan Processor AMD cenderung lebih fokus ke arah mobile dengan diluncurkannya processor A4, A6, A8 and A10. AMD lebih unggul karena memiliki performa grafis (GPU) yang lebih powerfull daripada Intel. Itulah sebabnya, Jika Anda seorang gamer atau hobi bermain game, tentu lebih memilih processor AMD.
Intel vs AMD, Mana yang Harus Dipilih?

Selain unggul dari sisi grafis, AMD juga memiliki kelebihan lain dibanding Intel. Seperti yang kita ketahui, setiap processor memiliki kecepatan (clock) yang telah disesuaikan oleh pabrik agar dapat berjalan dengan stabil dalam berbagai kondisi. Pada processor Intel clock ini telah dikunci sehingga kita tidak dapat mengubahnya, sebaliknya pada processor AMD kita dapat mengubah kecepatannya yang biasa disebut dengan proses overclocking. Namun tentu saja, kita tidak dapat melakukan overclock melebihi kemampuan processor itu sendiri. AMD bahkan menyediakan tool-tool yang dapat kita download untuk kebutuhan overclock ini.
Intel vs AMD, Mana yang Harus Dipilih?

Pada dasarnya, kita tidak dapat menyatakan apakah Intel atau AMD yang paling baik. Semua itu tergantung pada kebutuhan kita. Ketika menulis artikel ini, saya menggunakan Processor Intel Core i5-2320 dan dapat berjalan mulus tanpa hambatan. Pada kesempatan lain, saya menggunakan komputer dengan Processor AMD C-60 yang lebih rendah dari processor Intel di atas, namun tetap berjalan lancar bahkan untuk gaming dan software grafis seperti Adobe Photoshop CS4, CoreDraw X3 dan Adobe Illustrator CS4. Jadi, ketika memilih processor, tentukan terlebih dahulu kebutuhan Anda serta biaya yang Anda miliki.

Belum ada Komentar untuk "Intel vs AMD, Mana yang Harus Dipilih?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel