Fungsi Lain Tombol Scroll Mouse

Fungsi Lain Tombol Scroll Mouse
Seperti yang kita ketahui, mouse saat ini didesain agar lebih mudah digunakan dan dilengkapi dengan tombol scroll di bagian tengah. Tombol scroll ini pasti sering kita gunakan untuk menggeser halaman dari atas ke bawah atau sebaliknya. Tapi masih ada banyak fungsi tombol tengah mouse ini yang belum kita ketahui.
Tombol tengah mouse ini dapat kita gunakan untuk perintah-perintah yang sering kita jalankan, baik pada Windows, Linux dan terutama pada browser internet seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome.

WINDOWS
Pada sistem operasi Windows sudah ada fungsi yang dapat dijalankan dengan tombol tengah mouse ini, antara lain:

Fungsi Lain Tombol Scroll Mouse
  • Membuka program yang sama di taskbar. Dengan melakukan klik tengah pada program yang ada di taskbar, akan membuka halaman baru dari program tersebut. Misalnya kita sedang membuka program Microsoft Word, ketika kita klik tengah pada icon Word di taskbar akan terbuka sebuah halaman dokumen Word baru.

Fungsi Lain Tombol Scroll Mouse
  • Menutup Program dari Taskbar. Tombol mouse tengah ini juga dapat digunakan untuk menutup sebuah program dengan cara: arahkan mouse ke program yang ada di taskbar hingga muncul thumbnail atau gambar halaman di bagian atasnya, kemudian klik tengah thumbnail tersebut.

Fungsi Lain Tombol Scroll Mouse
  • Selain scroll, tombol ini juga dpat digunakan untuk Auto-Sroll pada dokumen Microsoft Office dengan cara klik tengah dan menggesernya ke atas atau ke bawah.

BROWSER
Pada internet browser seperti Firefox atau Chrome, tombol ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan banyak perintah, diantaranya:

  • Kita dapat menutup sebuah tab tanpa harus mengarahkan mouse ke tombol close (X), yaitu hanya dengan klik tengah tab yang ingin ditutup.
  • Klik tengah pada sebuah link akan membuka link tersebut pada tab baru, hal ini juga bekerja pada address bar, dan tombol back/forward.
  • Membuka seluruh halaman bookmark hanya dengan klik tengah salah satu folder bookmark.

Fungsi Lain Tombol Scroll Mouse
  • Seperti pada dokumen Office, kita juga dapat melakukan Auto-Scroll pada halaman web.

Fungsi Lain Tombol Scroll Mouse
  • Tombol tengah mouse juga dapat digunakan untuk perintah paste. Sebelumnya Anda harus mengaktifkannya dengan cara: Pada browser buka about:config, cari middlemouse.paste. Double klik string tersebut sehingga value menjadi true. Sekarang coba copy teks dan tekan tombol mouse tengah pada address bar, teks tersebut akan di-paste di address bar tersebut.

LINUX
Pada sistem operasi Linux, klik tengah mempunyai fungsi yang sama dengan perintah paste di atas. Isi clipboard terakhir dapat dipanggil dengan klik tengah mouse yang fungsinya sama dengan paste.

Klik tengah yang juga berfungsi sebagai scroll mouse merupakan tombol yang sangat jarang diperhatikan, tapi sebenarnya memiliki fungsi yang sangat berguna jika kita mengetahuinya.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Lain Tombol Scroll Mouse"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel