Fenomena Heartbleed Melanda Jaringan Internet Seluruh Dunia

Fenomena Heartbleed Melanda Jaringan Internet Seluruh Dunia
Heartbleed, dapat diartikan sebagai "hati yang berdarah", sebuah nama yang begitu menakutkan. Heartbleed ini merupakan nama sebuah bug atau celah keamanan yang menjadi salah satu ancaman keamanan terbesar di dunia Internet saat ini. Itulah sebabnya semua pengguna Internet harus tahu mengenai hal ini agar informasi mereka tetap aman.

Heartbleed pada dasarnya adalah celah keamanan pada sistem kriptografi OpenSSL yang menjadi layer protokol keamanan. Versi OpenSSL yang terbaru dan paling update dirilis pada 7 April 2014, bersamaan dengan bug Heartbleed ini pertama kali terungkap. Bug ini telah menyerang banyak website dan situs terkenal yang mungkin Anda buka setiap hari, seperti Facebook dan Gmail, yang berpotensi besar mendapatkan informasi pribadi dan rahasia Anda seperti username, password hingga kartu kredit selama dua tahun terakhir ini.
Fenomena Heartbleed Melanda Jaringan Internet Seluruh Dunia

Hingga saat ini tidak selalu jelas website mana saja yang telah terpengaruh. Heartbleed sudah menjangkau beberapa website sosial, layanan email, perbankan dan perdagangan serta situs populer lain di web.
Beberapa perusahaan internet yang rentan terhadap bug ini telah memperbarui server mereka dengan patch keamanan untuk megnatasi masalah ini. Hal ini berarti Anda harus segera mengubah password Anda di situs tersebut. Bahkan bisa jadi informasi Anda sudah tersebar karena tersebar berita bahwa para hacker sudah mengeksploitasi bug ini minggu lalu. Beberapa penyedia layanan web menginformasikan kepada para penggunanya untuk mengubah password mereka sebagai langkah pencegahan. Mengubah password secara berkala dapat menjadi solusi yang baik, tapi jika website yang terserang belum meningkatkan keamanannya, informasi pribadi Anda tetap rentan tercuri.
Selain itu, jika Anda menggunakan password yang sama di beberapa website, dan salah satu situs tersebut terserang, maka Anda harus mengubah password di semua website. Hal ini membuktikan bahwa menggunakan password yang sama di beberapa situs dapat memperbesar resiko keamanan Anda.
Berikut ini beberapa daftar situs yang terserang bug Heartbleed ini:
Facebook
Instagram
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Twitter
Apple
Amazon
Google
Microsoft
Yahoo
AOL
Gmail
Hotmail / Outlook
Yahoo Mail
Amazon
eBay
Etsy
GoDaddy
Groupon
Nordstrom
PayPal
Target
Walmart
Flickr
Hulu
Minecraft
Netflix
SoundCloud
YouTube
American Express
Bank of America
Barclays
Capital One
Chase
Citigroup
E*Trade
Fidelity
PNC
Schwab
Scottrade
TD Ameritrade
TD Bank
T. Rowe Price
U.S. Bank
Vanguard
Wells Fargo
Box
Dropbox
Evernote
GitHub
IFTTT
OKCupid
Spark Networks (JDate, Christian Mingle)
SpiderOak
Wikipedia (if you have an account)
Wordpress
Wunderlist.
dan masih banyak lagi.
Beberapa situs di atas sudah memperbarui sistem keamanannya, tapi ada baiknya Anda tetap mengganti password karena ada kemungkinan informasi Anda sebelum ditingkatkannya keamanan sudah tersebar.

Belum ada Komentar untuk "Fenomena Heartbleed Melanda Jaringan Internet Seluruh Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel