Sailfish, Sistem Operasi Pesaing Android

Sailfish, Sistem Operasi Pesaing Android
Sailfish, mungkin Anda belum pernah mendengar istilah ini di dunia teknologi informasi. Sailfish merupakan sebuah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Jolla. Jolla sendiri merupakan sebuah pengembang smartphone yang dibentuk oleh para bekas karyawan produsen handphone yang sangat terkenal, yaitu Nokia.

Sailfish adalah open source, dirancang berdasarkan sistem kernel Linux. Sistem operasi ini memiliki kelebihan, yaitu dibuat untuk memaksimalkan kinerja semua perangkat yang memiliki OS Android dan iOS.
Sailfish dapat dijalankan di semua perangkat yang dapat menjalankan Linux. Selain Linux kernel, juga dilengkapi dengan driver Android di dalamnya. Pada dasarnya, sistem operasi ini merupakan kerabat dekat Android karena dibuat dari kernel yang sama.
Sailfish, Sistem Operasi Pesaing Android

Jolla menanamkan aplikasi dasar pada smartphone buatannya seperti Phone, Contacts, Messaging, Gallery, Camera, Settings dan lain-lain. Browser dan Maps juga sudah tersedia, untuk menjalankan aplikasi Android, ditanamkan juga sebuah Android Application Runtime.
Meskipun awalnya Sailfish dibuat untuk sistem operasi mobile, khususnya smartphone Jolla, Sailfish juga memungkinkan untuk penggunaan OS pada Smart TV, komputer, laptop, netbook, tablet, kamera, navigator bahkan untuk perangkat elektronik sehari-hari seperti sistem hiburan dalam mobil.
Sailfish, Sistem Operasi Pesaing Android
image: jolla.com

Sailfish sudah diuji coba di beberapa perangkat Android seperti Google Nexus 4 dan 7, HP Mini, Acer Iconia Tab W500, O2 Joggler, Exopc, PackardBell Butterfly Touch, hingga Nokia N950 dan N9.
Selain Android, Sailfish juga kompatible dengan beberapa software lain seperti MeeGo, Qt, Unix dan HTML5. Dengan segala kelebihannya, Sailfish OS dapat menjadi pesain nyata beberapa sistem operasi yang sudah berkembang di masyarakat seperti Android dan iOS.

2 Komentar untuk "Sailfish, Sistem Operasi Pesaing Android"

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel