Pentingnya Menjaga Kemananan Smartphone

Pentingnya Menjaga Kemananan Smartphone
Akhir-akhir ini banyak beredar berita yang menyangkut keamanan (security) pada perangkat smartphone, misalnya aplikasi yang dapat menunjukkan lokasi kita ke publik, password yang lemah, dan masalah lain yang dapat mengekspose data-data pribadi kita. Hal ini sering terabaikan karena memang mungkin kita belum pernah mengalaminya. Orang awam biasanya tidak begitu khawatir, tapi bagi para praktisi yang memahami betapa berharganya sebuah informasi, hal ini dapat sangat membahayakan.

Ketika kita kehilangan smartphone atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab, mereka dapat mengetahui begitu banyak data di dalamnya dalam waktu yang singkat. Alamat atau lokasi Anda ada di dalam aplikasi Maps, akun bank ada di dalam aplikasi mobile banking, mereka bahkan dapat mereset password email meskipun kita sudah memperkuat keamanan alamat email. Dapat dikatakan kita lebih banyak berinteraksi dengan smartphone daripada komputer kita. Dari sini kita dapat menyimpulkan, bahwa saat ini data yang ada dalam smartphone kita lebih bernilai dan berharga daripada yang ada di komputer kerja kita. Oleh karena itu, praktik hacking smartphone semakin merajalela.
Pentingnya Menjaga Kemananan Smartphone

Hanya dengan sebuah smartphone, atau remote akses ke dalamnya, besar kemungkinan kita kehilangan privasi mengenai informasi diri kita. Ada begitu banyak cara untuk melakukannya. Beberapa jenis aplikasi dapat secara langsung mendapatkan akses data pribadi kita yang ada dalam smartphone. Hacker dapat memanfaatkan jaringan wi-fi publik yang saling terhubung.
Anda tentu tidak ingin smartphone (telepon pintar) kita menjadi tidak pintar lagi karena dapat membocorkan data-data pribadi kita. Ada beberapa langkah pencegahan untuk mengatasi masalah ini.
Secara umum, Anda harus menghindari sinyal wi-fi publik yang tertangkap smartphone Anda karena belum terjamin keamanannya. Hindari juga aplikasi-aplikasi tidak resmi yang dihubung-hubungkan oleh aplikasi resmi yang terkenal. Anda mungkin ingat beberapa waktu lalu sebelum BBM versi Android resmi diluncurkan, ada begitu banyak developer palsu yang mengatasnamakan Blackberry Limited membuat aplikasi dengan nama BBM. Perhatikan dengan seksama ketika Anda akan menginstall program aplikasi untuk mencegah akses langsung ke smartphone Anda.
Ketika Anda menggunakan Google Maps biasanya Anda dapat mengatur lokasi rumah atau tempat kerja Anda. Hapus informasi tersebut untuk menghindari tersimpannya alamat yang tentunya Anda tidak ingin diketahui oleh orang yang tidak Anda kenal. Jika perlu anda dapat menonaktifkan fitur tersebut.
Pentingnya Menjaga Kemananan Smartphone

Ada beberapa aplikasi anti pencuri yang dapat Anda manfaatkan. Untuk pengguna smartphone Android dapat menggunakan Android Device Manager, sedangkan pengguna Apple dapat menggunakan aplikasi dengan nama Find My Phone. Aplikasi ini bekerja untuk melakukan tracking keberadaan smartphone Anda jika hilang, tentunya Anda harus mengaturnya terlebih dahulu sebelum hilang.
Perlu diingat untuk tidak menyimpan password dalam aplikasi-aplikasi yang sensitif seperti aplikasi mobile banking, jejaring sosial, atau aplikasi lain yang mengharuskan kita login. Memang, jika kita tidak menyimpannya, kita harus memasukkan lagi username dan password setiap kali kita login, tapi hal ini dapat meningkatkan keamanan kita sendiri.
Pentingnya Menjaga Kemananan Smartphone

Passcode juga dapat membantu Anda untuk menambah lapisan keamanan smartphone Anda. Buat smpartphone Anda berbeda dengan kondisi original, ubah setting yang ada dan buat seolah-olah sulit digunakan. Beberapa penyedia custom ROM membuat perubahan pada passcode dan unlock pattern yang membuatnya tidak sama lagi dengan kondisi original. Jika ada teman Anda kesulitan menggunakan smsartphone Anda, berarti trik ini berhasil, yang pada akhirnya dapat mengurangi resiko keamanan.
Pentingnya Menjaga Kemananan Smartphone

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan selalu update (memperbarui) software sistem smartphone untuk mendapatkan program terbaru dan juga revisi keamanan terbaru. Software usang dapat lebih membahayakan karena teknik hacking sudah lebih berkembang.
Pentingnya Menjaga Kemananan Smartphone

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Menjaga Kemananan Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel