Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google

Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google
Sebagai pengguna layanan internet, semua orang pasti sudah memiliki email. Mereka membuat email minimal untuk mendaftar akun jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter dan kemudian melupakan akun email tersebut. Hal ini merupakan kejadian yang sudah sangat umum terjadi. Saat ini, banyak sekali penyedia layanan email baik yang berbayar ataupun gratis. Google dan Yahoo menjadi rujukan setiap orang yang ingin menggunakan email karena memang kedua provider ini memiliki fitur email yang sangat lengkap dan mudah digunakan.
Kali ini kita akan membahas khusus mengenai keamanan akun email kita di Google. Seperti kita ketahui, saat ini sebuah akun Google dapat digunakan untuk mengakses hampir seluruh layanan Google, seperti Gmail, Youtube, Picasa, Feedburner dan layanan Google lainnya. Oleh karena itu, jika kita kehilangan akses karena ada orang yang meng-hack, kita akan kehilangan akses ke seluruh layanan tersebut.
Berikut ini beberapa trik sederhana untuk mengamankan akun Google kita.

Selalu memperbarui Account Recovery
Account Recovery merupakan langkah keamanan yang digunakan jika Anda kehilangan akses akun Google. Untuk mengaksesnya buka pada halaman https://accounts.google.com/UpdateAccountRecoveryOptions. Anda dapat memasukkan nomor telepon dan alamat email lain yang digunakan untuk proses recovery. Jika Ada orang lain yang mencurigakan dan mencoba mengakses akun Anda, Google menggunakan nomor telepon atau alamat email tersebut untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemilik asli akun tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu memperbarui terutama nomor telepon karena Anda akan lebih kesulitan lagi jika Google menghubungi nomor yang sudah tidak Anda pakai.
Jika Anda memiliki lebih dari satu akun, Anda dapat memasukkannya pada bagian "Alternate email Addresses".
Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google


Verifikasi dua langkah
Trik ini mungkin cara paling aman untuk mencegah orang lain mencuri akun Anda, yaitu dengan verifikasi dua langkah. Ketika Anda login dari perangkat lain, Google akan mengirim teks ke nomor telepon Anda berupa enam karakter yang khusus untuk login di perangkat tersebut. Bahkan jika orang lain memiliki kode ini, mereka tetap tidak akan dapat login dari perangkat lainnya. Untuk mengaktifkannya, buka setting Account.
Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google
Klik menu Security, pada bagian 2-step verification pilih Setup. Anda akan dipandu dengan langkah-langkah sederhana untuk mengaktifkan fitur ini hingga selesai.
Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google

Password yang kuat dan unik
Tentu saja, hal yang paling penting adalah password/kata sandi. Password menjadi dasar dan pintu utama dalam keamanan akun Google. Password sangat penting mengingat setiap waktu beredar berita mengenai pencurian password. Coba bayangkan, jika Anda lupa password e-banking Anda, kemana link reset akan dikirimkan? Pasti melalui email. Jadi password untuk akun email haruslah sangat kuat dan unik. Jangan pernah menuliskan password Anda pada kertas atau catatan lain, tapi Anda dapat menuliskannya dengan inisial atau singkatan.

Setting browser menggunakan HTTPS
HTTPS atau disebut juga sebagai SSL (Secure Socket Layer) merupakan jenis koneksi yang lebih aman daripada http biasa. Akan lebih baik jika Anda mengatur agar Gmail selalu menggunakan HTTPS. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan setting pada browser, pada Google Chrome anda dapat menemukannya pada menu Settings > Show advaced settings... > HTTPS/SSL.
Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google

Private dan Incognito
Ketika Anda login menggunakan komputer umum, misalnya di warnet, sekolah atau kampus, pastikan Anda menggunakan mode private atau incognito, sehingga browser tidak akan mengingat semua halaman dan history yang kita buka.
Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google

Pilihan ini sudah ada di setiap browser terbaru seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Dengan demikian, browser tidak akan menyimpan data input form, history, cookies dan data sensitif lainnya. Tapi jika tidak terdapat pilihan ini, Anda harus membersihkan history dan cookies secara manual.

Hindari Phising
Tidak ada website selain Google yang meminta Anda memasukkan password. Jangan memasukkan password dari link yang mencurigakan, bahkan dari orang yang Anda kenal.
Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google
Jika Anda akan login, pastikan pada address bar tertulis :
https://www.gmail.com
atau
https://accounts.google.com/ServiceLogin

Selalu update sistem
Pastikan sistem operasi dan browser Anda selalu up to date. Jangan lupa untuk meng-install program antivirus terbaru. Secara tidak langsung hal ini juga akan menambah perlindungan dari virus dan backdoor yang dapat mencuri data-data pribadi Anda.
Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google

Belum ada Komentar untuk "Trik Sederhana untuk Mengamankan Akun Google"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel