Mengubah FAT32 Menjadi NTFS Tanpa Menghapus Data

Mengubah FAT32 Menjadi NTFS Tanpa Menghapus Data
Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, tentunya sudah sering mendengar istilah FAT32 atau NTFS. Keduanya merupakan jenis filesystem yang digunakan pada lingkungan Windows. Jika pada sistem operasi Linux biasanya disebut dengan EXT, EXT2, EXT3, dst. FAT32 merupakan pengembangan filesystem FAT12 dan FAT 16 di era sebelum Windows 95, disebut juga dengan File Allocation Table. NTFS (New Technology File System) merupakan teknologi filesystem yang lebih baru daripada FAT32, tapi tidak semua orang suka menggunakan NTFS. Pada Windows 7, disarankan menggunakan NTFS untuk drive system, yaitu drive C:


Mengubah FAT32 Menjadi NTFS Tanpa Menghapus Data
Kedua filesystem ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada filesystem FAT32 yang biasanya terdapat pada sebagian besar hardisk atau flashdisk yang kita beli, tidak dapat digunakan untuk meng-copy atau cut sebuah file dengan ukuran di atas 4 GB, misalnya file film, backup atau virtual machine yang biasanya ukurannya sangat besar. Ketika Anda mencopy file lebih besar dari 4 GB ke drive dengan filesystem FAT32 akan muncul peringatan:
Mengubah FAT32 Menjadi NTFS Tanpa Menghapus Data

Masalah di atas dapat diatasi dengan menggunakan filesystem NTFS. Namun kekurangan NTFS adalah biasanya jika digunakan pada sistem operasi Linux dan Mac OS X, filesystem ini hanya dapat dibaca saja, tidak dapat diisi (read-only).

Jika Anda memiliki drive yang berisi banyak data dengan filesystem FAT32 dan ingin menggantinya menjadi NTFS, tentunya Anda harus melewati proses format yang akan menyebabkan semua data di dalamnya hilang, atau Anda harus membuat backup seluruh isi drive tersebut. Oleh karena itu, trik yang paling sederhana untuk menghindari kehilangan data atau terlalu repot untuk membuat backup adalah dengan convert filesystem FAT 32 menjadi NTFS.
Pertama, buka CMD dengan user Administrator yaitu dengan klik kanan CMD > Run As Administrator.
Mengubah FAT32 Menjadi NTFS Tanpa Menghapus Data
Pada contoh ini drive yang akan diubah adalah F:. ketikkan perintah :
convert F: /FS:NTFS
Mengubah FAT32 Menjadi NTFS Tanpa Menghapus Data

Tunggu beberapa saat hingga semua proses selesai. Setelah itu coba cek properties disk Anda akan berubah menjadi filesystem NTFS. Anda juga dapat mencoba meng-copy file dengan ukuran yang lebih besar dari 4 GB.
Perlu diperhatikan, trik di atas hanya berfungsi untuk mengubah filesystem FAT32 menjadi NTFS dan kita tidak dapat mengubah filesystem NTFS menjadi FAT32. Untuk mengubah NTFS menjadi FAT32 Anda harus melakukannya secara manual, yaitu mem-backup seluruh isi drive dan melakukan format ulang dan memilih filesystem FAT32.

Belum ada Komentar untuk "Mengubah FAT32 Menjadi NTFS Tanpa Menghapus Data"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel